Feri Sun Ferry Services Company akan operasikan feri hibrida bertenaga baterai dan solar panel di Hong Kong

Dua kapal feri hybrid berlambung ganda, berujung ganda dengan baterai onboard dan teknologi tenaga surya akan diklasifikasikan oleh badan klasifikasi Bureau Veritas sebelum melayani jalur transportasi air di Hong Kong, China.

Operator feri Sun Ferry Services Company akan mengerahkan dua feri ujung ganda hibrida baru di Hong Kong, yang dilengkapi dengan teknologi baterai dan tenaga surya.

Dirancang oleh perusahaan desain dan pengembangan arsitek angkatan laut Belanda CoCo Yachts, feri Urban Sprinters 1000 akan mengangkut sekitar empat juta penumpang per tahun antara Central Pier dan Cheung Chau Pier. Kedua kapal tersebut akan dibangun oleh YaGuang Technology di Zhuhai, China.

Feri akan menampilkan lambung aluminium dan superstruktur. Kapal pertama akan dibangun dengan penggerak diesel-listrik hibrida dan akan menghasilkan nol emisi saat berlayar di dalam batas dermaga dan selama berlabuh. Kapal kedua akan dibangun dengan penggerak diesel-listrik. Kedua kapal akan memiliki paket baterai untuk energi semalaman agar tidak terus menjalankan generator diesel.

Dibangun oleh YaGuang Technology di Zhuhai, China, setiap kapal memiliki lambung dan superstruktur aluminium. Kapal pertama akan menampilkan pengaturan propulsi diesel-listrik hibrida untuk memungkinkan operasi tanpa emisi di dalam batas dermaga dan saat berlabuh. Kapal kedua akan menggunakan sistem propulsi diesel-listrik. Untuk mengurangi waktu pengoperasian generator diesel, setiap feri akan dilengkapi dengan paket baterai untuk energi semalaman. Dek ketiga setiap kapal sebagian akan ditutupi oleh panel surya untuk mengurangi emisi secara keseluruhan.

Feri masing-masing akan dilengkapi dengan empat generator diesel Organisasi Maritim Internasional Tier III yang memungkinkan kecepatan layanan tertinggi 16kts. Empat pendorong tipe-L azimuth juga akan dipasang di setiap kapal, selain motor listrik PM.

Kapal Urban Sprinter 1000 dirancang oleh CoCo Yachts dan dioperasikan oleh Sun Ferry Services pada rute antara Central Pier dan Cheung Chau Pier di perairan domestik Hong Kong. Kapal-kapal itu akan membawa sekitar empat juta penumpang setiap tahun.

Bureau Veritas akan bertanggung jawab untuk mensurvei dan mengesahkan desain dan pembangunan feri. Selanjutnya, semua barang yang berhubungan dengan bendera, termasuk keselamatan dan stabilitas, akan didelegasikan dari Departemen Kelautan Hong Kong ke badan klasifikasi.

Kapal pertama dijadwalkan untuk dikirim pada Q2 2024, dan yang kedua pada Q1 2025.

BV sangat bangga memainkan peran penting dalam kemitraan ini dengan CoCo Yachts, YaGuang Technology, dan Sun Ferry, untuk mengantarkan feri inovatif ini ke perairan domestik Hong Kong,” kata Alex Gregg-Smith, wakil presiden senior dan kepala eksekutif, Asia Utara dan China di Bureau Veritas Marine & Offshore. “BV merasa terhormat untuk mendukung proyek ini sejak awal, memberikan persetujuan rencana penuh dan dukungan desain, dan kami dengan senang hati membantu memajukan inovasi yang sangat dibutuhkan untuk mencapai masa depan yang netral karbon dan berkelanjutan untuk kepentingan semua pemangku kepentingan kelautan, the lingkungan dan masyarakat secara keseluruhan.”

TENTANG COCO YACHT DESIGN

CoCo Yachts berkantor pusat di Edisonweg 21e, 4207 HE Gorinchem, dan merupakan perusahaan Desain dan Pengembangan Belanda yang berspesialisasi dalam merancang dan membangun kapal berkecepatan tinggi, termasuk feri (cepat), kapal patroli, dan yacht. CoCo Yachts didirikan pada November 2011, dan sekarang memiliki 15 anggota tim.

TENTANG YAGUANG TECHNOLOGY GROUP COMPANY LIMITED

YaGuang Technology Group Company Limited, sebelumnya Sunbird Yacht Company Limited, adalah perusahaan berbasis di Tiongkok yang terutama terlibat dalam penelitian, pengembangan, produksi, dan penjualan kapal pesiar. Produk utamanya meliputi yacht pribadi, yacht bisnis, dan yacht khusus. Perusahaan juga bergerak di bidang pembuatan dan penjualan elektronik militer dan lain-lain. Produknya juga mencakup sirkuit dan komponen gelombang mikro, perangkat semikonduktor, dan produk keamanan. Perusahaan mendistribusikan produknya di pasar domestik dan luar negeri.

KESIMPULAN

Industri galangan kapal di dalam negeri dinilai memiliki daya saing tinggi karena mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Hal ini tidak terlepas dari kemampuan sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi modern.

Di Metalextra, rencana kerja kami terlaksana karena kami mendengarkan, mengulas, dan menganalisis tantangan dari pelanggan kami. Spesialis kami akan memulai dengan menghabiskan waktu di lantai workshop Anda dan di laboratorium Anda. Kemudian, kami mencari solusi dan menemukan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: sales@metalextra.com Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:  Corp comm YaGuang Technology Group Company Limited APRIL 2023

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada27 Februari 2020 @ 3:01 PM

Tinggalkan Balasan

error: Alert: Content is protected!