Mitsui Grup berkolaborasi dengan PETRONAS dan TOTALEnergies dalam pengembangan Proyek carbon capture and storage di Malaysia

Mitsui & Co., Ltd. mengadakan perjanjian untuk pengembangan bersama tempat penyimpanan CO2 di Malaysia dengan perusahaan minyak nasional Malaysia Petroliam Nasional Berhad (“PETRONAS” ), dan TotalEnergies Carbon Neutrality Ventures (anak perusahaan dari perusahaan multi energi Prancis, “TotalEnergies”). Kemitraan ini bertujuan untuk membangun rantai nilai penangkapan dan penyimpanan karbon (CCS) terintegrasi di kawasan Asia Pasifik.

Mitsui, PETRONAS, dan TotalEnergies telah memilih lepas pantai Semenanjung Malaysia sebagai lokasi penyerapan CO2 bawah tanah, di mana struktur bawah permukaannya terkenal melalui aktivitas eksplorasi dan pengembangan minyak dan gas di masa lalu. Mengingat akses maritimnya yang baik dari industri penghasil emisi CO2 di negara-negara Asia, khususnya Jepang, Malaysia berlokasi strategis sebagai pusat CCS potensial yang sangat baik untuk menghubungkan industri regional ke tempat penyimpanan CO2 yang aman dan permanen.

Di bawah kerangka kolaboratif ini, Mitsui, bersama dengan PETRONAS dan TotalEnergies, akan bekerja sama dalam evaluasi teknis dan konsep pengembangan lapangan terdeplesi dan formasi geologi lainnya di area sekitarnya. Kemitraan juga akan dilakukan dalam optimalisasi logistik, termasuk transportasi CO2 cair dengan kapal dan perancangan fasilitas pelabuhan.

Sebagai bagian dari bisnis solusi energinya, Mitsui secara aktif terlibat dalam proyek CCS, yang memungkinkan perusahaan memanfaatkan pengetahuannya termasuk pengembangan sumber daya energi dan jaringan bisnisnya yang luas. Kami akan terus berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang ramah lingkungan melalui pengembangan bisnis global yang mengarah pada penyediaan solusi pengurangan CO2.

TENTANG MITSUI GROUP

Mitsui Group (三井グループ, Mitsui Gurūpu) adalah salah satu keiretsu terbesar di Jepang dan salah satu grup korporat terbesar di dunia. “Mitsui” berkantor Pusat di Tokyo dan dipimpin oleh Presiden dan CEO; Kenichi Hori.

Perusahaan utama dari grup ini termasuk Mitsui & Co. (perusahaan perdagangan umum), Sumitomo Mitsui Banking Corporation, Nippon Paper Industries, Pokka Sapporo Holdings, Toray Industries, Mitsui Chemicals, Isetan Mitsukoshi Holdings, Sumitomo Mitsui Trust Holdings, Mitsui Engineering & Shipbuilding, Mitsui O.S.K. Garis dan Mitsui Fudosan.)

TENTANG PETRONAS

Petroliam Nasional Berhad (National Petroleum Limited), umumnya dikenal sebagai PETRONAS, merupakan grup perusahaan energi global asal Malaysia yang hadir di lebih dari 100 negara. Didirikan pada tahun 1974, PETRONAS memiliki badan hukum yang didirikan berdasarkan Undang-Undang Perusahaan Malaysia dan melapor kepada Dewan Direksi perusahaan. Korporasi diberikan dengan semua sumber daya minyak dan gas di Malaysia dan dipercayakan dengan tanggung jawab untuk mengembangkan dan menambah nilai sumber daya tersebut. Dalam daftar Fortune Global 500 tahunan untuk tahun 2022, PETRONAS menduduki peringkat ke-216. PETRONAS juga menempati peringkat ke-48 secara global dalam Bentley Infrastructure 500 pada tahun 2020.

TENTANG TOTALENERGIES

TotalEnergies SE adalah perusahaan energi dan perminyakan multinasional Prancis yang didirikan pada tahun 1924 dan merupakan salah satu dari tujuh perusahaan minyak super besar. Bisnisnya mencakup seluruh rantai minyak dan gas, mulai dari eksplorasi dan produksi minyak mentah dan gas alam hingga pembangkit listrik, transportasi, penyulingan, pemasaran produk minyak bumi, serta perdagangan minyak mentah dan produk internasional. TotalEnergies juga merupakan produsen bahan kimia berskala besar.

Fokus TotalEnergies adalah pertama-tama menghindari kemudian mengurangi emisinya dengan mengembangkan dan menerapkan pendekatan sistematis, aset demi aset, untuk menerapkan teknologi terbaik yang tersedia. Untuk sisa emisi Perseroan sedang mengembangkan proyek industri untuk penyimpanan karbon. Didukung oleh kompetensi inti dalam manajemen proyek berskala besar, pemrosesan gas, dan geosains, TotalEnergies berada di jalur yang tepat untuk mencapai ambisinya dalam mengembangkan kapasitas penyimpanan sebesar 10 juta metrik ton CO2 per tahun pada tahun 2030 melalui proyek industri yang signifikan seperti Northern Lights di Norwegia dan Aramis di Belanda. Melalui semua proyek ini, Perusahaan akan mengurangi emisinya sendiri dan pelanggannya.

TotalEnergies berkantor pusat di Tour Total di distrik La Défense di Courbevoie, sebelah barat Paris. Perusahaan ini merupakan komponen dari indeks pasar saham Euro Stoxx 50. Pada Forbes Global 2000 tahun 2023, TotalEnergies menduduki peringkat ke-21 perusahaan publik terbesar di dunia.


Sumber;

Corporate communications Mitsui, JUNE 2023

https://www.mitsui.com/jp/en/topics/2023/1246779_13949.html

Corporate communications TotalEnergies, JUNE 2023

https://totalenergies.com/media/news/press-releases/totalenergies-partners-petronas-and-mitsui-carbon-storage-hub-malaysia

Tinggalkan Balasan