Gas Turbine Combined Cycle (GTCC) yang dioperasikan PT. PLN Nusantara Power (PNP) dibangun oleh Mitsubishi Power Jepang

Blok ketiga pembangkit listrik Gas Turbine Combined Cycle (GTCC) Muara Karang yang dioperasikan oleh PT. PLN (Persero) anak perusahaan PT. PLN Nusantara Power (PNP) dan dibangun oleh Mitsubishi Power, telah memenangkan dua penghargaan di Asian Power Awards 2022. Diberikan penghargaan Gold untuk Gas Engine Combined Cycle Power Project of the Year (regional award) dan Gas Power Project of the Year – Indonesia (penghargaan negara). Pembangkit Listrik GTCC Blok-3 Muara Karang – Pembangkit listrik paling efisien di Indonesia

Beroperasi dengan efisiensi 60,7% dan tingkat panas 1.415 kKal/kWh, fasilitas 500 MW ini merupakan fasilitas pembangkit listrik paling efisien di Indonesia, dan merupakan salah satu yang paling canggih dalam hal kinerja lingkungan dan biaya pembangkitan. Ini memainkan peran kunci dalam memenuhi permintaan energi yang meningkat pesat di Jawa Barat dan mendukung rencana pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kemampuan pasokan listrik nasional dengan tambahan 35 GW antara tahun 2015 dan 2019, dan selanjutnya 45 GW pada tahun 2025.

Maryono, General Manager, Unit Pembangkit Muara Karang, mengatakan: “Pembangkit Muara Karang berperan penting dalam memasok listrik ke fasilitas-fasilitas kritis di wilayah metropolitan dan terus menjadi panutan dalam pembangunan pembangkit listrik nasional. PLN Nusantara Power adalah menghargai dukungan Mitsubishi Power yang tak tergoyahkan dan kemitraan yang kuat – mulai dari konstruksi hingga pemeliharaan dan pengelolaan fasilitas – karena kami terus memberdayakan negara dengan energi yang aman dan berkelanjutan.”

Osamu Ono, Managing Director dan Chief Executive Officer, Mitsubishi Power Asia Pacific, mengatakan: “Pengakuan atas proyek Muara Karang ini merupakan cerminan dari teknologi dan layanan kelas dunia yang kami tawarkan untuk membantu Indonesia mengambil langkah tegas dalam mengatasi ketahanan energi dan Melalui hubungan erat dengan penyedia listrik lokal seperti PLN dan PLN Nusantara Power yang dibangun selama setengah abad terakhir, Mitsubishi Power terus menjunjung tinggi komitmen kami untuk memajukan pembangkit listrik yang andal dan efisien di tanah air.”

Pada tahun 2016, Mitsubishi Power menerima pesanan untuk solusi turnkey engineering, pengadaan, dan konstruksi penuh dari blok ketiga pembangkit listrik Muara Karang untuk meningkatkan kapasitas pembangkit listrik fasilitas tersebut. Sebagai bagian dari proyek, perusahaan memasok turbin gas M701F dan turbin uap, serta memberikan dukungan pemeliharaan termasuk pemasangan sistem kontrol lanjutan, pemantauan jarak jauh, dan penugasan teknisi servis penuh waktu di lokasi. Meski menghadapi tantangan akibat pandemi, Mitsubishi Power berhasil menyelesaikan ekspansi sebulan lebih cepat dari jadwal pada Oktober 2021.

Penghargaan ini merupakan bukti warisan kuat dan keahlian teknis Mitsubishi Power Indonesia dalam pembangkit listrik dan kemitraan di seluruh negeri untuk mendukung pengembangan sektor energi dalam berbagai cara. Selain mendukung Indonesia selama 50 tahun terakhir, Mitsubishi Power Indonesia telah membantu memfasilitasi kunjungan serta pertukaran keahlian dan pengetahuan antara Jepang dan Indonesia untuk meningkatkan upaya seputar Pembangkit Listrik Muara Karang.

Selain itu, Mitsubishi Power baru-baru ini menandatangani Nota Kesepahaman dengan Indonesia Power untuk menjajaki adaptasi bahan bakar intensif karbon rendah di pembangkit listriknya dan memulai studi kelayakan untuk menggunakan amonia dalam turbin gas dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Sejak tahun 2020, telah bekerja sama dengan ITB untuk memberikan kuliah dengan berbagai topik mulai dari analisis data besar, energi biomassa, dan penggunaan hidrogen untuk melatih para insinyur masa depan Indonesia.

Penyerahan Penghargaan ke-18, yang mengakui dan merayakan proyek-proyek terobosan dan inisiatif perintis di sektor ketenagalistrikan Asia, diadakan dalam upacara virtual pada 25 November 2022.

TENTANG MITSUBISHI POWER

Mitsubishi Power adalah merek solusi daya dari Mitsubishi Heavy Industries, Ltd. (MHI). Di lebih dari 30 negara di seluruh dunia, Mitsubishi Power merancang, memproduksi, dan memelihara peralatan dan sistem yang mendorong dekarbonisasi dan memastikan penyaluran daya yang andal ke seluruh dunia. Di antara solusinya adalah berbagai turbin gas termasuk turbin gas berbahan bakar hidrogen, sel bahan bakar oksida padat (SOFC), dan sistem kontrol kualitas udara (AQCS). Berkomitmen untuk menyediakan layanan teladan dan bekerja dengan pelanggan untuk membayangkan masa depan energi, Mitsubishi Power juga memelopori pengembangan pembangkit listrik digital melalui rangkaian solusi TOMONITM yang didukung AI.

KESIMPULAN

Di Metalextra.com kami yakin dengan peningkatan berkelanjutan dari teknologi produksi yang baik jika dikombinasikan dengan pengujian dan pengembangan, memungkinkan kami untuk menawarkan produk-produk berkualitas tinggi yang membantu perusahaan-perusahaan manufaktur di berbagai industri dan tentunya demi meningkatkan produktivitas anda. Kami juga menawarkan solusi perangkat alat ukur presisi berkualitas tinggi asal Swiss, Jerman, Taiwan, Jepang.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: sales@metalextra.com

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:   

Corporate Communication Department
Mitsubishi Heavy Industries, Ltd.
Email:mediacontact_global@mhi.com

Sophia Wee
APAC Communications
Mitsubishi Power Asia Pacific
Email:sophia.wee.3z@mhi.com

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Leave a Reply