Gergaji Circular Saw yang awet dan bagus merek apa sih? 5 tips memilih gergaji circular saw!

Semua Gergaji serkel dapat saja dibeli online dan dikirimkan kepada Anda di rumah. Namun tentu saja ada banyak faktor pertimbangan yang berbeda antara tukang jdai-jadian dirumah dan bengkle sederhana dengan kebutuhan industri kelas emnegah yang sibuk. Berapa kisaran harga untuk unit pisau gergaji serkel Circular Saws? Harga rata-rata untuk Circular Saws yang cukup terpercaya berkisar dari Rp.140 ribu hingga Rp. 25 Juta! Apa saja merek gergaji Circular Saws? Kami menjual mesin ternama dari DEWALT, Makita, Milwaukee, dan lainnya. Apa produk dengan rating terbaik di Circular Saws? Produk dengan rating terbaik di Circular Saws adalah… produk yang sesuai dengan kebutuhan anda! 🙂 Di artikel ini kami dengan ringkas akan membahas faktor apa yang perlu anda pertimbangkan dan bagaimana cara memilih mesin kerja dan mata pisau gergaji cicular saw yang baik! berikut tipsnya:

1. Prioritaskan material apa yang biasa anda potong

Tahukah anda, mesin kerja Gergaji circular saw diciptakan pada abad ke 18 oleh seorang penemu wanita! Mesin gergaji circular saw awalnya merupakan mesin kerja yang wajib dimilki pengrajin furnitur kayu. Sejak itu, gergaji bundar telah menjadi alat kerja wajib bagi setiap pertukangan kayu maupun logam dan komposit fiberglass FRP dan bahkan plastik.

Memilih mesin kerja gergaji circular saw yang awet dan tahan lama memang tidaklah murah. Saat ini ada banyak merek di pasaran yang memiliki beragam desain, baik asli maupun lisensi dengan kualitas yang beragam pula. Seringkali merek yang dulunya ternama malah menurun kualitasnya karena sudah dimanufaktur di Cina, maupun karena barang tersebut ternyata Asli palsunya.

Memotong logam memang berbeda tingkat kesuitannya dari memotong kayu atau bahan lain karena panas maupun jenis serpihan yang dihasilkan oleh proses pemotongan tersebut. Mata gergaji dan bahan yang anda potong menciptakan panas melalui gesekan. Beberapa mata gergaji dan jenis gergaji membuat perbedaan besar dalam cara Anda memotong berbagai bahan; untuk hari ini kita berbicara khusus tentang logam.

Untuk membuat lubang pada material kayu maupun logam lunak, gergaji hole saw tipe HSS sudah cukup awet dan bisa pula diasah.

2. Pahami cara kerja Gergaji Circular Saw Logam, Circular saw VS Cut-off Wheel!

Mesin Gergaji logam circular saw merupakan alat kerja gergaji pasaran yang dirancang untuk  memotong logam maupun material lain sesuai dengan mata gergaji yang tepat, aksesoris yang bagus dan tingkat kesulitan. Alat kerja gergaji bundar ini bisa dibongkar pasang dan dikunci atau dipasang ke mesin untuk kemudahan penggunaan.

Istilah lain untuk gergaji logam bundar adalah gergaji cold saw karena biasanya gergaji ini tidak menggunakan minyak pelumas. Jenis gergaji ini dirancang untuk menggunakan pisau bergigi untuk mentransfer panas yang dihasilkan ke chip yang dibuat oleh mata gergaji. Desain ini membantu memastikan bahwa bilah dan logam yang dipotong tetap dingin saat disentuh.

Mesin Gergaji dingin mampu memotong sebagian besar logam dengan relatif mudah. Motor listrik dan unit reduksi gigi yang kuat dirancang untuk mengurangi kecepatan blade tanpa mengurangi torsi. Ini menciptakan beban chip yang tinggi per gigi dengan konsistensi yang tinggi.

Mesin Gergaji circular saw ini memiliki performa yang jauh lebih baik dari Cut-off Wheel abrasif dari berbagai aspek. Circular saw sangat berbeda dengan Mata Pisau abrasif pada Cut-off wheel yang membuat panas dan cenderung patah saat memotong logam dengan diameter luas. Panas tersebut menyebabkan logam dan bilah melebar dan akan menyebabkan logam melengkung atau jam melekat serta mengikat. Ini juga menghasilkan lebih banyak keausan pada gergaji dan meningkatkan konsumsi energi.

Untuk banyak kasus material, mesin cut-off dengan piringan abrasif wheel lebih murah dan cepat untuk mengerjakan barang dalam jumlah kecil dan lazim dibeli kalangan bengkel material kecil maupun kontraktor bangunan.

3. Kenali jenis Blade mata pisau untuk Gergaji Logam circular saw:

Gergaji bundar merupakan salah satu alat pertukangan terbaik, paling praktis dan populer di kalangan amatir, penggemar pertukangan rumah, dan bahkan hingga pengrajin mebel dan pengrajin alat musik kayu profesional. Dari segi harga, memang pisau gergaji serkel juga dinilai di antara alat terbaik yang perlu Anda beli. Gergaji serkel juga ukuran dan konsumsi listrik tergolong kecil, apalagi jika Anda sudah berencana buat beberapa proyek sendiri di garasi dan halaman rumah.

Ada banyak merek dan jenis istilah material serta geometri dari mata pisau gergaji. namun secara umum bisa dikategorikan sebagai berikut ini;

  • Baja Padat dari material HSS (High Speed Steel), ini yang paling standar sekali. Ciri-cirinya material High Speed steel bisa dibaca selengkapnya disini. 
  • Gigi Segmental dan bercoating
  • Tungsten Carbide Tipped ini biasanya berwarna hitam seperti mata pensil.
Material yang sangat keras seperti Inconel dan mengandung Titanium tentu membutuhkan pisau gergaji yang lebih keras lagi.

4. Pahami informasi spesifikasi yang perlu diperhatikan lebih lanjut tentang memilih Gergaji Logam:

  • Daya power – Motor kecepatan variabel listrik. Torsi mantap. Pengurangan gigi.
  • Kecepatan Pemotongan – Kecepatan pemotongan yang konsisten tanpa kepanasan.
  • Sparks/percikan api – Sparks lebih sedikit lebih bagus.
  • Solid- Ditandai dengan berat bahan rangka gergaji dan getaran yang minim.
  • Discolor Perubahan warna – Lebih sedikit perubahan warna dibandingkan pesaing.
  • Kemudahan bongkar/pasang – Tidak perlu penyetelan, tinggal ubah mata gergaji untuk memotong bahan yang berbeda
  • Beralih Arah – Gergaji bundar tidak mengubah arah dengan cepat.
  • Potongan Bahan Tebal – Gergaji bundar dapat memotong bahan setebal yang dimungkinkan oleh pisau. Pisau yang lebih besar dapat memotong material yang tebal.
  • Berat dan cara pakai – Sangat mudah dikelola, dan ringan.
Bagi industri pemotongan pipa maupun pelat dalam industri Oil & Gas, tentunya mesin gergaji flying cut seperti ini biasa digunakan. Harga gergaji serkel ini sangat mahal, berkisar antar 7 juta rupiah hingga puluhan juta rupiah, tergantung material apa yang akan dipotong.

5. Sesuaikan dengan budget, cari kredit/hutangan bila perlu!

Setiap merek dan tipe mesin gergaji circular saw pasti memiliki poin kuat dan poin lemah mereka. Masing-masing dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan pemotongan. Keduanya dapat memotong bahan yang relatif tebal berdasarkan ukuran gergaji dan pisau yang Anda gunakan.

Jika anda melihat kalau harga tiap merek mesin yang diincar ternyata mirip atau justru nanggung, ada baiknya anda menunda pembelian atau mencari sumber kredit untuk memaksimalkan hasil kerja tersebut nantinya. Seringkali manufaktur yang murahan tersebut memiliki komponen yang rentan rusak seperti dinamo maupun aksesoris chuck yang sulit dan susah untuk diperbaiki. Membeli gergaji merupakan investasi, oleh sebab itu mesin yang bagus pasti memiliki harga jual kembali yang bagus pula.

Pada dasarnya bermuara pada cara Anda perlu menggunakan gergaji. Gergaji pita lebih baik dengan potongan tidak teratur dan melengkung di mana gergaji bundar lebih baik dengan garis lurus. Persyaratan mobilitas pekerjaan juga memainkan peran besar dalam jenis gergaji yang Anda gunakan. Jika Anda harus gesit dan menggunakan gergaji pada sudut yang aneh, Anda mungkin membutuhkan gergaji bundar untuk kemampuan manuver yang ringan. Jadi yang mana Anda pilih?

KESIMPULAN

Gergaji bundar serkel atau circular saw merupakan salah satu perkakas listrik paling umum yang digunakan saat ini. Dengan mata pisau yang sesuai, gergaji bundar mampu memotong kayu, baja, batu dan ubin keramik. Panduan Pembelian Circular Saw kami akan membantu Anda menemukan desain dan fitur yang akan membuat proyek Anda sukses.

Jika Anda berminat untuk membeli gergaji circular saw maupun mata pisau gergajinya saja ataupun cut-off wheel, silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 9, 2020 @ 10:05 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: