Kawasan Punggur Wiraraja Industrial Park di Kota batam, menerima investasi 6 perusahaan baru

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan optimismenya terhadap daya tarik Kepulauan Riau di mata calon investor setelah dia mengklaim pelaku usaha yang berminat berinvestasi di sana. Hal itu disampaikannya saat meluncurkan enam perusahaan baru di kawasan Punggur Wiraraja Industrial Park Kota Batam. 

Perusahaan baru yang diluncurkan terdiri dari PT. Jaya Electrical Energy, PT. Marubeni Global Indonesia, PT. Wiraraja Yunan International, PT. Apolo Solar Indonesia, PT. Alpha Solar dan PT. Tynergi Technology Indonesia.

Investasi yang kami luncurkan hari ini memiliki nilai investasi yang besar karena mencapai US$ 800 juta atau sekitar Rp12 triliun dan mampu menyerap 13.000 tenaga kerja,” jelas Menko Airlangga. “Di samping itu, saat ini sedang dilakukan hilirisasi pasir silica di area industri ini, yang membutuhkan energi yang besar, perlindungan lingkungan yang baik, serta pasar yang baik,” jelas Menko Airlangga.

Menko Airlangga juga menyampaikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kawasan tersebut. Pembangunan PLTS ini telah diberikan fasilitas sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

Dia mengaitkan acara peresmian ini dengan sifat kemudahan investasi Kota Batam yang mencakup perbaikan birokrasi dan layanan lain yang lebih mengakomodasi investor ke kota.

Kondisi ini harus dijaga agar tetap menarik investasi ke Kepulauan Riau yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan penduduk pulau tersebut,” kata Menko Perekonomian.

Gubernur Kepulauan Riau. Ansar mengatakan, pemerintah telah mengambil berbagai langkah dan terobosan untuk mengatasi dampak berkepanjangan dari pandemi yang mengganggu laju iklim investasi dan perekonomian.

Sementara itu, Presiden Direktur Grup Wiraraja Ahmad Ma’ruf Airlangga mengatakan sebagian besar perusahaan yang diresmikan hari ini berasal dari berbagai negara, antara lain Amerika, China, Singapura, dan perusahaan dalam negeri. Beberapa perusahaan tersebut sendiri bergerak di bidang pemurnian silikon hingga industri plastik. 

TENTANG PT. WIRARAJA

PT. Wiraraja Indonesia didirikan pada tahun 1998 oleh Akhmad Ma’ruf Maulana di Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. PT. Wiraraja Indonesia bergerak di bidang industrial estate atau kawasan industri, manufacturing dengan land bank seluas 78 hektare. PT. Wiraraja Indonesia juga aktif dibidang pabrik plastik dan pipa, mining atau tambang granit dan terakhir industri energi baru terbarukan (EBT) ekspor listrik ke Singapura dan Data centre.


Sumber; 

Press release of Coordinating Ministry for Economic Affairs of the Republic of Indonesia, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, June 2023.

Tinggalkan Balasan