MKS Instruments, Inc akan membangun pabrik di Penang, Malaysia.

Pabrik pertamanya MKS Instruments, Inc di Asia, rencananya akan membangun fasilitas baru dalam tiga tahap, dengan peletakan batu pertama diperkirakan akan dimulai pada awal tahun 2025, kata perusahaan yang memiliki pendapatan sebesar US$3,62 miliar (RM17,1 miliar) pada tahun 2023.

MKS Instruments, Inc, penyedia teknologi yang terdaftar di NASDAQ yang berbasis di Massachusetts, Amerika Serikat, mengumumkan bahwa mereka akan membangun pabrik di Penang, Malaysia untuk mendukung produksi peralatan fabrikasi wafer di kawasan ini dan secara global.

Perusahaan MKS Instruments, Inc ini memiliki sekitar 2.500 ilmuwan dan insinyur di antara 10.000 lebih stafnya dan memiliki sekitar 3.800 paten.

Di MKS Instruments, Inc, kami memiliki sejarah panjang dalam memanfaatkan keingintahuan kolektif untuk memahami dan mengembangkan solusi yang merupakan inti dari banyak inovasi teknologi utama. Inovasi-inovasi ini telah mendorong percepatan peta jalan untuk pasar Semikonduktor, Industri, Ilmu Hayati dan Kesehatan, Penelitian dan Pertahanan.

Tidak ada rincian lebih lanjut yang dibagikan mengenai komitmen investasi tersebut. MKS menggambarkan fasilitas mendatangnya sebagai “Super Center” yang digambarkan oleh juru bicaranya sebagai, “pabrik MKS Instruments, Inc yang merupakan fasilitas lebih besar yang akan memproduksi banyak produk dan menjadi pusat manufaktur.”

MKS Instruments, Inc memiliki sejarah yang membanggakan dalam inovasi dan penemuan yang telah membentuk evolusi industri utama yang kami layani,” kata Dr John T.C. Lee (foto), Presiden dan CEO MKS. “Dengan kedekatannya dengan pelanggan dan pemasok kami serta infrastruktur teknologi yang kuat, Penang adalah rumah bagi ekosistem semikonduktor yang kuat.

Memperluas bisnis MKS Instruments, Inc di Malaysia merupakan tonggak penting bagi perusahaan kami seiring dengan upaya kami untuk terus meningkatkan kemampuan kami sebagai pemimpin dalam beragam aplikasi manufaktur semikonduktor.”

Perusahaan MKS Instruments, Inc yang memiliki tiga divisi – Solusi Vakum, Solusi Fotonik, dan Solusi Material – menerapkan kemampuan sains dan tekniknya untuk menciptakan instrumen, subsistem, sistem, solusi kontrol proses, dan teknologi bahan kimia khusus yang meningkatkan kinerja proses dan mengoptimalkan produktivitas bagi pelanggan.

Chow Kon Yeow, Ketua Menteri Penang, berkata, “Sejalan dengan ambisi Penang untuk meningkatkan rantai nilai semikonduktor global, MKS Instruments membuka peluang di bidang manufaktur semikonduktor, yang menciptakan lebih banyak peluang kerja bernilai tinggi bagi tenaga kerja lokal.

Saya senang MKS Instruments memilih untuk menempatkan fasilitas barunya di sini dan saya berharap perusahaan dapat memperoleh banyak manfaat dari operasinya di Penang, Lembah Silikon di Timur.”

Sikh Shamsul Ibrahim, CEO Otoritas Pengembangan Investasi Malaysia (MIDA) mengatakan, “Keputusan MKS Instruments untuk membangun fasilitas baru di Malaysia menggarisbawahi pertumbuhan reputasi negara kami sebagai tujuan utama investasi teknologi canggih.

Fasilitas baru MKS Instruments, Inc ini menyoroti daya tarik Malaysia sebagai pusat strategis bagi inovasi dan manufaktur, yang mencerminkan kepercayaan perusahaan terhadap tenaga kerja terampil dan lingkungan bisnis yang mendukung.”

Dia menambahkan bahwa Malaysia yang kaya akan sumber daya manusia dan sumber daya menjadikannya lokasi yang ideal bagi perusahaan teknologi tinggi seperti MKS Instruments untuk memperluas operasi mereka.

MIDA percaya bahwa kegiatan MKS Instruments, Inc akan secara signifikan meningkatkan kemampuan proses manufaktur di Malaysia, selaras dengan Rencana Induk Industri Baru (NIMP) 2030 untuk membangun masa depan yang lebih kuat bagi sektor manufaktur maju Malaysia.

Kami menantikan kolaborasi yang sukses dan mengundang para pemimpin industri lainnya untuk memilih Malaysia sebagai tujuan investasi pilihan mereka. Bersama-sama, kita akan mendorong pertumbuhan bersama dan semakin meningkatkan ekosistem teknologi tinggi Malaysia yang berkembang pesat,” kata Sikh Shamsul.

KESIMPULAN 

Jika Anda berminat untuk membeli mesin milling ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : sales@metalextra.com Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Corporate newsletter MKS Instruments, Inc June 2024

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Leave a Reply