Samsung Heavy Industries rekrut 41 operator las dan teknisi welder dari Indonesia

Galangan kapal terbesar Korea Selatan Samsung Heavy Industries Co. dalam press release-nya mengatakan pada hari Senin 2 Januari 2023, sudah ada total 41 tenaga welder dan teknisi pengelasan asal Indonesia telah tiba untuk bekerja di kompleks galangan kapalnya.

Tenaga kerja asal Indonesia yang datang sudah tiba sejak hari Sabtu 31 Desember 2022. Program Samsung Heavy Industries Co. juga menandai gelombang pekerja asing terbesar yang datang ke Korea Selatan sejak pemerintah melonggarkan peraturan visa saat pandemi bagi pekerja asing. Pemerintah Korea Selatan sejak bulan Desember 2022 terus upaya untuk membantu mengatasi kekurangan tenaga kerja yang dihadapi industri pembuatan kapal lokal.

Tenaga welder dan teknisi pengelasan asal Indonesia ini akan mulai bekerja ditempatkan di galangan kapal Geoje Samsung Heavy setelah menerima pendidikan dan pengenalan tentang standar keselamatan kerja tersebut.

Samsung Heavy Industries Co. saat ini menerangkan bahwa divisi galangan kapal dan subkontraktornya telah mempekerjakan total 782 orang pekerja asing pada akhir Desember tahun lalu, dan berencana untuk menaikkan jumlahnya menjadi sekitar 1.200 orang tahun 2023 ini.

Samsung Heavy Industries Co. mengatakan telah menerapkan berbagai langkah untuk menarik minat pekerja asing, termasuk penyediaan asrama pekerja yang layak dan juru bahasa penerjemah. Samsung Heavy Industries Co. juga menambahkan program kolaborasi untuk mempekerjakan pekerja domestik dan asing untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja.

Samsung Heavy Industries Co., pembuat kapal terbesar ketiga di dunia berdasarkan pesanan, merupakan cabang pembuatan kapal dari konglomerat yang dikendalikan keluarga teratas Korea Selatan, Samsung Group, yang unit intinya merupakan raksasa teknologi global Samsung Electronics Co.

Di tengah lonjakan pesanan kapal baru-baru ini, perusahaan galangan kapal Korea Selatan dirundung oleh kekurangan tenaga kerja terutama karena PHK besar-besaran yang mereka lakukan untuk mengatasi pesanan yang anjlok lima hingga enam tahun lalu. Beberapa wkatu yang lalu juga diketahui salah satu grup galangan kapal Korea Selatan juga menutup galangan kapalnya di daratan China.

TENTANG SAMSUNG

Samsung Heavy Industries Co Ltd merupakan perusahaan konglomerasi yang berbasis di Korea yang terutama bergerak dalam pembuatan dan distribusi kapal dan anjungan. Perseroan menjalankan usahanya melalui dua segmen. Segmen Pembuatan Kapal terutama bergerak dalam desain dan pengembangan pengangkut gas alam cair (LNG), kapal tanker, kapal kontainer, kapal bor dan kapal tanker pemecah es, kapal terapung, produksi, penyimpanan dan pembongkaran (FPSO) dan lain-lain. Segmen Teknik Sipil terutama bergerak dalam bisnis teknik sipil dan konstruksi. Perusahaan mendistribusikan produknya di pasar domestik dan pasar luar negeri.

KESIMPULAN

Indonesia dan Korea Selatan selama ini telah menjadi mitra strategis dalam upaya pengembangan sektor manufaktur. Kerja sama komprehensif yang dijalin oleh kedua negara ini bertujuan untuk memacu perekonomian yang saling menguntungkan.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: sales@metalextra.com Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:  

Siaran Pers Samsung Heavy Industries Co.Ltd JANUARY 2023

yna.co.kr/view/AEN20230102005600320

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada18 Mei 2020 @ 1:04 PM

Tinggalkan Balasan

error: Alert: Content is protected!