SANDVIK COROMANT melakukan pengukuran stylus bermata berlian padat dari ZEISS

Dalam pengukuran akurasi geometri benda secara 3 dimensi, dibutuhkan ketelitian ekstra dan alat ukur yang sangat presisi dengan referensi yang selalu terkalibrasi. Mesin pengukur koordinat atau biasa dikenal Coordinate measuring machine (CMM), digunakan untuk mengukur geometri benda fisik dengan sensor elektris yang mampu merasakan titik-titik diskrit pada permukaan benda dengan mata ukur probe berbentuk bola. Semakin presisi alat yang akan dibuat, tentu semakin mahal pula alat ukur yang perlu digunakan.

TANTANGANNYA: HASIL PENGUKURAN YANG SEMPURNA AWETNYA

Mario Peter, seorang insinyur mesin di departemen teknologi Sandvik, menjadi semakin curiga dengan variasi pengukuran setiap kali pisau frais Sandvik hobbing CoroMill 177 diukur. “Ada yang tidak beres,” kenangnya. Perlu waktu lama sampai ketemu persis apa yang membuat hasil pengukuran bervariatif, karena saat itu produk pisau untuk milling gear atau pisau hobbing tersebut masih dalam proses pengembangan.

Selain itu, pisau frais hobbing SANDVIK CoroMill merupakan unit yang disesuaikan dengan nilai pengukuran pada mata pisau insert sisipan berbeda, terutama untuk setiap mata frais khusus. Namun, bahkan pada suku cadang dengan kesalahan yang diketahui, hasil pengukurannya terlalu bagus, mendorong insinyur mesin untuk mencari penyebabnya. Setelah pengujian ekstensif, terlihat jelas bahwa pelat keras untuk alat pemotong frais yang tajam itu menggores alur pada mata probe stylus berujung batu ruby. Meskipun sering tidak disadari oleh operator dengan mata telanjang, namun hal ini tentunya memengaruhi akurasi pengukuran.

SOLUSINYA: DIAMOND STYLI

Mario Peter mendapat petunjuk dari ZEISS Industrial Metrology yang membuat pengukuran yang salah menjadi sesuatu di masa lalu: seorang ahli ZEISS menyarankan agar dia mencoba stylus berlian. Dengan label harga 1.000 euro, Peter pada awalnya ragu-ragu akan keawetan dan akurasi jika stylus tersebut bisa bertahan cukup lama untuk membenarkan investasi pembelian.

Mata probe ukur stylus model batu ruby mesti ditukar setiap bulan, walaupun memang harganya hanya sekitar 40 euro saja. “Penggantian mata probe ini memang sangat membantu sekali,” kata Peter. Mata probe CMM dengan stylus berlian padat yang digunakan pada ZEISS MMZ-T sekarang telah berusia empat tahun dan masih tidak menunjukkan tanda-tanda keausan yang terlihat, meskipun terkena tegangan yang sama seperti mata probe stylus model batu ruby.

MANFAAT: KUALITAS KONSISTEN & LUAR BIASA PRESISI

Berkat persyaratan kualitas yang ketat, pelanggan mencapai kualitas roda gigi yang ditetapkan dalam DIN 8 dan DIN 9 dengan kompor dari Sandvik Coromant. Pelanggan perusahaan memerlukan kualitas kelas B yang, tergantung pada pisau untuk milling gear atau pisau hobbing. Sandvik Coromant memang memproduksi pisau untuk milling gear atau pisau hobbing untuk mengejar frais bertoleransi antara dua mikrometer untuk roda gigi pada kotak roda gigi mobil, dan lebih dari 10 mikrometer untuk roda gigi pada turbin angin besar. Namun, banyak nilai pengukuran tidak hanya memenuhi persyaratan kelas B, tetapi juga untuk kelas A atau bahkan AA. “Hasil ini bisa dicapai dengan penggunaan stylus berlian,” kata Peter.

TENTANG SANDVIK

Sandvik AB merupakan perusahaan teknik multinasional Swedia dengan sekitar 40.000 karyawan dan penjualan di lebih dari 160 negara. Perusahaan ini didirikan di Swedia pada tahun 1862. Sandvik memiliki operasi dalam perkakas dan sistem perkakas untuk pemotongan logam, industri pertambangan dan konstruksi, dan pembuatan baja tahan karat canggih dan paduan khusus serta produk untuk pemanas industri.

Sandvik Coromant adalah pemasok alat, solusi perkakas, dan pengetahuan terkemuka di dunia dalam industri pengerjaan logam. Dengan investasi ekstensif dalam penelitian dan pengembangan, perusahaan Swedia menciptakan inovasi unik dan menetapkan standar produktivitas baru bersama dengan pelanggannya di industri otomotif, ruang angkasa, dan energi. Sandvik Coromant sendiri memiliki 8.000 karyawan dan diwakili di 130 negara. Sandvik Coromant juga berkantor pusat di Sandviken, Swedia dan memiliki perwakilan di lebih dari 150 negara dengan sekitar 7900 karyawan di seluruh dunia. Ini adalah bagian dari area bisnis Sandvik Machining Solutions dalam grup industri global Sandvik.

TENTANG ZEISS

ZEISS Industrial Metrology merupakan inovator dalam teknologi mesin pengukur koordinat CNC dan solusi lengkap untuk metrologi multidimensi di lab metrologi maupun produksi. Perusahaan asal Eropa ini merupakan mitra yang diakui industri otomotif dan pemasoknya. 2.400 karyawan dari lokasi manufaktur di empat negara dan lebih dari 100 pusat penjualan dan layanan memasok pelanggan di seluruh dunia.

KESIMPULAN

Nilai akurasi pengukuran dari penggunaan mata probe stylus kontak pada produk pisau frais sangat baik sehingga seorang teknis mesin harus benar-benar mulai mencari kesalahan. Pencarian mengungkap masalah ini: sisipan mata insert yang terpasang keras menggerus setiap mata probe stylus yang terbuat dari batu ruby. Saat ini, teknisi QC kualitas perusahaan Sandvik Coromant menggunakan stylus berlian padat yang masih tidak menunjukkan tanda-tanda keausan setelah empat tahun.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Corporate communications ZEISS, SEPTEMBER 2020

Originally posted on Desember 15, 2019 @ 12:22 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!