Siapa sih Penemu Jangka Sorong? dan apa itu Jangka Sorong ?

Bagaimana sih Mengukur Benda yang berukuran Kecil dan Tipis? Mengukur Benda Tersebut pastilah tidak bisa mengunakan Penggaris standart saja, Apa sih alat Bantu Untuk Mengukur Benda berukuran kecil tersebut? Alat bantu Untuk Mengukur benda tersebut dinamakan Jangka Sorong,

Jangka sorong merupakan alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai seperseratus milimeter. Terdiri dari dua bagian, bagian diam dan bagian bergerak. Pembacaan hasil pengukuran sangat bergantung pada keahlian dan ketelitian pengguna maupun alat.

Sebagian sigmat kaliper keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan display digital. Pada versi analog, umumnya tingkat ketelitian adalah 0.05mm untuk jangka sorong di bawah 30 cm dan 0.01 untuk yang di atas 30 cm.

PENEMU SKALA VERNIER

Penemu jangka sorong adalah Pierre Vernier, seorang matematikawan dan penemu instrumen asal Perancis. Dia adalah penemu dan eponim dari skala vernier yang digunakan dalam mengukur perangkat. Alat tersebut kini populer dengan nama “Jangka Sorong.”

Ia dilahirkan di Ornans , Perancis, pada 1580, ia diajar sains oleh ayahnya. Dia kemudian menjadi kapten dan castellan kastil di Ornans, untuk Raja Spanyol. Dia juga anggota dewan kemudian dan direktur jenderal ekonomi di Kabupaten Burgundy di Belgia. Vernier merupakan nama keluarga yang terpandang didaerah tersebut.

Saat ini Vernier merupakan sebuah kota di Swiss barat, dan berpenduduk sekitar 32.000 jiwa pada tahun 2007.Kota ini terletak di Kanton Jenewa, dan merupakan kota terbesar ke-2 di seluruh kanton setelah Jenewa. Di negeri tersebutlah akhirnya menjadi lokasi industri jam presisi yang akan menggunakan alat ukur hand tools presisi seperti Vernier kaliper.

Setiap seri SYLVAC Digital Caliper S_Cal EVO Smart memiliki fitur Bluetooth untuk transfer data ukur langsung ke Smartphone maupun ke komputer. Sangat tepat digunakan bagi teknisi yang butuh kontrol proses statistik (SPC) di komputer. Fitur ini memungkinkan pengukuran dan inspeksi fabrikasi Anda direkam dengan benar dalam dataset tabular (seperti tabel database atau spreadsheet) dan melakukan analisis statistik. Anda juga dapat menggunakan perangkat ini untuk rig gaging improvisasi dengan perangkat lunak multiplexer Sylvac. Anda dapat menerapkan indikator tes ini untuk aplikasi jig ukur maupun kombinasi dengan height gauge maupun komparator, mengukur kerataan permukaan, Ketebalan dengan stand, pemasangan langsung pada jig multigauging yang diimprovisasi.

Di Kota Brussels, negara Belgia pada 1631, Vernier menerbitkan risalahnya La konstruksi, l’usage, et les propriétés du kuadrat nouveau de mathématique, dan mendedikasikannya kepada masyarakat ilmuwan di Perancis. Di dalamnya ia menggambarkan perangkat alat ukur cerdik yang sekarang menyandang namanya, skala Vernier yang lebih tinggi, mungkin lebih mirip dengan height Gauge ataupun penggaris mistar linear scale kalau dibandingkan dengan alat ukur modern.

Untuk kuadran dengan skala primer dalam setengah derajat, Vernier mengusulkan untuk melampirkan sektor yang dapat digerakkan, tiga puluh satu setengah derajat panjangnya tetapi dibagi menjadi tiga puluh bagian yang sama (masing-masing bagian terdiri dari setengah derajat ditambah satu menit).

Kaliper sigmat Vernier dalam mengukur sudut, dapat dengan mudah diperhitungkan dengan memperhatikan garis divisi mana dari sektor tersebut bertepatan dengan garis pembelahan kuadran.

SKALA VERNIER DI BAKUKAN

Nama vernier sekarang diterapkan pada skala caliper, sekstan, barometer, maupun instrumen metrik lulus lainnya yang dikembangkan kemudian oleh Jérôme Lalande. Lalande menunjukkan bahwa penggunaan nama Vernier lebih cocok untuk menghargai penciptanya yang tidak mau mempatenkan desain skala penggaris tersebut hingga awal abad ke-19.

Metalextra menawarkan solusi perangkat kerja presisi berkualitas tinggi. Berbeda dengan pesaing kami yang berjualan tong sampah dan alat kerja non-presisi yang dicampur aduk, kami merupakan satu-satunya spesialis presisi asli Indonesia yang paham dan mengerti cara cerdas untuk mengejar kesempurnaan dan toleransi yang ketat. 

Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Vernier Museum The Musée des Arts et Métiers

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

"Thieves may be able to copy but do not have the expertise to produce the original!". + Kiichiro Toyoda
error: Alert: Content is protected!
%d bloggers like this:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!