Air compressors itu mesin apa sih?

Di perusahaan dengan workshop indoor maupun semi outdoor, penggunaan kompresor udara tersentralisasi merupakan hal yang umum. Kompressor udara kami maksud disini adalah alat mekanis yang meningkatkan tekanan gas dengan mengurangi volumenya. Kompresor udara adalah jenis khusus dari kompresor gas.

Kompresor itu sebetulnya mirip dengan pompa: keduanya meningkatkan tekanan pada fluida dan keduanya dapat mengangkut fluida melalui pipa. Namun, karena gas kompresibel, kompresor juga mengurangi volume gas dan memaksakan tekanan udara tersebut kedalam tangki bertekanan yang kekuatannya sangat relatif dari merek dan manufaktur pembuatnya. Sedangkan pompa cairan relatif tidak bisa dimampatkan karena tidak memiliki klep dan tangki penyimpanan. Walaupun beberapa jenis pompa juga mampu mengkompresi, tapi fungsi utama pompa adalah untuk menekan dan mengangkut cairan.

FUNGSI MESIN KOMPRESOR

Sebanyak 12% dari semua penggunaan listrik industri adalah untuk menggerakkan kompresor udara dan setiap kegunaanya memang bertujuan komersial karena bisa menyimpan daya dengan mudah. Kompresor juga digunakan oleh dokter gigi, pengusaha ikan hias, hingga industri peralatan kesehatan. Ada beragam tipe dan jenis kompresor udara yang kegunaannya mirip dan digunakan di setiap pabrik semen, di setiap fasilitas pengolahan air limbah, dan bahkan di setiap unit kerja pembangkit listrik.

Kami memahami bahwa Anda memiliki pekerjaan untuk diselesaikan, namun sering kebingungan melihat ada banyak merek berbagai kompresor udara. Berdasarkan mekanismenya, Kompresor udara itu ada yang berkualitas tinggi & perawatan rendah, seperti kompresor reciprocating satu tahap & dua tahap dan kompresor sekrup putar, agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada kompresor udara bolak-balik yang digerakkan oleh gas (5,5 hp & 13-14 hp) yang portabel & mudah digunakan pada semua jenis lokasi kerja outdoor.

Dari menyalakan alat kerja pneumatik di lini produksi, hingga menyemprotkan cat, meniup gelas dan plastik termoform, hingga mengaerasi air yang disuplai ke keran, ada kompresor di suatu tempat yang memasok udara bertekanan yang dibutuhkan untuk membuat hampir semua yang kami sentuh.

Secara spesifik kompresor udara memiliki banyak kegunaan, termasuk:

  1. Memasok udara bertekanan tinggi untuk aplikasi pengecetan maupun pembersihan dusting

  2. Memasok udara bersih bertekanan sedang ke penyelam yang disuplai permukaan yang terendam dan digunakan sebagai gas pernafasan oleh penyelam bawah air. Ini dapat dibawa oleh penyelam dalam silinder penyelaman bertekanan tinggi, atau disuplai dari permukaan dengan tekanan lebih rendah melalui saluran udara penyelam. Pengaturan serupa digunakan dalam alat pernapasan yang digunakan oleh petugas pemadam kebakaran, pekerja penyelamat tambang dan pekerja industri di atmosfer berbahaya.

  3. Memasok udara bersih bertekanan sedang untuk menggerakkan katup sistem kontrol HVAC pneumatik untuk gedung kantor dan sekolah serta mengatur kelembapan di ruangan kerja.

  4. Memasok sejumlah besar udara bertekanan sedang ke alat kerja pneumatik, seperti jackhammers, power drill, gerinda, dremel dan alat kerja lainnya dari kedokteran hingga pabrikasi.

  5. Sebagai mekanisme shockbreaker maupun hidrolik untuk alat kerja lifting

  6. Kompresor pneumatis bersih digunakan untuk mengetes dan mengukur dimensi alat kerja dengan air micrometer.

  7. Mengisi tangki udara bertekanan tinggi (HPA), untuk mengisi ban, dan untuk menghasilkan volume besar udara bertekanan sedang untuk proses industri skala besar (seperti sebagai oksidasi untuk kokas minyak bumi atau sistem pembersihan rumah kantong pabrik semen).

  8. Menyuplai udara bersih untuk aerator sistem produksi maupun aktuator mesin automation dan proses pembakaran.

  9. Sebagai suplai tenaga untuk alarm maupun sirine tipe peluit.
  10. Sebagai fungsi Suction maupun vacuum dan dorong untuk aplikasi alat kerja pengangkat maupun penghisap dalam saluran pipa sistem produksi. Fungsi suction in banyak digunakan didunia industri presisi seperti semiconductor maupun industri perhiasan dan medis.
  11. Penggerak amunisi di senjata bertekanan udara, peralatan airsoft maupun paintball.
  12. Rem udara, termasuk sistem pengereman kereta api dan truk trailer.
  13. Pada plastic injection moulding atau cetakan injeksi digunakan untuk menyuntik udara untuk mendorong gulungan kawat, kemasan, tutup botol, suku cadang dan komponen otomotif, mainan, sisir saku, beberapa alat musik (dan bagian-bagiannya), kursi one-piece dan meja kecil, wadah penyimpanan, mekanik bagian (termasuk roda gigi), dan sebagian besar produk plastik lainnya tersedia saat ini.
  14. Pekerja yang membangun fondasi jembatan atau struktur lain mungkin bekerja di selungkup bertekanan yang disebut caisson, tempat air dicegah memasuki bagian bawah selungkup dengan mengisinya dengan udara di bawah tekanan.

MEKANISME KOMPRESOR UDARA

Ada dua jenis utama pompa kompresor udara: diinjeksi oli dan lebih sedikit oli. Sistem tanpa minyak memiliki lebih banyak pengembangan teknis, tetapi lebih mahal, lebih keras dan tahan lebih lama daripada pompa berpelumas oli. Sistem tanpa minyak juga menghasilkan udara dengan kualitas yang lebih baik.

Kompresor dapat diklasifikasikan menurut tekanan yang diberikan:

  • Kompresor udara bertekanan rendah (LPAC), yang memiliki tekanan buangan 150 psi atau kurang

  • Kompresor bertekanan sedang yang memiliki tekanan pelepasan 151 psi hingga 1.000 psi

  • Kompresor udara bertekanan tinggi (HPAC), yang memiliki tekanan keluar di atas 1.000 psi

Kompresor juga dapat diklasifikasikan sesuai dengan desain dan prinsip operasi:

  • Kompresor reciprocating satu tahap

  • Kompresor reciprocating dua tahap

  • Kompresor kompon

  • Kompresor sekrup putar

  • Pompa baling-baling putar

  • Kompresor gulir

  • Kompresor turbo

  • Kompresor sentrifugal

Sebagian besar kompresor udara memiliki mekanisme jenis piston bolak-balik, baling-baling putar, atau sekrup putar. Kompresor sentrifugal umum digunakan dalam aplikasi yang sangat besar, sedangkan sekrup putar, gulir, dan kompresor udara bolak-balik lebih disukai untuk aplikasi portabel yang lebih kecil.

SUMBER TENAGA

Kompresor udara dirancang untuk memanfaatkan berbagai sumber tenaga, yaitu:

  • Bertenaga minyak BBM adalah yang paling populer,

  • Bertenaga Gas untuk sumber energi bersih sekaligus multifungsi sebagai generator pembangkit listrik.

  • Listrik untuk aplikasi rumahan maupun industri yang membutuhkan aplikasi clean room.

  • Bertenaga mekanis yang memanfaatkan mesin kendaraan, pemisah daya, atau port hidraulik juga umum digunakan dalam aplikasi bergerak.

KESIMPULAN

Kekuatan kompresor diukur dalam HP (tenaga kuda) dan CFM (kaki kubik per menit dari udara masuk). Ukuran galon tangki menentukan volume udara terkompresi (cadangan) yang tersedia.

Kompresor bertenaga gas / diesel banyak digunakan di daerah terpencil dengan akses bermasalah ke listrik. Kompresor bertenaga mesin BBM biasanya lebih berisik dan membutuhkan ventilasi untuk gas buang. Kompresor bertenaga listrik banyak digunakan dalam produksi, bengkel dan garasi dengan akses permanen ke listrik. Kompresor bengkel / garasi umum berukuran 110-120 Volt atau 230-240 Volt.

Bentuk tangki kompresor pada umumnya: “pancake”, “tangki kembar”, “horisontal”, dan “vertikal”. Tergantung pada ukuran dan tujuan kompresor dapat stasioner atau portabel.

Namun jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 14, 2020 @ 6:07 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!