Apa itu Oil Country Tubular Goods?

Ukuran pasar barang tubular minyak atau yang lebih dikenal dengan Oil Country Tubular Goods (OCTG) global bernilai USD 17,92 miliar pada tahun 2018. Oil Country Tubular Goods (OCTG) diproyeksikan mencapai USD 47,13 miliar pada tahun 2032, menunjukkan The compound annual growth rate (CAGR) sebesar 7,17% selama periode perkiraan.

Oil Country Tubular Goods (OCTG) sudah menjadi standar industri dalam fasilitas instalasi migas saat ini. Tentu saja bagi jaringan pemipaan yang sudah berusia tua, penggantian dari tiap seksi pemipaan lebih murah daripada mengganti keseluruhan jaringan pipa secara total.

Apa itu Oil Country Tubular Goods?

Barang dan Produk Tubular Bidang Minyak digunakan baik di sistem permiyakan instalasi darat On-shore maupun lepas pantai Off-shore. Dalam standar umum industri, barang-barang tersebut juga disebut dengan singkatan OCTG (untuk “Oil Country Tubular Goods”).

Istilah Oil Country Tubular Goods atau Produk Tubular Bidang Minyak merupakan kategori tabung pemipaan yang digunakan dalam produksi minyak dan gas: Biasanya Oil Country Tubular Goods ini termasukl Drill pipe atau pipa bor, selubung atau casing dan tubing pipa.

Setiap lubang sumur berlangsung dalam beberapa fase, di mana selama itu

  • Drill pipe yaitu istilah umum yang berkaitan dengan semua jenis pipa ladang minyak, seperti pipa bor berstandar beserta ulir sambungan kunciannya dan perangkat drill collars kerah bor, pup joints sambungan pup (Drill Pipe to Drill Collar atau Drill Collar to Drill Collar).

  • Casing (melapisi lubang sumur)

  • Tubing (tabung pengiriman atau produksi yang mengangkut minyak dan gas ke permukaan) seperti; line pipe, structural pipe, couplings, dan aksesoris connections

Bagaimana cara pembuatan Oil Country Tubular Goods umumnya?

Produk berbentuk tabung ini merupakan dasar dari desain sumur minyak dan gas serta desain saluran pipa dan menyediakan saluran untuk pengangkutan produk minyak dan gas ke pasar secara aman dan efisien.

Awalnya pipa seamless dibentuk dengan cara menekan roll billet baja padat untuk membentuk cangkang berongga, sedangkan pipa las dibentuk dengan menggulung dan mengelas pelat baja datar. Pipa-pipa tersebut kemudian mengalami proses perlakuan panas seperti quenching dan tempering untuk meningkatkan sifat mekaniknya.

Mengapa standar Oil Country Tubular Goods diwajibkan sesuai standar API?

Industri minyak bumi dan gas merupakan industri tertutup yang desain dan instalasinya dikuasai oleh kapitalis Amerika Serikat dan diatur serta dilindungi oleh otoritas industri migas Amerika Serikat.

American Petroleum Institute (API) menetapkan spesifikasi standar yang tepat yang menentukan jenis Barang dan Produk Tubular Bidang Minyak dan mengklasifikasikannya ke dalam sepuluh tingkatan. Sifat dan kualitas dimensi ini dicapai melalui komposisi kimia baja dan perlakuan panas selanjutnya.

Barang berbentuk tabung dari negara minyak termasuk, khususnya, casing dan tubing, terbuat dari baja karbon atau baja paduan, dilas atau tanpa sambuangan (seamless), diberi perlakuan panas atau tidak diberi perlakuan panas, apa pun penyelesaian akhirnya, mempunyai diameter luar dari 2 3/8 inci sampai 13 3/8 inci (60,3 mm hingga 339,7 mm).

Tiap produk OCTG wajib memenuhi atau dipasok untuk memenuhi spesifikasi API 5CT atau standar setara, di semua tingkatan, tidak termasuk pipa bor, selubung tanpa sambungan dengan diameter luar hingga 11 3/4 inci (298,5 mm), pup sambungan, dilas atau tanpa sambungan, diberi perlakuan panas atau tidak diberi perlakuan panas, dengan panjang hingga 3,66 m (12 kaki), dan bahan kopling.

Setiap bidang usaha produksi, Casing, Tubing dan Pipa Bor yang terutama digunakan di Sektor Minyak dan Gas Bumi untuk pengeboran dan eksplorasi Minyak dan Gas Bumi diukur dan diuji dengan alat ukur berstandar Oil Country Tubular Goods pula.

Mengapa saat ini banyak produk Oil Country Tubular Goods dengan sertifikasi pabrikan China lebih murah?

Kebijakan pemerintah Amerika serikat yang menguntungkan pihaknya sendiri dan investasi dari beberapa pemain terkemuka di pasar kemungkinan besar akan memastikan pertumbuhan yang kuat untuk pasar barang berbentuk tabung di negara penghasil migas dan konsumsi minyak. Amerika serikat terus berfokus pada pemanfaatan produksi minyak dan gas untuk menyeimbangkan rasio pasokan-permintaan.

Sejak 2009, ekonomi global menunjukkan kemajuan yang relatif lambat akibat perang dagang Amerika Serikat-China dan perlambatan ekonomi di negara-negara berkembang yang banyak mengkonsumsi produk miyak bumi. Amerika Utara diproyeksikan mendominasi pangsa pasar OCTG karena aktivitas pengeboran maupun pengolahan dan transportasi dari produk minyak bumi dan gas yang sangat besar di seluruh dunia.

Akan tetapi, akurasi produk OCTG asal China yang muncul dari kebijakan kalibrasi “metrifikasi” dari standar Imperial, membuka tantangan baru yang mendorong pasar dunia untuk memilih produk OCTG asal China yang lebih terjangkau harganya. Tentu saja ada saja produk OCTG asal China banyak yang sebatas membayarkan lisensi produksi OEM namun tidak membayar sertifikasi produk jadi ke lembaga terkait di Amerika Serikat.

Saat ini ada banyak produk Oil Country Tubular Goods maupun alat ukur berstandar API dan OCTG yang aslinya buatan China yang kemudian mengalami finishing dan sertifikasi dari negeri ketiga seperti Malaysia, Indonesia, Singapore dan Brunei. Hal ini dimaksudkan agar produk Oil Country Tubular Goods maupun alat ukur berstandar API dan OCTG asal China tidak terkena tarif anti-dumping dari pemerintah Amerika Serikat.

KESIMPULAN

Metalextra menawarkan beragam solusi cerdas industri presisi dari alat ukur, inpeksi hingga mesin kerja. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal.

Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : sales@metalextra.com Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:  

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Leave a Reply