Apa itu sistem mesin milling CNC atau machining center?

CNC milling merupakan proses pemesinan yang menggunakan kontrol terkomputerisasi dan memutar alat potong multi-titik untuk secara progresif menghilangkan bahan dari benda kerja dan menghasilkan bagian atau produk yang dirancang khusus.

Computer numerical control (CNC) telah dimasukkan ke dalam berbagai metode pembuatan komponen metal dan mesin baru. Di Indonesia sendiri, jenis mesin yang paling umum yang digunakan di bidang ini cukup dikenal sebagai pabrik CNC.

Mesin CNC sebenarnya mnggunakan metode dan proses yang sangat mirip dengan pengeboran atau pemotongan, bubut, pembentukan dan pemahatan logam pada umumnya. Namun keberadaan mesin ini dapat melakukan setiap sudut dan memproses beragam material untuk berbagai kebutuhan produksi.

Mata pisaunya sendiri menggunakan alat pemotong silindris yang dapat berputar ke berbagai arah. Tidak seperti pengeboran tradisional, pemotong frais dapat bergerak di sepanjang banyak sumbu. Ini juga memiliki kemampuan untuk membuat beragam bentuk, slot, lubang, dan tayangan lain yang diperlukan. Plus, benda kerja dari pabrik CNC dapat dipindahkan melintasi alat penggilingan ke arah tertentu. Bor hanya mampu mencapai gerakan sumbu tunggal, yang membatasi kemampuan produksinya secara keseluruhan.

Pabrik CNC sering dikelompokkan berdasarkan jumlah sumbu yang dapat mereka gunakan. Setiap sumbu dilabeli menggunakan huruf tertentu. Misalnya, sumbu X dan Y mewakili gerakan horizontal benda kerja pabrik. Sumbu Z menunjukkan gerakan vertikal. Sumbu W mewakili gerakan diagonal melintasi bidang vertikal.

Mayoritas mesin penggilingan CNC menawarkan dari 3 hingga 5 sumbu. Pabrik yang lebih maju harus diprogram dengan teknologi CAM agar dapat berjalan dengan baik. Mesin-mesin CNC canggih ini dapat menghasilkan bentuk-bentuk spesifik yang pada dasarnya tidak mungkin diproduksi dengan teknik perkakas manual apa pun. Selain itu, sebagian besar pabrik CNC dilengkapi dengan perangkat khusus yang memompa cairan ke alat pemotong selama proses produksi.

Jenis Bahan Apa yang Digunakan Pabrik CNC?
Hampir semua jenis bahan yang secara fisik dapat dibor atau dipotong dapat dimanipulasi oleh pabrik CNC. Namun, sebagian besar mesin pabrik CNC bekerja dengan bahan logam. Sama seperti proses pengeboran dan pemotongan, peralatan mesin CNC yang tepat harus dipilih untuk setiap bahan yang digunakan. Kepadatan material yang ada, bersamaan dengan rotasi pahat, harus dipertimbangkan sebelum memulai proses produksi milling.

Apa yang Dihasilkan dari CNC Mills?
Secara umum, pabrik CNC sangat efisien dalam hal pembuatan prototipe, produksi jangka pendek komponen kompleks, dan pembuatan komponen dan komponen presisi. Tetapi alat berat yang kuat ini menawarkan berbagai manfaat lain, terutama dalam hal memanipulasi sebagian besar bahan dengan cara yang sangat efisien. Pabrik manual masih ada. Namun, dengan keterjangkauan mesin CNC saat ini, tidak diragukan lagi sangat bijaksana untuk menggunakan pabrik CNC yang benar-benar dapat mengubah proses produksi dalam waktu, ketepatan, dan kualitas bahan yang dibuat.


 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *