Counterbore itu apa sih?

Counterbore merupakan cutting tool yang bentuknya seperti reamer namun dengan kedalaman mata potong yang lebih pendek agar memungkinkan baut dan ring washer bisa masuk. Counterbore akan memperlebar diameter lubang yang dipotong menjadi sesuai untuk baut pada mesin maupun komponen logam agar tampak merata dengan permukaan. Counterbore pada umumnya digunakan untuk memungkinkan kepala baut menjadi rapi ketika ditempatkan di dalam lubang sehingga bisa menempel rata atau flush dengan permukaan bahan sekitarnya (dengan perbandingan, countersink membuat lubang kerucut conical yang mungkin digunakan dengan sekrup).

FUNGSI COUNTERBORE CUTTER

Counterbore  memang dirancang untuk berbagai aplikasi seperti deburring atau menghaluskan permukaan tajam hasil potong dengan bor, chamfering atau menumpulkan sudut tajam jadi cembung, dan Counterboring atau melebarkan diameter lubang dengan kedalaman terbatas. Counterbore ini tidak seperti reamer yang memperlebar diameter sampai sedalam lubang bor, sehingga sangat ideal untuk logam ringan dan plastik selain dari deburring dan talang kecil. Counterbore juga dapat digunakan untuk menghilangkan serpihan material yang tersisa dari operasi pengeboran atau tapping atau proses deburring seperti reamer dengan demikian meningkatkan hasil akhir produk dan menghilangkan ujung tajam yang berbahaya.

Geometri dasar Counterbore  (pemotong) secara inheren dapat diterapkan pada aplikasi terjun atau bor vertikal dengan drill press maupun dengan mesin bubut yang dijelaskan di atas (hanya untuk pakan aksial) dan juga untuk aplikasi milling lainnya (traverse sidversays). Oleh karena itu, seringkali produsen cutting tool maupun user teknisi milling menamakan Counterbore tumpang tindih dalam bentuk, fungsi, dan kadang-kadang memberi nama dengan chamfering endmill (pabrik akhir dengan ujung miring). Terlepas dari nama yang diberikan kepada pemotong, permukaan yang dihasilkan dapat berupa talang berbentuk kerucut (aplikasi terjun) atau sudut miring untuk persimpangan dua bidang (melintasi aplikasi).

Counterbore dibuat dengan dimensi standar untuk ukuran sekrup tertentu atau diproduksi dalam ukuran yang tidak terkait dengan ukuran sekrup tertentu. Dalam kedua kasus, ujung counterbore memiliki bagian diameter yang direduksi disebut sebagai pilot, fitur penting untuk memastikan konsentrisitas antara counterbore dan lubang yang counterbored. Counterbore cocok dengan ukuran sekrup tertentu umumnya memiliki pilot integral yang sesuai dengan diameter lubang clearance terkait dengan ukuran sekrup tertentu (mis. ,191 inci untuk sekrup mesin nomor 10).

Alat counterbore paling atas yang ditunjukkan pada gambar adalah perangkat yang sama. Item atas yang lebih kecil adalah mata pisau insert sisipan, bagian tengah menunjukkan sisipan counterbore tiga bergalur lainnya, yang dipasang pada dudukan. Shank dudukan ini adalah lancip Morse, meskipun ada lancip mesin lain yang digunakan dalam industri. Counterbore yang diameternya lebih kecil terbuat dari material solid yang dirancang agar sesuai dengan chuck bor, dan menjadi lebih kecil ekonomis untuk dibuat sebagai satu kesatuan.

Jika Anda berminat untuk membeli perlengkapan alat Counterbore, deburring, cutting tool maupun hand tooling silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]
Semoga menambah bahan referensi anda! Wassalam!


Sumber:
Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 30, 2020 @ 2:13 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!