Countersink & Counterbore bedanya apa?

Saat memilih pengikat fastener dan pisau frais pemotongnya untuk aplikasi industri, penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor. Jenis material, aplikasi kegunaan, standar ulir yang digunakan, apakah Jepang JIS, atau Jerman DIN, atau standar Inggris UKAS atau ISO, Threading, beban kekencangan yang diterapkan pada pengikat, kekakuan pengikat, dan jumlah pengencang yang dibutuhkan semua harus diperhitungkan. Namun apa sebenarnya beda dari countersink dan counterbore dari segi aplikasi dan kegunaan? 

APA ITU COUNTERSINK?

Cutting tool metode holemaking seperti countersink dan counterbore sendiri digunakan pada beragam aplikasi industri, dari industri elekronik dalam melubangi Printed Circuit Board dan perlengkapan listrik arus kuat seperti Ceramic Bobbin maupun hingga industri berat atau heavy industries seperti transmisi mesin kapal, mesin hidrolik pada crane dan conveyor.

Untuk membuat komponen fastener, tentunya membutuhkan lubang yang presisi dan model dudukan kepala sekrup dan baut yang tepat. Menggunakan countersinks maupun counterbore untuk kedalaman pengikat fastener yang tepat adalah salah satu cara untuk mencapai tuntutan ketat yang presisi ini.

Countersink merupakan cutting tool conical atau lubang kerucut yang dipotong menjadi objek yang diproduksi, atau pemotong yang digunakan untuk memotong lubang tersebut. Countersink pada umumnya digunakan untuk memungkinkan kepala baut countersunk, sekrup atau paku keling, ketika ditempatkan di dalam lubang sehingga bisa menempel rata atau flush dengan permukaan bahan sekitarnya.

Desain dari kepala pisau countersink maupun counterbore ini bisa memberikan akurasi pada komponene yang nantinya akan dikencangkan. Setelah proses drilling pengeboran maupun proses reaming atau pelebaran, proses Chamfering yang meliputi COuntersink maupun Counterbore memberikan ketelitian yang lebih tinggi pada material baja tahan karat dan logam non-ferrous, serta suhu yang lebih dingin dari pada mata bor atau drill bit.

Campuran eksklusif lapisan kromium dan aluminium memberikan lebih banyak ketahanan terhadap panas, sehingga menghasilkan umur yang lebih panjang. Campuran yang sama ini membantu dalam pencegahan getaran mesin dan daya tahan alat cutting tool. Selain itu, dengan lebih banyak lebar di antara gigi di kepala, desain baru ini memungkinkan penyelarasan dan pemosisian yang lebih baik.

Hand Deburring Countersink merupakan alat finishing yang digunakan untuk proses deburring manual dengan tangan.

APA ITU COUNTERBORE?

Counterbore  merupakan cutting tool yang bentuknya seperti reamer namun dengan kedalaman mata potong yang lebih pendek agar memungkinkan baut dan ring washer bisa masuk. Counterbore akan memperlebar diameter lubang yang dipotong menjadi sesuai untuk baut pada mesin maupun komponen logam agar tampak merata dengan permukaan. Lubang counterbore didefinisikan sebagai lubang berbentuk silindris dan datar yang biasanya membesar menjadi lubang koaksial lain. Lubang biasanya digunakan setiap kali fastener, misalnya, sekrup tutup kepala soket, diperlukan untuk duduk rata di bawah atau di dalam tingkat permukaan benda kerja.

Counterbore maupun countersink memang dirancang untuk berbagai aplikasi seperti deburring, chamfering, dan Counterboreing. Counterbore ini tidak seperti reamer yang hanya memperlebar diameter, sehingga sangat ideal untuk logam ringan dan plastik selain dari deburring dan talang kecil. Counterbore juga dapat digunakan untuk menghilangkan serpihan material yang tersisa dari operasi pengeboran atau tapping atau proses deburring seperti reamer dengan demikian meningkatkan hasil akhir produk dan menghilangkan ujung tajam yang berbahaya.

Ayo kira-kira berapa banyak komponen fastener dan lubang sekrup maupun baut yang digunakan dalam satu unit mesin dan transmisinya?

PERBEDAAN UTAMA COUNTERSINK & COUNTERBORE APA SAJA?

Seringkali produsen cutting tool maupun user teknisi milling menamakan Counterbore maupun countersink kadang-kadang dinamakan juga dengan chamfering endmill atau bahkan reamer juga!. Terlepas dari nama yang diberikan, kepada pemotong countersink menghasilkan permukaan yang berupa talang berbentuk kerucut, sedangkan Counterbore berbentuk silinder. Kedua alat potong ini bisa untuk aplikasi terjun 90° atau sudut miring untuk persimpangan dua bidang (melintasi aplikasi).

  • Pada aplikasi permesinan dimaterial yang lebih lunak, mata cutting tool Countersink bisa digunakan untuk aplikasi yang serupa dengan End Mill di mesin milling maupun dimesin Drill Press, Sedangkan Counterbore tidak bisa. 

  • Selain itu, Countersink juga bisa dijepit ke hand tool yang memilki chuck seperti Obeng untuk menghaluskan atau menumpulkan sudut dan permukaan material yang lembut seperti penggunaan ketam tangan. 

  • Perbedaan dari kedua jenis cutting tool ini yaitu pada Geometri dasar Counterbore  (pemotong) secara inheren dapat diterapkan pada aplikasi terjun atau bor vertikal dengan drill press maupun dengan mesin bubut yang dijelaskan di atas (hanya untuk pakan aksial) dan juga untuk aplikasi milling lainnya (traverse sidversays).

Mesin tapping dengan pisau tapping yang sesuai tentu diperlukan untuk melakukkan pekerjaan pembuatan ulir sekrup dalam waktu yang lama dan rutin terus-menerus.

JENIS KHUSUS & APLIKASI LAIN COUNTERSINK & COUNTERBORE

Thrilling merupakan proses threading dan milling pengeboran (dilakukan dalam urutan terbalik) ulir internal menggunakan alat pemotong khusus pada mesin milling CNC. Ujung alat pemotong berbentuk seperti bor atau endmill pemotongan tengah, sedangkan tubuh memiliki bentuk berbentuk ulir dengan bentuk pemotong countersink.

Pemotong pertama jatuh untuk mengebor lubang. Kemudian utas ulir fastener ini diinterpolasi secara melingkar seperti pemotong multi-bentuk yang dijelaskan di atas. Alat ini mengebor, chamfer, dan membuat lubang semua dalam satu siklus ringkas. Keuntungannya adalah proses ini menghilangkan alat, pemegang-alat, dan perubahan alat. Kerugiannya adalah bahwa proses ini terbatas pada kedalaman lubang tidak lebih dari tiga kali diameter alat tersebut.

KESIMPULAN

Kesuksesan bagi kalangan pabrikasi bisa dihargai dari kemampuannya dalam memberikan solusi bagi pelanggan karea penyelesaian pekerjaan dengan spesifikasi yang tepat dan gambar desain sesuai dengan pesanan. Dalam pemilihan cutting tool juga seperti itu, anda pasti ingin pekerjaan Anda lebih presisi daripada pesaing.

Metalextra menawarkan rangkaian alat Counterbore maupun countersink lengkap yang mencakup semua profil ulir dan grup bahan – dioptimalkan hingga proses pengujian akurasinya. Ada banyak pilihan solusi yang bisa dioptimalkan untuk fleksibilitas fastener yang anda kerjakan. Jika Anda berminat untuk membeli perlengkapan alat Countersink, Counterbore, deburring, cutting tool maupun hand tooling silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : sales@metalextra.com

Semoga menambah bahan referensi anda! Wassalam!


Sumber:
Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada30 Januari 2020 @ 2:15 PM

Tinggalkan Balasan

error: Alert: Content is protected!