Fungsi mesin frais dan jenisnya apa saja?

Mesin frais merupakan mesin penggilingan, salah satu mesin yang dapat melakukan pemahatan secara konvensional datar, sisi lurus, alur miring dan bahkan pembuatan gir gardan bergerigi. Perangkat alat mesin bekerja atau menyelesaikan benda kerja dengan menggunakan pisau frais milling (end mill cutter) sebagai pemotong pahat yang berputar pada sumbu mesin. Mesin frais milling merupakan mesin industri yang memiliki berbagai fungsi berdasarkan spesifikasi standar tertentu. Beberapa mesin yang paling umum digunakan adalah sebagai berikut: kolom, turret, bingkai-C, horisontal, jenis bed, gaya planer, dan pelacak yang dikendalikan.

SEJARAH SINGkAT MESIN FRAIS

Mesin perkakas pertama yang dijual untuk umum diciptakan oleh Matthew Murray di England sekitar tahun 1800. Mesin perkakas adalah alat mekanis yang ditenagai, biasanya digunakan untuk mempabrikasi komponen metal dari sebuah mesin. Kata mesin perkakas biasanya digunakan untuk mesin yang digunakan tidak dengan tenaga manusia, tetapi mereka bisa juga di gerakan oleh manusia bila dirancang dengan tepat. Para ahli sejarah teknologi berpendapat bahwa mesin perkakas sesungguhnya lahir ketika keterliabtan manusia dihilangkan dalam proses pembentukan atau proses pengecapan dari berbagai macam peralatan.

Sebelum mesin frais yang umumnya vertikal itu muncul, awalnya kalangan teknik mengenal mesin perkakas berupa mesin bubut horisontal untuk mengupas kayu atau yang kini kita kenal dengan nama mesin bubut pertama. Fitur mesin bubut awal inilah yang menginspirasi penciptaan mesin frais. Dalam perkembangannya dengan kontrol mekanis langsung terhadap alat potongnya adalah sebuah bubut potong ulir bertahun 1483. Mesin bubut ini membentuk aliran ulir pada kayu maupun untuk pengeboran lubang dikayu.

RAGAM MESIN FRAIS

Sebuah mesin penggilingan tentu digerakkan oleh tenaga konstan dalam posisi yang bisa dikendalikan. Mesin frais juga membutuhkan perkakas dan alat lain dalam industri logam yang beragam fungsi. Setiap mesin memiliki rotor atau spindel pemutar pisau Cutter yang beroperasi pada berbagai macam kecepatan sehingga Anda dapat membentuk bentuk yang diperlukan. Dengan fitur kecepatan spindel motor yang dapat disesuaikan, setiap mesin penggilingan dapat diatur untuk memotong lebih tepat. Mesin ini mampu menangani beberapa tugas seperti ukiran, threading, Milling, Drilling, dan Cutting. Ada beberapa jenis mesin penggilingan, masing-masing dengan berbagai fungsi berdasarkan kriteria standar.

Produsen manufaktur mesin milling sering memberi nama mesin yang berbeda sesuai dengan jenis kontrol, jumlah sumbu hadir, orientasi spindle, ukuran alat, tujuannya, dan sumber daya. Sementara ada beberapa varietas Mesin penggilingan yang tersedia saat ini, mereka pada dasarnya melayani fungsi yang sama tetapi menggunakan terminologi yang berbeda. Di bawah ini adalah daftar tujuh jenis mesin milling yang populer digunakan:

  1. Column Milling Machine

    Ini adalah mesin penggilingan yang paling umum, yang memiliki 5 komponen dasar, Mereka adalah meja kerja, sadel, kepala, lutut, dan lengan atas. Dianggap sebagai jenis mesin paling sederhana, alat potongnya ditangguhkan secara vertikal untuk memungkinkan pengeboran logam. Ini biasanya digunakan ketika membuat bagian-bagian mobil karena kecil dan praktis.

  2. Turret Milling Machine

    Mesin tipe column ini juga dikenal sebagai tipe Bridgeport dan dapat diposisikan ulang kapan saja Anda ingin menjadikan mesin ini sangat fungsional. Fleksibilitasnya membuatnya lebih praktis karena berbagai produk dapat dibuat selain suku cadang mobil.

  3. C-frame Milling Machine

    Karena lebih kokoh daripada menara, jenis ini populer di pengaturan industri. Itu datang dengan motor hidrolik, yang membuatnya sangat kuat.

  4. Horisontal Milling Machine

    Mesin ini berjalan sejajar dengan tanah. Tabel dari mana objek yang akan dikerjakan ditempatkan bergerak ke samping sementara perangkat pemotong naik dan turun.

  5. Bed Type Milling Machine

    Meja kerja terletak di tempat tidur itu sendiri, bukannya ditempatkan di atas, posisi yang biasa. Bagian lutut alat berat dihilangkan untuk memungkinkan gerakan dalam arah memanjang.

  6. Planer-style Milling Machine

    Jenis mesin ini pada dasarnya sama dengan bed mill. Namun, gaya perencana termasuk pemotong dan kepala yang memungkinkan untuk berbagai tindakan penggilingan.

  7. Tracer controlled Milling Machine

    Jenis mesin ini memiliki kemampuan untuk mereproduksi bagian berdasarkan pada model utama. Sebagian besar sektor industri, terutama industri otomotif, memilih jenis mesin ini karena membuat produksi dan spesialisasi bagian-bagian mesin lebih mudah.

Dengan klasifikasi mesin penggilingan yang luas, Anda harus memilih yang Anda butuhkan sesuai dengan keinginan Anda untuk menggunakannya. Mesin penggilingan datang dalam berbagai jenis dengan berbagai fungsi berdasarkan spesifikasi standar tertentu. Beberapa mesin yang paling umum digunakan adalah sebagai berikut: kolom, turret, C-frame, horisontal, jenis tempat tidur, Planer-Style, dan Tracer dikontrol.

Namun jika Anda merasa sulit untuk memutuskan, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Jika Anda berminat untuk membeli mesin milling ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 13, 2020 @ 9:50 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: