Manajemen Industrial hygiene di workshop itu apa manfaatnya?

Apapun bentuk industrinya, tentu mempekerjakan sejumlah orang yang memiliki latar-belakang keahlian yang berbeda dan pemahaman yang berbeda pula tentang kebersihan lingkungan kerja. Oleh sebab itulah setiap badan usaha memang diwajibkan memiliki panduan sistem operasional yang mengatur proses kerja di lapangan.

Apakah Anda memiliki ahli kesehatan industri di tim Anda atau Anda harus menyewa perusahaan luar untuk penilaian? Pemahaman tentang ahli kesehatan industri akan memungkinkan Anda untuk mengetahui yang lebih dalam tentang masalah kesehatan dan keselamatan potensial.

APA ITU INDUSTRIAL HIGIENE?

Industrial Higiene merupakan ilmu manajemen keselamatan kerja yang fokus pada antisipasi, rekognisi, evaluasi dan pengendalian terhadap faktor-faktor lingkungan kerja atau stres yang timbul di atau dari tempat kerja yang dapat menyebabkan sakit atau gangguan kesehatan dan kesejahteraan atau ketidaknyamanan pada pekerja maupun masyarakat.

MENGAPA INDUSTRIAL HIGIENE WAJIB?

Pemerintah memang berupaya meningkatkan daya saing industri nasional, salah satunya dengan mengembangkan berbagai metode pengawasan dan penerapan standar dari keselamatan kerja hingga standar kesehatan lingkungan kerja.

Perusahaan dan kontraktor di lapangan workshopnya juga bertanggung jawab atas keseluruhan kesehatan dan keselamatan pekerja yang mereka pekerjakan, dari pekerja gudang hingga suite eksekutif di meja mereka. Menjaga karyawan agar tetap aman dan sehat memerlukan pengetahuan tentang kebersihan industri, yang merupakan ilmu yang didedikasikan untuk antisipasi, pengakuan, evaluasi, komunikasi, dan pengendalian stresor lingkungan di tempat kerja yang dapat mengakibatkan cedera, sakit, gangguan, atau memengaruhi kesejahteraan karyawan. pekerja dan anggota masyarakat.

Karena ahli kebersihan industri dilatih untuk mengevaluasi masalah keselamatan dan menemukan solusi untuk masalah, sangatlah penting bahwa manajer di semua tingkatan dan lintas fungsi dapat bekerja secara efektif dengan dan mengelola ahli kesehatan industri. Selain itu, setelah ahli kebersihan industri merekomendasikan tindakan untuk memperbaiki masalah yang nyata atau potensial, Anda akan menjadi orang yang bertanggung jawab untuk memastikannya diimplementasikan di tempat kerja Anda. Ruang Lingkup Higiene Industri adalah :

1. Antisipasi

Merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memprediksi kemungkinan atau potensi-potensi bahaya yang ada di tempat kerja khusunya bahaya kesehatan kerja

2. Rekognisi

Merupakan serangkaian kegiatan dalam mengenali dan mengukur semua faktor-faktor lingkungan kerja agar diperoleh suatu metoda yang logis sistematis untuk memungkinkan suatu masalah dievaluasi secara obyektif

3. Evaluasi

Merupakan kegiatan dalam melakukan analisa terhadap hasil rekognisi sehingga dapat ditentukan apakah suatu lingkungan kerja itu berbahaya atau tidak terhadap pekerja dengan membandingkan dengan batasan-batasan yang telah ditentukan (NAB, dll).

4. Pengendalian

Merupakan serangkaian kegiatan dalam mengendalikan bahaya di tempat kerja agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan bagi pekerja. Adapun Bahaya-bahaya ditempat kerja adalah:

a. Bahaya Fisika, seperti iklim kerja panas, kebisingan, getaran, pencahayaan

b. Bahaya kimia seperti Asam kuat, basa kuat, Logam berbahaya (As,Pb,Hg), serat asbes dll.

c. Bahaya Biologi, seperti jamur, bakteri, dll.

d. Bahaya Ergonomi, seperti posisi tubuh yang tidak tepat saat mengoperasikan mesin kerja maupun mengangkat perkakas Metalworking.

MANFAAT INDUSTRIAL HIGIENE

Dengan menggabungkan prinsip-prinsip kebersihan industri di awal proses perencanaan dan mampu mengenali masalah potensial sebelum meningkat, akan membantu memastikan kesehatan dan keselamatan pekerja Anda. Bagi pelaku industri hal ini tentu bermanfaat dalam mengelola paparan perusahaan Anda terhadap risiko dan kewajiban potensial. Perusahaan juga bisa membatasi tanggung jawab dan menghindari resiko hukum dari peristiwa yang tidak diinginkan seperti kecelakaan kerja dan resiko penuntutan dari serikat pekerja itu sendiri.

Pemerintah Indonesia juga memiliki Instrumen khusus yang mengatur standar alat kerja dan pendukungnya yang sesuai dengan program Industrial Higiene. Salah satunya dengan memaksa produk tersebut memiliki penerbitan Standar Nasional Indonesia (SNI). Selain sebagai alat pengendali yang bermanfaat dalam menjaga keselamatan kerja, penerapan SNI juga mengembalikan aturan pemeriksaan produk impor dari post-border ke border, menaikkan tarif Most Favored Nation untuk komoditas strategis, serta menaikkan implementasi trade remedies.

Pemanfaatan berbagai instrumen tersebut memerlukan dukungan dari berbagai stakeholder, baik dari pelaku industri sendiri maupun dari kementerian dan lembaga lainnya.

KESIMPULAN

Metalextra menawarkan beragam solusi cerdas industri presisi dari alat ukur, inpeksi hingga mesin kerja. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal.

Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] 

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Desember 29, 2019 @ 8:32 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!