Beda Gergaji serkel metal vs General Purpose/Kayu apa?

Ada banyak merek dan standar industri penggergajian material. Pada umumnya secara fungsional, gergaji digunakan untuk mengolah material awal sesuai dengan mesin dan kualitas permukaan yang diinginkan. Mata gergaji serkel hanya dapat memotong ke arah aksial dan tergantung dari mata gigi gergajinya.

Tetapi perlu diingat bahwa ada jenis mesin gergaji serkel dan beberapa standar ukuran pisau gergaji serkel tentu tidak mampu memotong material logam secara aksial dengan rapi karena berbeda fungs serta parameter operasionalnya. Dalam artikel kali ini kami coba berbagi pengetahuan, mengapa gergaji logam lebih cocok untuk berbagai kegunaan.

Mengapa pisau mesin gergaji serkel logam berbeda dengan gergaji serkel umum?

Gergaji bundar circular saw atau biasa lebih dikenal Serkel merupakan alat kerja gergaji mesin untuk memotong banyak bahan seperti kayu, batu, plastik, atau logam dan dapat dipegang dengan tangan atau dipasang ke mesin. Dalam pertukangan kayu, istilah “Gergaji Serkel” merujuk secara khusus pada jenis genggam dan gergaji meja planning yang memilki guige dan ragum sendiri.

Secara umum pisau dari gergaji general purpise dan gergaji serkel metal memang terbuat dari material inti baja High Speed Steel atau HSS, tentu setiap merek berbeda kandungan materialnya. Dari sisi mesin juga jeni motor dan kecepatan mesin serta model dari tipe dudukan arbor serta geometri dari gigi tajam di Bilah gergaji serkel dirancang khusus untuk setiap bahan khusus yang dimaksudkan. Misalnya, untuk dipotong dan pada pemotongan kayu dirancang khusus untuk membuat potongan-potongan, potongan-potongan silang, atau kombinasi keduanya. Gergaji bundar umumnya ditenagai oleh listrik, tetapi dapat ditenagai oleh mesin bensin atau motor hidrolik yang memungkinkannya diikatkan ke alat berat, sehingga tidak memerlukan sumber energi yang terpisah.

Gergaji Serkel atau circular saw umum dengan model genggam adalah gergaji bundar paling konvensional dan paling murah

Mengapa Gergaji Serkel Pemotong Logam lebih mahal dari Gergaji serkel biasa?

Mungkin Anda sedang mencari dan melihat gergaji serkel baru di pasaran dan mulai bertanya-tanya, “Hei! Saya memiliki gergaji serkel circular saw biasa, mengapa menggunakan gergaji pemotong logam ketika gergaji pembingkaian melakukan pekerjaan yang sama? Tidak bisakah saya menampar bilah logam pada gergaji itu dan mendapatkan hasil yang sama? “

Ini pertanyaan yang wajar dan sebenarnya, Anda bisa melakukannya. Banyak produsen membuat pisau pemotong logam 7-1 / 4-inci yang sesuai dengan gergaji serkel circular saw standar.

Melihat sedikit lebih dekat pada gergaji pemotong logam mungkin memberi kita wawasan tentang mengapa merek gergaji ternama seperti Bosch, Milwaukee, Makita, dan beragam merek Taiwan lainnya telah menciptakan alat khusus untuk memotong logam.

CONTOH PERBANDINGAN

Gergaji bundar M18 Fuel 7-1 / 4-inci Milwaukee memiliki RPM 5.000 tanpa beban sedangkan gergaji pemotong logam baru mereka mencapai 3.900. Bahkan itu naik dari 3600 RPM model sebelumnya. Makita menawarkan kecepatan yang sama dalam model 18V LXT Brushless mereka. Kecepatan bilah dari framing pemotongan kayu jauh melebihi kecepatan pemotongan gigi karbida yang direkomendasikan dalam logam.

JENIS BILAH PISAU BLADE

Mata gergaji serkel ini memang dijual dalam standar Amerika/imperial dan standar ISO/metric dengan beragam jenis diameter arbor sesuai mesin potongnya. Di Amerika Serikat sendiri walaupun masih menggunakan ukuran imperial inch, metrik juga sudah tersedia karena ada beberapa standar mata potong endmill yang memenuhi syarat ukuran imperial maupun metrik, akan tetapi hanya digunakan di beberapa pabrik mesin dan industri minyak dan gas bumi seperti di arab, kanada, karena kedekatan negara itu dengan AS, banyak hal yang sama dibelahan dunia pun berlaku sistem imperial. Sedangkan di Asia dan Eropa, diameter dan standar ukuran metrik adalah standar baku yang paling sering digunakan.

Tapi itu bukan keseluruhan cerita karena ukuran bilah juga berbeda. Tidak hanya gergaji pemotong logam berputar pada RPM yang lebih rendah, tetapi mereka menggunakan bilah yang lebih kecil. Gigi berputar secara signifikan lebih lambat daripada RPM yang lebih tinggi, gergaji bundar berbilah lebih besar. Ini mengingatkan saya pada artikel kecepatan bit router yang kami tulis beberapa waktu lalu.

Bilah gergaji pemotong logam standar biasanya jatuh ke ukuran bilah 5-3 / 8-inci. Namun, sekarang, Milwaukee dan Makita membuat gergaji 5-7 / 8-inci. Itu penting karena memungkinkan untuk memotong satu saluran di saluran 2 inci. Namun, masih hampir 1-1 / 2 inci pendek dari pisau gergaji framing ukuran standar 7-1 / 4 inci.

Gergaji pemotong pipa biasanya menggunakan mesin Flycut yang ukurannya besar dan sangat cepat putaran mesinnya.

STRUKTUR & RANGKA MESIN

Memotong logam menyajikan tugas yang lebih sulit daripada memotong kayu. Memotong logam lebih mirip abrasi daripada memotong partikel material yang besar. Bilah 7-1 / 4-inci menciptakan banyak percikan ketika mereka memotong logam dengan kecepatan tinggi. Itu sama dengan pecahan logam panas yang beterbangan dan menyala-nyala yang cepat aus dengan pisau. Gergaji logam memiliki desain yang memungkinkan mereka mengumpulkan atau membelokkan pecahan itu lebih baik daripada gergaji pembingkaian berbingkai. Akhirnya, tetapi lebih umum, rumah terbuka gergaji pemotong kayu tradisional mungkin tidak melindungi terhadap penumpukan serpihan logam. Gergaji pemotong logam biasanya memiliki rumah tertutup untuk tujuan itu.

Tip Keamanan: Selalu pastikan peringkat RPM blade berada di dalam peringkat RPM gergaji. Ini juga berlaku untuk gergaji pemotong logam.

PERHATIKAN FITUR

Gergaji pemotong logam berbeda dari gergaji bundar standar dengan cara berikut:

  • Turunkan RPM untuk memotong logam lebih efisien

  • Kolektor serpihan opsional untuk menangkap serutan logam (beberapa model)

  • Ukuran blade yang lebih kecil semakin mengurangi RPM dan memungkinkan kontrol yang lebih besar

  • Rumah casingnya biasa tertutup untuk mengontrol potongan serpihan dengan lebih baik dan aman

KESIMPULAN

Secara umum memang, Gergaji potong dari beragam merek mata pisau dari gergaji bundar nampaknya mirip, namun tentunya memiliki keistimewaan tersendiri. Jadi mengapa menggunakan gergaji pemotong logam bukan gergaji bundar yang normal?

  • Rumah motor tertutup

  • Ejeksi / pengumpulan / defleksi hot chip

  • Kecepatan dan ukuran blade yang tepat

  • Hanya bukan ide yang baik untuk menggunakan gergaji pemotong kayu untuk memotong logam. Stick dengan gergaji bundar yang dirancang untuk setiap tugas tertentu, dan jangan takut untuk menggunakan gergaji pemotong logam yang dijalin jika model tanpa kabel terlalu keras pada anggaran Anda. Anda tidak ingin membakar gergaji bundar Anda dan membiarkan diri Anda tanpa alat untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Seperti banyak orang lain, ini pelajaran yang mahal untuk dipelajari.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja cutting tool asli profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Agustus 10, 2019 @ 12:05 am

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!