Holder cutting tool bisa dirawat dengan 10 tips praktis

Holder cutting tool merupakan adapter yang menjepit beragam diameter cutting tool se[erti pisau frais endmil, mata bor maupun reamer dan fly-cut frais yang beragam spesifikasinya. Kinerja Holder pemegang cutting tool alat yang terjamin kualitasnya tentu bisa menjamin hasil kerja yang presisi dalam situasi permesinan dan kecepatan milling yang berbeda. Efisiensi dalam permesinan dan penggunaan holder yang tepat mampu meningkatkan umur ekonomis masa pakai alat, mengurangi waktu pemesinan, lebih sedikit coolant dan biaya beban listrik yang diperlukan untuk suatu pekerjaan. Namun, sangat penting untuk memiliki mesin dan perangkat lunak yang mampu mengerjakan dengan kecepatan dan umpan feed tinggi serta laju umpan yang terus berubah untuk menghindari kegagalan alat endmil yang kritis. 

Dalam artikel ini, kami menjabarkan tips yang bisa anda gunakan secara praktis dalam mengoperasikan dan merawat holder cutting tool;

1. Holder sudah diuji keseimbangannya saat dirakit lengkap

Tool holder merupakan pemegang alat potong yang menghubungan spindel pemutar dari mesin ke cutting tool seperti end mill maupun drill, reamer dan cutting tool lainnya. Keberhasilan dalam pengerjaan proses milling material logam memang dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk peralatan mesin yang berkualitas tinggi, pemahaman input kode G bila mesin CNC, dan penyetelan holder alat pemotong untuk mencapai kinerja tinggi.

Anda sebaiknya menguji keseimbangan holder secara berkala, bisa menggunakan alat ukur seperti Dial lever indicator dan pengukur torsi jepit. Namun jika anda tidak memiliki waktu, mungkin proses kalibrasi berkala bisa dilakukan oleh vendor lain. Kalibrasi yang rutin mungkin cara yang bisa dilakukan.

Penggilingan jangkauan panjang memiliki beberapa kriteria unik; saat menyiapkan jenis pekerjaan ini, selalu seimbangkan Holder pemegang cutting tool alat sebagai perakitan lengkap. Meskipun banyak penyedia perkakas melakukan pra-keseimbangan Holder pemegang cutting toolnya di pabrik, seringkali itu tidak memadai, terutama untuk aplikasi jarak jauh.

Collet ulir eksternal tipe-W (merah) ditarik ke dudukan spindelnya (hijau) dengan drawbar (biru), menjepit, memutar dan kemudian melepaskan poros sehingga cutting tool bisa terjepit erat.

2. Kerusakan Holder pemegang cutting tool bisa berubah dari buruk menjadi lebih buruk dengan cepat

Secara umum ada empat persyaratan penting agar Holder pemegang cutting tool bisa digunakan dengan hasil yang presisi, yaitu; Kemampuan gaya penjepit, konsentrisitas saat menjepit, kekakuan, dan keseimbangan untuk kecepatan spindel tinggi. Jika faktor-faktor ini disesuaikan dengan benar, hampir tidak ada kemungkinan kesalahan dalam penggunaan Holder cutting tool dan pengurangan biaya yang cukup besar dicapai berkat masa pakai alat yang lebih lama dan pengurangan waktu henti karena penggantian alat.

Keausan pada Holder pemegang cutting tool bisa mahal pada akhirnya, tetapi ada cara untuk melindunginya. Periksa dan rawat Holder pemegang cutting tool Anda. Trauma pada dudukan atau spindel — bantingan, goresan, cungkil, dll — dapat membesar dengan cepat. Seorang Holder pemegang cutting tool yang buruk dapat menyebarkan masalahnya seperti penyakit. Jika Anda melihat gangguan seperti ini pada Holder pemegang cutting tool Anda, keluarkan dari rotasi.

3. Aturan praktis tentang dimensi dudukan

Mencari cara terjangkau untuk menghindari getaran? Mulailah dengan memilih dudukan dengan kombinasi diameter terbesar dan panjang sesingkat mungkin.

4. Kekakuan dapat membahayakan operasi permesinan tapping

Yang tidak disadari banyak orang tentang operasi penyadapan adalah bahwa kekuatan yang dirasakan dari collet chuck — kekakuannya — sebenarnya dapat merugikan. Saat pisau tapping digunakan untuk membuat ulir fastener, tentunya spindel menggunakan kecepatan rendah yang menghasilkan torsi mesin yang tinggi dan getaran yang lebih konstan dibandingkan dengan kecepatan tinggi. Kekakuan holder justru tidak banyak membantu untuk mengatasi beban dorong dramatis yang dikenakan pada tap dan bagian yang digerus sangat sulit untuk mengatasi stop / reverse dan mempertahankan sinkronisasi.

Dimensi holder yang lebih tebal tentu lebih baik dalam menyerap getaran dan torsi dari mesin yang berputar dengan kecepatan rendah. Jika anda ingin kecepatan tinggi pada pengoperasian milling maupun pengeboran biasa, maka sebaiknya gunakan holder tipe Shrink-fit yang tipis saja.

5. Penyeimbangan sangat penting untuk pemesinan lima sumbu

Pemesinan lima sumbu memperkenalkan serangkaian tantangan perkakas yang benar-benar baru. Meskipun penting dalam semua jenis mesin, keseimbangan mungkin paling penting dalam pekerjaan lima sumbu penuh. Dudukan yang seimbang membantu memastikan ujung tajam end mill harus secara konsisten terhubung dengan material untuk mencegah obrolan dan kualitas permukaan akhir yang buruk.

6. Pertimbangkan persyaratan kecepatan spindel saat memilih antara shrink-fit dan hydraulic holder

Jika Anda harus memilih antara shrink-fit dan dudukan hidraulik dalam aplikasi jangkauan panjang, pertimbangkan kecepatan spindel yang diperlukan. Jika chuck hidrolik melebihi RPM tetapannya, fluida ditarik menjauh dari kelenjar pegangan internal dudukan, menyebabkan hilangnya gaya penjepit. Namun bila digunakan dalam rentang operasi yang direkomendasikan, dudukan alat hidraulik menawarkan runout dan pengulangan yang unggul. Rata-rata, dudukan shrink-fit yang baik memiliki runout sekitar 0,0003 inci, sementara chuck hidrolik menawarkan 0,0001 inci atau lebih baik.

7. Jangan mengabaikan efek kebersihan alat pada kinerja Holder pemegang cutting tool

Alat pemotong memengaruhi kemampuan menahan lebih dari yang disadari oleh sebagian besar masinis dan insinyur.

Shank yang dipoles mengurangi gesekan, seperti halnya kebersihannya. Keberadaan Oli dan pendingin justru mengurangi daya cengkeraman.

Kebulatan cutter shank sering dianggap cukup dekat untuk diabaikan, tetapi kenyataannya, toleransi 25 juta diperlukan untuk performa kecepatan tinggi.

8. Tidak semua perkakas kontak ganda sama

Siapapun di pasar untuk perkakas kontak ganda BIG-PLUS harus mempertimbangkan pernyataan sederhana ini: Hanya pemasok berlisensi BIG-PLUS yang memiliki pengukur utama yang dapat dilacak ke pengukur master besar BESAR dan memiliki dimensi serta toleransi yang diberikan untuk membuat Holder pemegang cutting tool yang benar. Semua orang menebak-nebak dan menggunakan sampel Holder pemegang cutting tool alat BIG-PLUS sebagai pengukur utama mereka — praktik yang akan ditolak oleh pakar kualitas mana pun.

sistem kontak ganda simultan yang memastikan kekakuan yang jauh lebih tinggi melalui kontak yang sangat erat tidak hanya antara spindel BIG-PLUS® dan lancip dudukan alat BIG-PLUS® tetapi juga antara permukaan flensa dudukan alat BIG-PLUS® dan Wajah spindel BIG-PLUS®. Untuk mencapai kontak ultra-presisi ini, 100+ pembuat spindel yang dilisensikan oleh BIG Daishowa di seluruh dunia telah berkomitmen untuk menggunakan pengukur spindel utama dan perangkat pengukur yang diproduksi dan dikendalikan oleh BIG Daishowa.

9. Menggunakan Holder dari merek yang terjamin dan sudah terbukti handal

Tidak semua manufaktur memiliki kualitas yang sama. Anda akan terkejut betapa seringnya kami mendengar dari penyesalan atau teknisi tersertifikasi kami di lapangan tentang orang-orang yang tidak menyadari mesin mereka memiliki spindel BT-40 tipe hydraulic atau tipe mekanis.

Misalnya pada produk DAISHOWA dengan seri lisensi BIG-PLUS, Sistem spindel BIG-PLUS® * diadopsi oleh sejumlah besar pusat permesinan dan banyak pembuat perkakas mesin telah mengenali sistem ini karena kinerjanya yang luar biasa. BIG-PLUS memiliki sistem kontak ganda yang memberikan kontak lancip dan flensa saat pemegang alat dijepit ke dalam spindel.ada cara termudah untuk mengetahui apakah suatu antarmuka adalah tipe holder BIG-PLUS dengan menempatkan pahat standar ke dalam spindel dan melihat berapa banyak celah yang ada antara permukaan flensa dudukan pahat dan permukaan spindel. Tanpa BIG-PLUS, celah standar harus terlihat, atau sekitar 0,12 inci. Jika BIG-PLUS, jaraknya setengah dari jumlah ini, atau hanya 0,06 inci. Nilai-nilai ini berubah tergantung pada tipe geometrinya yang 30 lancip, 40 lancip atau 50 lancip ukuran, tetapi jaraknya terlihat lebih kecil dari biasanya.

10. Gunakan offset positif selama penyetelan dudukan

Mengecek holder utuh di setiap proses penyetelan mesin untuk membuat offset pahat negatif berdasarkan permukaan titik-nol — catok, meja mesin, benda kerja, dll — bukanlah proses yang paling efisien. Menurut kami pilihannya cukup jelas: mengadaptasi mesin ke presetter tunggal sehingga mereka dapat menerima panjang pengukuran positif lebih baik daripada menggunakan semua jenis offset negatif khusus mesin.

Memang proses penyetelan membutuhkan pengalaman dari teknisinya. Namun langkah yang sederhana ini berbiaya rendah untuk memperkenalkan lebih banyak standarisasi penyiapan dudukan ke lantai bengkel workshop.

Holder pemegang cutting tool merupakan adaptor jembatan antara mesin dan komponen. Tentu saja perawatan yang baik berawal dari pemahaman dalam cara penggunaan yang tepat untuk memilih, memasang, merawat, dan menggunakan Holder pemegang cutting tool dengan hati-hati.

ER collet memang didesain menahan cutting tool hingga diameter 1mm lebih kecil dari ukuran internal collet nominal di sebagian besar seri (hingga 2mm lebih kecil di ER-50, dan 0,5mm dalam ukuran lebih kecil) dan tersedia dalam langkah 1mm atau 0,5mm.

Cara dan teknik penyetelan juga harus disesuaikan dengan tipe chuck colletnya. Meskipun ada beberapa jenis collet, collet ER adalah standar emas dalam hal sistem penjepitan. Dikembangkan oleh Rego-Fix dan dipatenkan pada tahun 1973, collet ER diproduksi dan digunakan di seluruh dunia sebagai salah satu sistem penjepitan paling tepercaya. Er collet chuck memperoleh namanya dengan menggabungkan E-collet yang sudah mapan dengan huruf pertama dari merek pengembangan – Rego-Fix. Collet ini hadir dalam seri standar ER-8 hingga ER-50 dengan masing-masing nomor seri merujuk ke lubang ukuran diameter meruncing dalam milimeter. Berikut ini manfaat tipe collet ER:

  • Sistem ER Collet termasuk pemegang alat Bersertifikat Techniks dan collet presisi, yang digunakan dengan mur Power Coat. Collet dan collet set tersedia dari ER8 hingga ER40. Pemegang alat tersedia untuk spindel CAT, BT, HSK, dan ISO.

  • Cocok untuk aplikasi ulir tapping, mesin tapping mengambang, atau collet ER fast changing untuk mengubah ER chuck menjadi chuck tapping.

  • Untuk aplikasi milling yang membutuhkan pendinginan, ER Collet tipe collet pendingin atau through coolant bisa digunakan untuk memberikan pendingin bertekanan tinggi tanpa perlu pendingin mahal melalui alat pemotong.

Sementara desain yang dirubah memungkinkan untuk penggunaan penjepit yang lebih luas dan kenyamanan, desain geometri dan pegas membuat collet ER hanya berguna untuk bagian silinder, yang berarti bahwa potongan persegi dan heksagonal masih memerlukan collet khusus, seperti 5C. Namun, terlepas dari kekurangan desain silinder, sistem collet ini masih diterima secara luas sebagai sistem collet chuck yang paling fleksibel.

Collet chuck akan awet bila dirawat dengan baik dan mudah diubah ke ukuran shank yang berbeda dengan collet yang berbeda pula. keseimbangan dan kehabisan yang baik harus dapat dicapai dengan alat apa pun. kekakuan & kekuatan mencengkeram collet chuck dapat berkurang karena usia collet dan / atau slot dudukan saku penjepitnya sudah kendor, retak atau keropos dan rusak. Jaga kebersihannya dan jangan mengencangkan diluar ketentuan pabrikan.

Masih bingung bedanya? Berikut ini keluarga besar platform holder chuck dan collet yang umum digunakan di Indonesia saat ini:

KESIMPULAN

Secara konsep memang nampaknya lebih mudah diucapkan daripada dikerjakan, namun, keawetan dari holder juga tegantung dari 4 faktor spesifikasi; gaya penjepit, konsentrisitas saat menjepit, kekakuan, dan keseimbangan untuk kecepatan spindel tinggi. Jika faktor-faktor ini disesuaikan dengan benar, hampir tidak ada kemungkinan kesalahan dalam penggunaan Holder cutting tool dan pengurangan biaya yang cukup besar dicapai berkat masa pakai alat yang lebih lama dan pengurangan waktu henti karena penggantian alat.

Tim spesialis kami telah bekerja tanpa lelah untuk menemukan alat kerja terbaik sehingga pelanggan kami bisa tenang mengetahui bahwa mereka memiliki alat terbaik mutlak untuk pekerjaan operasional milling pada beragam pengolahan logam presisi.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d bloggers like this:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!