Kelembapan atau humidity itu apa?

Panas dan kelembapan bisa beresiko bagi keselamatan kerja dan diri maupun bisa merusak proses produksi. Kelembapan juga bisa mengancam kondisi kesehatan maupun lingkungan kerja dengan paparan listrik maupun zat cair dan organik. Lalu apa sih kelembapan itu?

KELEMBABAN UDARA ITU APA

Kelembaban udara pada dasarnya merupakan tingkat ukuran kandungan uap air berupa gas di udara. Kelembaban merupakan jumlah uap air di udara. Penyebab kelembapan merupakan air yang menguap dan berubah menjadi tetesan kecil yang melayang di udara. Tetesannya sangat kecil sehingga memiliki karakteristik gas, bukan cairan.

Kelembaban Relatif (RH) merupakan ukuran seberapa jenuh udara pada suhu saat ini. Karena udara hangat dapat “menahan” lebih banyak uap air daripada udara dingin, RH udara hangat akan lebih rendah daripada udara dingin, bahkan dengan jumlah uap air yang sama.

Tingkat kelembapan juga sangat mempengaruhi kenyamanan dan kualitas untuk lingkungan kerja maupun dalam ruang kamar dan pengaturan industri maupun lingkungan. Ketika kelembaban relatif tinggi, udara terasa lembab dan lengket. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa udara yang kerapatan tinggi terasa seperti saat panas setelah hujan musim panas atau saat matahari terbit dan mulai menguapkan air di pagi hari. Udara kemudian menjadi lebih jenuh dengan uap air. Udara yang dimaksud dapat diartikan sebagai udara dalam ruangan atau udara di atmosfer.

Jumlah uap air di atmosfer hanya 2 persen dari total massa atmosfer. Jumlah tersebut relatif kecil jika dibandingkan dengan gas lainnya. Namun, jumlah ini juga tidak selalu konstan dan tetap, karena terkadang kelembapan udara berkisar antara nol hingga lima persen untuk suatu daerah tertentu.

Untuk mengamati kondisi ruangan, INSIZE 0312 mempermudah proses pengawasan dan memberikan indikasi cepat tentang keadaan humidity atau kelembapan ruangan.

ALAT UKUR KELEMBAPAN ATAU HUMIDITY APA SAJA?

Pengukuran kelembapan yang seakurat mungkin sangat penting di seluruh industri. Alat mengukur kelembapan udara dikenal dengan nama hygrometer atau psychrometer. Alat ukur ini dapat mengetahui jumlah uap air di atmosfer, meskipun ukurannya sangat kecil. Hygrometer terdiri dari dua termometer serupa. Bohlam salah satu termometer tetap basah (melalui sumbu kain tipis yang basah) sehingga pendinginan yang dihasilkan dari penguapan membuatnya mencatat suhu yang lebih rendah daripada termometer bola kering.

Jika atmosfer memiliki kandungan uap air yang tinggi, kemungkinan akan menghasilkan hujan jika dilingkungan luar ruang dan embun jika didalam ruang tertutup. Karena adanya uap air di atmosfer bisa menjadi pertanda akan turunnya hujan di lingkup lingkungan tertentu.

Saat Anda memahami prinsip dasar uap air dan udara, cara mengukur kelembapan adalah proses yang sederhana. Dinyatakan sebagai Kelembaban Relatif, penentuan dan monitoring tentu membutuhkan pengukuran uap air dan suhu. Hygrometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kelembaban. Higrometer hadir dalam versi analog dan digital, tetapi higrometer digital modern lebih akurat, jadi ini yang paling umum digunakan saat ini.

KENAPA ALAT UKUR SUHU DAN KELEMBAPAN DIPERLUKAN?

Suhu merupakan besaran skala yang menyatakan derajat panas dingin suatu benda dan alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah termometer. Sedangkan kelembaban merupakan suatu tingkat keadaan lingkungan udara basah yang disebabkan oleh adanya uap air.

Karena tingkat kejenuhan dalam ruang dan sirkulasi udara juga sangat dipengaruhi oleh temperatur, maka dibutuhkan dua sensor ukur suhu dan kelembapan. Saat RH mencapai 100%, maka ruangan tentu mulai mengembun dan buliran air pun muncul yang kemudian memicu pertumbuhan spora lumut maupun bakteri dan jamur yang ada di lingkungan sekitar.

Menghabiskan waktu di lingkungan yang terlalu lembap justru bisa membuat Anda sakit, terutama akibat infeksi saluran pernapasan. Bakteri dan virus penyebab penyakit berkembang biak dan tumbuh di udara dengan kelembapan relatif di atas 60 persen. Saat lingkungan kerja dan ruang rumah Anda mencapai tingkat kelembapan ideal antara 40% dan 60%, masalah kesehatan seperti alergi dan gejala asma, pertumbuhan bakteri, prevalensi virus, dan infeksi pernapasan berkurang. Disarankan untuk menjaga tingkat kelembapan ideal rungan kerja Anda sepanjang tahun.

Baik untuk keselamatan atau persiapan material, suhu lingkungan menjadi perhatian yang berkembang bagi konsumen di seluruh dunia. Kelembapan yang tinggi dapat berarti sudah waktunya untuk mematikan AC dan kipas angin agar tetap dingin, dan itu juga dapat berarti kerusakan atau pembusukan produk dalam lingkungan industri.

Thermoter dengan mekanisme tak sentuh seperti INSIZE 9120 mempermudah pengukuran suhu dengan cepat dan nyaman seperti saat proses pengecoran semen panas maupun saat pelapisan aspal dan proses furnace maupun sintering pada logam.

APA PERBEDAAN ANTARA HYGROMETER DAN PSYCHROMETER?

Pada kenyataannya, secara metode kerjanya, hampir tidak ada perbedaan antara higrometer dan psikrometer. Psikrometer bergantung pada metode klasik dan termurah untuk mengukur kelembapan. Namun, higrometer menggunakan pendekatan digital yang benar-benar baru. Dalam inovasi yang lebih baru, dikenala alat ukur Thermohygrometer yang menggunakan bukan hanya sensor digital dan roll grafik pencatat suhu, tetapi juga menggunakan teknologi Internet of things yang bisa digunakan untuk menghidupkan alarm dan mekanisme kipas ataupun pendingin ruang otomatis.

Tentu saja penggunaan higrometer atau psikrometer, prioritas penggunaannya tentu juga berbeda-beda. Jika anda ingin mengetahui tingkat kelembapan ruangan, tentu saja membutuhkan mesin indikator Thermohygrometer. Dengan memiliki mesin Thermohygrometerdigital, anda bisa atasi efek kelembapan ruang kerja dengan mengenakan pakaian tipis, mengenakan pakaian dan topi yang sesuai, minum banyak air, dan istirahat teratur. Tentu saja lingkungan kerja yang nyaman ini mempengaruhi tingkat keselamatan kerja dan konsentrasi bagi operator mesin.

Alat ukur suhu dan kelembapan yang terintegrasi dan tercatat secara digital serprti INSIZE 0311 memang populer karena bisa dikendalikan dengan lebih praktis. Fitur transfer data via Com port dan sensor internal bisa disesuaikan untuk ruang kerja laboratorium yang bersih maupun untuk kenyamanan ruang sesuai kebutuhan anda.

KESIMPULAN

Kelembaban diukur menggunakan hygrometer, alat yang memanfaatkan berbagai bahan dan pengukuran untuk mengukur tingkat uap air suatu ruangan atau ruangan. Untuk perusahaan yang lokasi kerjanya di iklim tropis yang hangat dan lembab, masalah dengan penyimpanan material dan kelembapan saat penggunaan ruang tertutup bisa sangat sulit untuk diatasi. Jika Anda butuh bantuan dan saran tentang alat ukur kelembapan atau humidity, silahkan hubungi kami melalui melalui email : sales@metalextra.com

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada13 Desember 2021 @ 12:10 PM

Tinggalkan Balasan

error: Alert: Content is protected!