Machining itu apa?

Pemesinan merupakan metode dan proses untuk mengukir bahan mentah apa saja ke dalam bentuk dan ukuran akhir yang diinginkan dengan alat cutting tool dan mesin pengukir bahan yang terkontrol. Proses pemindahan material terkontrol, secara kolektif dikenal sebagai manufaktur pengurangan, berbeda dari proses penambahan material terkontrol, yang dikenal sebagai manufaktur aditif. Bagian “yang dikendalikan” dapat bervariasi sesuai dengan penggunaan peralatan mesin (selain hanya perkakas listrik dan perkakas tangan).

SEJARAH AWAL MACHINING

Kebudayaan manusia memang bertumbuh dari kemampuannya dalam menggunakan alat kerja dengan hasil yang baik. Mesin membuat pekerjaan berat menjadi lebih ringan dan lebih produktif. Tingkat konsumsi machining dan machine tool juga menjadi indikator pertumbuhan industri yang berkaitan dengan kemajuan ekonomi suatu negara.

Arti yang tepat dari istilah pemesinan telah berkembang selama satu setengah abad terakhir seiring dengan kemajuan teknologi. Pada abad ke-18, kata masinis berarti orang yang membuat atau memperbaiki mesin. Pekerjaan orang ini sebagian besar dilakukan dengan tangan, menggunakan proses seperti ukiran kayu dan penempaan dengan peraltan hand tools serta pengolahan alat pertukangan mekanis dari logam. 

Mesin bubut logam pada awalnya berkembang dari meniru mesin bubut kayu.

Pada abad ke 18, para teknisi dan penemu mesin jenis baru seperti mesin uap, mesin bahan bakar Diesel maupun mesin bensin jenis apa pun telah menggerakan revolusi Industri yang pertama. Mesin uap seperti rancangan Pak James Watt atau mesin boring dan teknologi casting temuan Pak John Wilkinson telah sukses memperluas aplikasi Machining dan definisi metalworking tersebut. Alat mesin kata benda dan kata kerja untuk mesin (machined, machining) pun akhirnya masuk kedalam kamus besar bahasa Inggris.

Sekitar pertengahan abad ke-19, kata-kata terakhir diciptakan sebagai konsep yang mereka gambarkan berevolusi menjadi keberadaan luas. Oleh karena itu, selama Zaman Mesin, pemesinan mengacu pada (apa yang kita sebut sekarang) proses pemesinan “tradisional”, seperti memutar, membosankan, mengebor, menggerinda, menggergaji, menggergaji, membentuk, merencanakan, menyusun ulang, dan mengetuk. Dalam proses pemesinan “tradisional” atau “konvensional” ini, peralatan mesin, seperti mesin bubut, mesin giling, mesin bor, atau yang lainnya, digunakan dengan alat pemotong tajam untuk menghilangkan material untuk mencapai geometri yang diinginkan.

Sejak munculnya aplikasi dan penemuan teknologi baru di era pasca-Perang Dunia II, seperti permesinan miling bertenaga motor listrik, permesinan elektrokimia, permesinan berkas elektron, permesinan fotokimia, dan permesinan ultrasonik, retronim “permesinan konvensional” dapat digunakan untuk membedakan teknologi-teknologi klasik dari yang lebih baru. Dalam penggunaan saat ini, istilah “pemesinan” tanpa kualifikasi biasanya menyiratkan proses pemesinan tradisional.

Pada dekade 2000-an dan 2010-an, ketika manufaktur aditif (AM) berevolusi melampaui laboratorium sebelumnya dan konteks prototyping cepat dan mulai menjadi umum di semua fase manufaktur, istilah manufaktur subtraktif menjadi umum secara retronim dalam kontras logis dengan AM, yang mencakup dasarnya setiap proses pelepasan juga sebelumnya dicakup oleh istilah pemesinan.

Kedua istilah ini secara sinonim sama efektifnya, meskipun penggunaan istilah pemesinan yang sudah lama dilakukan masih berlanjut. Ini sebanding dengan gagasan bahwa kata kerja kontak berevolusi karena semakin banyaknya cara untuk menghubungi seseorang (telepon, email, WA, SMS, dan sebagainya) tetapi tidak sepenuhnya menggantikan istilah sebelumnya seperti panggilan, bicara dengan, atau menulis.

LINGKUP KERJA MACHINING

Proses permesinan tradisional, seperti turning pembubutan, boring pemboran, broaching pengeboran, milling penggilingan, sawing penggergajian, shaping pembentukan, perencanaan, reaming, dan tapping. Dalam proses pemesinan “tradisional” atau “konvensional” ini, peralatan mesin, seperti mesin bubut, mesin penggilingan, mesin bor, atau yang lainnya, digunakan dengan alat pemotong tajam untuk menghilangkan material untuk mencapai geometri yang diinginkan.

Pemesinan merupakan bagian integral dalam pembuatan produk logam, tetapi juga dapat digunakan pada bahan-bahan seperti kayu, plastik, keramik, dan komposit. Seseorang yang berspesialisasi dalam permesinan disebut masinis. Sebuah ruangan, bangunan, atau perusahaan tempat pemesinan dilakukan disebut toko mesin. Sebagian besar permesinan modern dilakukan oleh computer numerical control (CNC), di mana komputer digunakan untuk mengontrol pergerakan dan pengoperasian pabrik, mesin bubut, dan mesin pemotong lainnya.

JENIS MACHINING

Tiga proses pemesinan substraktif utama diklasifikasi sebagai bubut turning, pengeboran drilling, dan frais milling. Operasi lain termasuk dalam kategori aneka termasuk press brake, merencanakan, pengeboran boring, planning atau perataan dan menggergaji.

  • Operasi Turning adalah operasi bubut yang memutar benda kerja sebagai metode utama memindahkan logam terhadap pahat pemotong. Mesin bubut adalah alat mesin utama yang digunakan untuk memutar. Turning memutar benda kerja.

  • Operasi Milling merupakan metode pemahatan dan penggilingan yang dioperasikan dengan pisau pahat berputar untuk membawa ujung tombak pada benda kerja. Mesin milling adalah alat mesin utama yang digunakan dalam milling. Milling umumnya memutar Cutting Tool dan obyek kerja.

  • Pengeboran drilling merupakan operasi di mana lubang diproduksi atau disempurnakan dengan membawa pemotong berputar dengan ujung tombak pada ekstremitas bawah ke dalam kontak dengan benda kerja. Operasi pengeboran dilakukan terutama dalam mesin bor tetapi kadang-kadang pada mesin bubut atau pabrik.

  • Burnishing merupakan teknik pengolahan material dengan cara pembentukan dan penekanan sehingga memotong dimensi material tersebut.

  • Teknik pemesinan canggih termasuk pemesinan CNC presisi, pemesinan pelepasan listrik (EDM), erosi elektro-kimia (Etching), pemotongan laser, atau pemotongan jet air untuk membentuk benda kerja logam.

Adapula ragam operasi pemesinan lain yang bukan operasi yang menghasilkan swarf tetapi operasi ini dilakukan pada peralatan mesin yang khas. Burnishing adalah contoh operasi lain-lain. Burnishing tidak menghasilkan swarf tetapi dapat dilakukan di mesin bubut, penggilingan, atau bor.

Sebagai usaha komersial, pemesinan umumnya dilakukan di workshop, yang terdiri dari satu atau lebih ruang kerja yang berisi peralatan mesin utama. Meskipun ada pengusaha metalworking dapat beroperasi sendiri dengan perkakas yang komplit, tetapa saja ada banyak workshop yang memiliki spesialisasi tertentu yang lebih cocok, sehingga seringkali mereka lebih baik mengoper pekerjaan ke workshop lain.

teknnik operasional dari mesin bubut.

KESIMPULAN

Pemesinan membutuhkan keahlian dan perhatian pada banyak detail agar benda kerja memenuhi spesifikasi yang ditetapkan dalam gambar teknik atau cetak biru. Selain masalah yang jelas terkait dengan dimensi yang benar, ada masalah mencapai hasil akhir yang benar atau kehalusan permukaan pada benda kerja.

Hasil akhir finishing yang lebih kasar pada permukaan mesin benda kerja mungkin disebabkan oleh penggunaan ragum dan penjepitan yang tidak benar, pahat kurang presisi, atau penggunaan cutting tool pahat yang tidak tepat. Seringkali, permukaan akhir yang buruk atau chatter, bisa dibuktikan dengan hasil bergelombang atau tidak teratur, dan munculnya gelombang pada permukaan mesin dari benda kerja.

Di Metalextra, rencana kerja kami terlaksana karena kami mendengarkan, mengulas, dan menganalisis tantangan dari pelanggan kami. Spesialis kami akan memulai dengan menghabiskan waktu di lantai workshop Anda dan di laboratorium Anda. Kemudian, kami mencari solusi dan menemukan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Tim spesialis kami telah bekerja tanpa lelah untuk menemukan alat kerja terbaik sehingga pelanggan kami bisa tenang mengetahui bahwa mereka memiliki alat terbaik mutlak untuk pekerjaan operasional turning maupun pengolahan logam presisi. Dengan memperkenalkan produk-produk yang ditujukan pada posisi teratas pasar global, kami akan melanjutkan upaya kami untuk berkontribusi pada pembentukan masyarakat Indonesia yang makmur.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

britannica.com

Originally posted on Februari 4, 2020 @ 2:13 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!