Mitsubishi motor, sejarah perjuangan bisnis otomotif Jepang

Mitsubishi Group merupakan salah satu dari beberapa perusahaan Zaibatsu yang terbesar di Jepang. Divisi grup otomotifnya Mitsubishi motors merupakan salah satu perusahaan otomotif tertua di Jepang yang terus mengembangkan teknologinya sendiri. Sangatlah menarik untuk menyimak perusahaan yang menguasai banyak bidang dari awalnya yang sederhana sebagai jasa kurir, tambang, galangan kapal, perbankan, elektronik hingga otomotif. Namun, dibalik kesuksesan dan nama besar Mitsubishi juga ada masa kelam dan perjuangan usaha yang bisa kita pelajari. Dalam artikel ini kami memaparkan sejarah Mitsubishi motors berdasarkan referensi yang kami dapatkan dari berbagai sumber.

SEJARAH AWAL MITSUBISHI MOTORS JEPANG

Mitsubishi group awalnya didirikan pada tahun 1870 sebagai perusahaan transportasi logistik pengiriman paket antar kota. Mereka kemudian berkembang menjadi perusahaan galangan kapal dan transportasi tambang. Namun, mereka baru terpikir untuk membuat kendaraan mobil sampai 1917 ketika Mitsubishi Shipbuilding Co. Ltd. memproduksi Mitsubishi Model A. Mobil Mitsubishi ini merupakan mobil produksi seri pertama Jepang dan sedan tujuh kursi buatan tangan yang dibuat dengan lisensi Fiat Tipo 3, namun saat itu harganya lebih mahal dibandingkan dengan merek Eropa dan Amerika yang sudah produksi massal. Oleh karena itu, dihentikan pada tahun 1921 dan mereka hanya membangun 22 unit model ini.

Pada 1934, Mitsubishi Shipbuilding dan Mitsubishi Aircraft Co. bergabung untuk menciptakan Mitsubishi Heavy Industries. Sementara itu tim ahli Mitsubishi terus mengikuti perkembangan teknologi dunia barat untuk berkonsentrasi terutama pada pembuatan pesawat, kapal dan mesin, sampai akhirnya mereka mengembangkan mobil Mitsubishi  tipe PX33. Mobil Ini adalah tipe jip SUV prototipe untuk penggunaan militer. PX33 merupakan mobil penumpang buatan Jepang pertama dengan penggerak empat roda all wheel drive.

INDUSTRI MILITER MITSUBISHI

Selama Perang Dunia Kedua, semua industrialis Jepang dipaksa untuk berkontribusi dalam pergerakan militerisme. Mitsubishi akhirnya mampu memproduksi pesawat militer dan Mitsubishi A6M bagi pejuang angkatan laut utama Jepang. Orang sekutu barat dulu mengenal Mitsubishi Fighter sebagai pesawat kertas, namun sangat berbahaya karena pilotnya yang rela untuk bunuh diri. Mitsubishi A6M “Zero” merupakan pesawat tempur jarak jauh yang sebelumnya diproduksi oleh Mitsubishi Aircraft Company, bagian dari Mitsubishi Heavy Industries, dan dioperasikan oleh Angkatan Laut Kekaisaran Jepang dari tahun 1940 hingga 1945.

Mesin Mitsubishi A6M ditetapkan sebagai pesawat tempur pembawa Mitsubishi Type 0 , atau Mitsubishi A6M Rei-sen yang menunjukkan penguasaan teknologi Mitsubishi yang sejajar dengan dunia barat.

Saat masa perang, Mitsubishi memang memanfaatkan tenaga kerja paksa. Pekerja termasuk Tahanan Perang bersekutu asal Korea, Mongol serta warga negara Tiongkok. Selama periode pasca perang, Sekutu yang memenangkan perang memberikan kesempatan kepada negara yang penduduknya menderita kerja paksa untuk mengajukan tuntutan hukum terhadap Mitsubishi, dan pada 2015 Mitsubishi secara resmi meminta maaf atas kesalahan mereka semasa perang yang menggunakan kerja paksa di pabrik dan tambang mereka.

Setelah berakhirnya perang, Mitsubishi kembali membuat kendaraan untuk membangun Jepang yang porak-poranda. Mitsubishi mengembangkan kendaraan motor kargo roda tiga yang disebut Mizushima dan sebuah skuter dengan desain mirip Piaggio dari Italia, Silver Pigeon. Namun, konglomerat Mitsubishi yang dikendalikan keluarga ini diperintahkan untuk dibubarkan oleh kekuatan Sekutu Amerika serikat pada tahun 1950. Pada masa penjajahan Amerika Serikat, Mitsubishi Heavy Industries kemudian dibagi menjadi tiga perusahaan regional, Industri Berat Jepang Timur, Barat dan Tengah. Masing-masing mengembangkan unit mobil dan mesin tersendiri.

East Japan Heavy-Industries mulai mengimpor sedan murah Amerika di perlengkapan knockdown, merangkainya dan menjualnya selama durasi produksi. Central Japan-Heavy Industries memiliki kontrak serupa dengan Willys untuk merakit Jeep CJ-3B. Mitsubishi Jeep yang berlisensi terus tetap berproduksi hingga 1998, tiga puluh tahun setelah model itu sendiri digantikan oleh Willys.

INDUSTRI SIPIL MITSUBISHI

Mobil Jeep tipe Willys ini diproduksi hingga tahun 1998 melalui lisensi resmi di Mitsubishi Pajero Manufacturing Co., Ltd, Sakahogi, Gifu, Japan

Mitsubishi 500 adalah sedan pasar massal pada tahun 1953. Mitsubishi 500 dirancang untuk memenuhi permintaan baru dari pelanggan. Pada saat ini, ekonomi Jepang sedang meningkat, upah meningkat dan gagasan kendaraan keluarga menjadi lebih populer.

Mobil Minica kei diikuti pada tahun 1962 yang merupakan mobil Mitsubishi tertua yang akan diproduksi ketika diganti pada tahun 2011. 1964, Mitsubishi meluncurkan Mitsubishi Debonair. Ini adalah mobil mewah terutama untuk pasar Jepang dan merupakan kendaraan penumpang andalan mereka di pasar domestik. Itu diperkenalkan di 10 Jepang Semua Motor Show, kemudian Tokyo Motor Show, pada Oktober 1963. Itu digunakan oleh eksekutif senior Mitsubishi sebagai mobil perusahaan.

Lini kendaraan Mitsubishi Colt diluncurkan pada tahun 1962 dan berlanjut hingga 2012. Mobil Mitsubishi tipe ini adalah seri pertama mobil kei dan subkompak di tahun 1960-an. Ini dimulai dengan Mitsubishi Colt 600. Ini adalah yang pertama dari sederetan mobil keluarga kecil, diatur untuk melengkapi Mitsubishi 500 mereka. Mitsubishi Colt 1000 diperkenalkan pada tahun 1963 dan merupakan mobil kompak yang lebih besar, dan Colt 800 diikuti dengan Colt 1500 pada tahun 1965. Colt 1100 diluncurkan pada tahun 1966 dan Colt 1200 pada tahun 1968.

Mitsubishi memperkenalkan kembali merek ternama mereka Mitsubishi Colt pada tahun 1978 sebagai model hatchback mini penggerak roda depan yang meniru konsep chevrolet camaro maupun ford mustang, kemudian diikuti oleh sedan pada tahun 1982. Ini dipasarkan sebagai Mirage di Jepang, nama Colt hanya digunakan di Eropa dan Australia. Ada beberapa Colts berbasis Mirage yang dijual selama tahun 1978-2002. Beberapa turunan ini dijual sebagai Mitsubishi Lancer di banyak pasar.

Tidak seperti di Amerika, Singapore dan Eropa yang menggunakan merek Colt untuk mobil sedan, di Indonesia, merek Mitsubishi Colt digunakan untuk mobil angkutan tipe wagon, pickup dan truk kargo

Untuk meningkatkan ekspor, Mitsubishi menjalin aliansi dengan perusahaan di luar negeri. Pada tahun 1971, Mitsubishi menjual 15% saham perusahaan baru itu ke Chrysler. Kesepakatan ini menyebabkan Chrysler menjual Galant di Amerika Serikat, ini dijual sebagai Dodge Colt. Itu dijual sebagai Chrysler Sigma di Australia.

Sebuah jaringan kesepakatan distribusi Mitsubishi Colt telah didirikan di seluruh Eropa pada tahun 1977 dan Mitsubishi berusaha untuk mulai menjual kendaraan secara langsung. Namun, retakan mulai terlihat dalam hubungan Chrysler dan Mitsubishi. Chrysler melihat pasar luar negeri mereka dirambah oleh Mitsubishi dan Mitsubishi merasa bahwa Chrysler menuntut terlalu banyak suara dalam keputusan perusahaan mereka.

Pada 1980, Chrysler berjuang melawan kebangkrutan dan harus menjual divisi Australianya ke Mitsubishi. Mereka kemudian menamainya Mitsubishi Motors Australia Ltd. Merek Mitsubishi kemudian diperkenalkan ke pasar Amerika dengan sedan Tredia dan Cordia dan Starion Coupes. Namun, kuota mereka dibatasi oleh perjanjian antara Pemerintah Jepang dan AS. Namun, pada akhir 1980-an Mitsubishi ingin meningkatkan kehadiran mereka di AS dan menyiarkan kampanye iklan televisi pertamanya.

Meskipun ada ketegangan, Chrysler dan Mitsubishi sepakat untuk bersatu untuk operasi manufaktur di Illinois. Usaha patungan 50/50 ini menyediakan cara untuk mengatasi pembatasan impor sukarela sekaligus juga menyediakan lini baru mobil kompak dan subkompak bagi Chrysler Amerika. Hasilnya adalah Diamond Star Motors, dan didirikan pada Oktober 1985. Nama itu berasal dari dua logo, tiga berlian Mitsubishi dan pentastar Chrysler. Pada 1987, perusahaan itu menjual 67.000 mobil setahun di Amerika Serikat. Awalnya, tiga Compact Coupes dirilis dengan nama Mitsubishi Eclipse, Eagle Talon dan Plymouth Laser.

Namun, Chrysler menjual saham mereka di Diamond Star Motors pada tahun 1991 ke Mitsubishi dan hanya berbagi komponen dan manufaktur berdasarkan kontrak. Mereka juga mengurangi minat mereka pada Mitsubishi Motors menjadi kurang dari 3% dan mengumumkan rencana mereka untuk mendivestasi semua saham yang tersisa pada tahun 1993.

Mitsubishi Pajero menjadi sangat populer di Jepang selama 1990-an dan Mitsubishi melihat kesuksesan besar dengan Diamante dan Pajero.

Dikabarkan pada tahun 1992 dan 1993 bahwa Mitsubishi berencana mengambil alih Honda. Honda telah lengah dengan bangkitnya pasar SUV dan telah kehilangan fokus setelah penyakit dan kematian pendiri mereka. Namun, Honda tidak akan membiarkan pengambilalihan bermusuhan terjadi dan mengambil langkah drastis untuk memastikan bahwa ini tidak terjadi.

Selama 1990-an, Mitsubishi melihat pangsa domestik mereka naik menjadi 11,6%. Hal ini terutama disebabkan oleh peningkatan pasar SUV di Jepang, yang ditolak oleh banyak pabrikan mobil Jepang dan tidak berpikir akan lepas landas di negara mereka sendiri.

Mitsubishi dan Volvo melakukan kemitraan bersama dengan Volvo pada tahun 1991. Proyek ini diberi merek NedCar dan mulai memproduksi Mitsubishi Carisma bersama dengan Volvo S40 / V40. Produksi Mitsubishi Outlander untuk pasar Eropa juga diproduksi di Belanda.

Ketika Volvo menjual divisi Volvo Cars mereka ke Ford pada tahun 1999, Volvo Group membeli 5% saham di Mitsubishi Motors pada bulan November di tahun yang sama. Mereka kemudian menjual saham mereka ke DaimlerChrysler pada Maret 2001.

Mitsubishi dan Groupe PSA telah bersekutu sejak 1999 setelah mereka sepakat untuk bekerja sama dalam pengembangan mesin diesel menggunakan teknologi injeksi langsung bensin Mitsubishi. Mitsubishi juga mengembangkan Peugeot 4007 dan Citroen C-Crosser SUV yang berbasis pada Mitsubishi Outlander.

Mitsubishi telah dua kali mengaku menutupi masalah cacat pada kendaraannya. Apa yang sering disebut “salah satu skandal perusahaan terbesar dalam sejarah Jepang”, empat cacat dipublikasikan pertama kali pada tahun 2000 tetapi mengakui, pada tahun 2004, 26 cacat lagi terjadi sejauh tahun 1977.

Cacat produksi ini termasuk kegagalan rem, kopling yang tidak berfungsi, dan kebocoran bahan bakar. Mitsubishi harus menarik kembali 163.707 mobil dan juga menarik kembali truk dan bus Fuso, sehingga jumlah kendaraan yang ditarik menjadi hampir satu juta.

Presiden Mitsubishi, Kawasoe, ditangkap dan 23 karyawan lainnya terlibat. Tiga dari mereka sejak itu dibebaskan.

Pada tahun 2016, Nissan, mitra Mitsubishi, menemukan perbedaan antara informasi yang diberikan oleh Mitsubishi dan konsumsi bahan bakar aktual. Ini ditemukan ketika sedang mengerjakan mobil mikro baru untuk kedua perusahaan.

Mitsubishi mengaku menggunakan metode pengujian yang tidak akurat dan memberikan informasi yang salah tentang konsumsi bahan bakar sejak tahun 2002 dan seterusnya. Metode uji ekonomi bahan bakar yang mereka gunakan tidak mematuhi peraturan Jepang, dan diketahui bahwa ini adalah kasus selama 25 tahun terakhir.

Namun, manajemen Mitsubishi mengatakan mereka tidak tahu tentang masalah ini dan bahwa informasi yang salah berasal dari departemen mobil mikro. Investigasi oleh perusahaan independen diikuti dan skandal yang dihasilkan menyebabkan Nissan mengakuisisi kepemilikan saham mayoritas di MMC pada 2016.

Nissan setuju untuk berinvestasi $ 237,4 miliar yen sebagai ganti kepemilikan 34% saham di Mitsubishi Motors. Pada Mei 2016, Mitsubishi Motors mengumumkan Tetsuro Aikawa akan mengundurkan diri sebagai presiden perusahaan. Baik Aikawa dan Mitsubishi Motors membantah keterlibatan dari manajemen puncak dalam skandal jarak tempuh. Mereka mengatakan bahwa sebagian besar pekerjaan pengujian jarak tempuh ditugaskan ke anak perusahaan dan ada kekurangan pengawasan.

kemitraan itu dimulai pada 1999 ketika Renault membeli 36,8% saham Nissan yang beredar dan Nissan bersumpah untuk membeli Renault ketika itu bisa. Maju cepat ke 2017 dan Aliansi, Renault, Nissan dan Mitsubishi, berkolaborasi pada platform bersama, teknologi listrik dan otonom serta powertrains.

Mitsubishi, terlepas dari skandal, bergerak dari kekuatan ke kekuatan. Meningkatnya popularitas pickup dan SUV di Inggris berarti bahwa Mitsubishi sekarang menjadi pemandangan umum di jalanan Inggris.

Setelah Renault-Nissan-Mitsubishi Alliance yang baru dibentuk, Mitsubishi telah mengalami peluncuran kembali merek, yang diluncurkan di Tokyo Motor Show pada tahun 2017. 2017 menandai 100 tahun dari merek dan mereka berencana untuk meluncurkan 11 model pada tahun 2020.

Mitsubishi Eclipse Cross akan diluncurkan untuk tahun 2018 dan cocok antara SUV Outlander dan ASX yang lebih kecil.

KESIMPULAN

Sejarah Mitsubishi ini benar-benar membawa kita melihat perjuangan manajemen Mitsubishi dari zaman keemasan, melewati masa sulit perang dunia, masa sulit krisis ekonomi dunia hingga ke masa kini. Mitsubishi masih membuat mobil-mobil hebat yang menarik bagi keluarga dan bisnis, dan Aliansi baru mereka pasti akan meningkatkan Mitsubishi dan model-model mendatang mereka. Semoga Bermanfaat! Wassalam!.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 1, 2020 @ 6:14 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!