Hobbing itu apa sih?

Teknologi hobbing ini berasal dari revolusi industri di Eropa. Asal muasal teknologi hobbing memang sangat banyak, dari industri manufaktur jam hingga manufaktur pompa dan gardan parsneling kapal serta crane.

SEJARAH AWAL GEAR & HOBBING

Di Eropa sendiri ada banyak perusahaan manufaktur yang memelihara museum tentang bagaimana produk diproduksi di masa lalu akan memiliki contoh-contoh alat roda gigi manual yang membantu memproduksi roda gigi sebelum roda gigi abad ke-19 dan sebelumnya. Bersamaan dengan inovasi desain dalam penemuan mesin bensin dan gardan transmisi persneling yang sepenuhnya manual ini, pengembangan teknologi manufaktur sampel dari beberapa gerobak persinggahan semi-otomatis pertama pun tumbuh di Jerman.

Akhirnya temuan awal tersebut menjadi contoh teknologi yang lebih baru yang menunjukkan proses yang sepenuhnya otomatis yang digunakan gerobak persneling modern untuk menghasilkan persneling hari ini.

Beberapa produsen gardan boks roda gigi juga memiliki literatur yang menarik tentang sejarah gerobak roda gigi, termasuk rincian tentang bagaimana gerobak roda gigi modern dapat menghasilkan ribuan roda gigi dalam satu jam. Mesin hobbing, juga dikenal sebagai hobbers, adalah mesin yang sepenuhnya otomatis dan bisa di setting Cutting toolnya dalam berbagai ukuran, dari roda gigi instrumen kecil hingga 10 kaki (3,0 m) roda gigi laut.

Setiap jenis dan tipe gear yang digunakan dalam komponen mesin maupun transmisi tentunya membutuhkan cutting tool yang berbeda. Untuk profil gigi yang merupakan pertautan teoretis, rak fundamental memiliki sisi lurus, dengan sisi miring pada sudut tekanan bentuk gigi, dengan bagian atas dan bawah rata. Koreksi tambahan yang diperlukan untuk memungkinkan penggunaan pinion dalam jumlah kecil dapat diperoleh dengan modifikasi rak ini yang sesuai ke bentuk sikloidal di ujungnya, atau dengan menggesek selain diameter lingkaran pitch teoretis. Karena rasio gigi antara kompor dan kosong adalah tetap, gigi yang dihasilkan akan memiliki nada yang benar pada lingkaran nada, tetapi ketebalan gigi tidak akan sama dengan lebar ruang.

APA SAJA MESIN & PERKAKAS HOBBING ITU?

Mesin hobbing, juga dikenal sebagai hobbers, adalah mesin yang sepenuhnya otomatis yang datang dalam berbagai ukuran, karena mereka harus dapat menghasilkan apa pun dari roda gigi instrumen kecil hingga 10 kaki (3,0 m) roda gigi laut. Setiap mesin hobbing gear biasanya terdiri dari chuck dan tailstock, untuk memegang benda kerja atau spindle, spindle tempat kompor dipasang, dan motor penggerak.

Mesin hobbing ditandai oleh modul atau diameter pitch terbesar yang dapat dihasilkannya. Misalnya, mesin berkapasitas 10 in (250 mm) dapat menghasilkan roda gigi dengan diameter pitch 10 in dan biasanya maksimum 10 in face width. Kebanyakan mesin hobbing adalah hobgers vertikal, yang berarti blank dipasang secara vertikal. Mesin hobbing horizontal biasanya digunakan untuk memotong benda kerja yang lebih panjang; yaitu memotong splines di ujung poros.

Setiap unit mesin machining hobbing ini biasanya terdiri dari chuck dan tailstock, untuk memegang benda kerja atau spindle, spindle tempat kompor dipasang, dan motor penggerak. Untuk profil gigi yang merupakan pertautan teoretis, rak fundamental adalah sisi lurus, dengan sisi miring pada sudut tekanan bentuk gigi, dengan bagian atas dan bawah rata. Koreksi tambahan yang diperlukan untuk memungkinkan penggunaan pinion dalam jumlah kecil dapat diperoleh dengan modifikasi rak ini yang sesuai ke bentuk sikloidal di ujungnya, atau dengan menggesek selain diameter lingkaran pitch teoretis. Karena rasio gigi antara kompor dan kosong adalah tetap, gigi yang dihasilkan akan memiliki nada yang benar pada lingkaran nada, tetapi ketebalan gigi tidak akan sama dengan lebar ruang.

Mesin hobbing dicirikan oleh modul atau diameter pitch terbesar yang dapat dihasilkannya. Misalnya, mesin berkapasitas 10 in (250 mm) dapat menghasilkan roda gigi dengan diameter pitch 10 in dan biasanya maksimum 10 in face width. Kebanyakan mesin hobbing adalah hobbit vertikal, yang berarti blank dipasang secara vertikal.

Mesin hobbing horizontal biasanya digunakan untuk memotong benda kerja yang lebih panjang; yaitu memotong splines di ujung poros. Saat ini, Hobbing didefinisikan secara langsung sebagai proses pemesinan untuk memotong gigi, memotong splines, dan membuat sprocket melalui proses machining yang basah. Proses ini biasa dilakukan pada mesin spesialis hobbing, yang merupakan jenis khusus dari mesin milling. Gigi atau spline gigi secara progresif dipotong menjadi bahan (potongan logam yang datar dan silindris) dengan serangkaian potongan yang dibuat oleh alat pemotong yang disebut kompor.

Dibandingkan dengan proses pembentukan gigi lainnya, ini relatif murah tetapi masih cukup akurat, sehingga digunakan untuk berbagai bagian dan jumlah. Hobbing ini sebenernya juga bisa dilakukan dengan mesin Machining Center maupun mesin grinding, namun kurang ekonomis untuk parts Fast moving seperti gear motor maupun Komponen otomotif.

KESIMPULAN

Hobbing secara umum merupakan proses pemotongan Metalworking dari material block slider solid untuk membentuk gigi rack pinion gear maupun gardan. Alat pemotong ini juga paling banyak digunakan untuk membuat taji dan roda gigi heliks dan lebih banyak roda gigi karena proses relatif cepat, lumayan presisi dan murah. Jenis skiving yang dianalogikan dengan hobing roda gigi eksternal dapat diterapkan pada pemotongan roda gigi internal, yang digambarkan dengan pemotong rotari (bukan berbentuk atau disambungkan).

Jika Anda berminat untuk membeli perlengkapan machine tooling, cutting tool maupun quality tester silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga menambah bahan refernsi anda! Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 2, 2020 @ 11:41 am

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!