Tentang MITUTOYO CORPORATION

Mitutoyo memproduksi beragam tipe alat inspeksi dan jenis alat ukur dengan akurasi tinggi seperti jangka sorong dan micrometer. Didirikan pada tahun 1934 di Jepang oleh Pak Yehan Numata. Pak Yehan Numata di dekade 1920-an merupakan lulusan dari University of California, Berkeley. Saat ini Mitutoyo ada yang berlabel Made in Japan, Made in China, Made in Brazil, Made in Germany, maupun Made in USA.

Ada beragam alat kerja yang ditawarkan MITUTOYO. Dari alat referensi ukur sederhana seperti Blok pengukur jarak antara permukaan paralel hingga untuk memverifikasi keakuratan mikrometer dan pengukur lainnya, setiap alat ukur telah dikalibrasi dari pabrikan agar siap pakai. Unit Dial dan Digital Indikator dari MITUTOYO bisa digunakan untuk mengukur jarak dan sudut kecil, memastikan keakuratan manufaktur untuk kontrol kualitas, menyetel mesin untuk produksi, atau membuat pengukuran yang tepat untuk berbagai aplikasi. Durometer mengukur elastisitas bahan maupun persiapan titik kerja pada mesin bor dan mesin milling selama persiapan material.

Filosofi Mitutoyo adalah “Berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat melalui teknologi pengukuran presisi.” Mitutoyo telah berkembang ke pasar global sebagai produsen pengukuran presisi dengan instrumen komprehensif. Pengukuran presisi disebut ibu dari teknologi industri dan menjadi lebih penting dalam revolusi teknologi “Industri 4.0”.

Tantangan sekarang tidak hanya pada pengukuran, tetapi untuk menciptakan solusi bagi masa depan industri. Dari mengembangkan analisis optimal lingkungan, untuk proses perbaikan untuk aplikasi on-site peralatan Mitutoyo, dan ke realisasi pabrik yang tidak tidur melalui pemanfaatan data pengukuran — fondasi manufaktur semakin dalam.

Pastikan keaslian produk MITUTOYO dengan membeli di METALEXTRA.COM

.

MITUTOYO Alat Ukur Dimensi & Hand Tool

METROLOGY HAND TOOL

Kegiatan pengukuran digunakan dalam berbagai tingkatan oleh tiga sub-bidang dasar Metrologi yaitu uji ilmiah, kualitas pada bidang industri dan ilmu metrologi legal yang mengacu pada peraturan standar hukum industri. Akurasi dimensi berupa panjang dan lebar diameter internal maupun eksternal bisa dilakukan melalui beragam metode dan alat bantu pengukuran. Kepastian akurasi bisa dicapai dengan sertifikasi ketelusuran (traceability) presisi untuk beragam jenis aplikasi.

Kaliper/Sigmat, Height Gauge tampilan Vernier, Digital, Dial analog

Mikrometer dan Snap Gauge tampilan Vernier, Digital, Dial analog

Bore Gauge tampilan Digital maupun Dial analog

Indikator tipe lever gores dan tipe plunge, Digital maupun Dial analog

Standard blok untuk referensi, kalibrasi dan perbandingan dimensi

Metrologi merupakan merupakan kategori luas yang meilputi beragam jenis alat ukur standar metrik yang digunakan secara berbeda. Untuk mencapai tingkat presisi yang tinggi,  alat ukur metrik ini harus memiliki unsur ketelusuran dan sertifikasi baik secara pabrikan mauun secar standar nasional sesuai dengan kebutuhan.

MITUTOYO Inspection & NDT Solution

UJI NON-DESTRUKTIF & VISUAL

Pengujian non-destruktif maupun pengamatan dan pengukuran visual bertujuan untuk memastikan dan mengkategorikan jenis material dan fungsi agar sesuai karakter standar yang diinginkan. Uji ini bisa dilakukan secara Non-Destruktif maupun Destruktif atas beberapa sampel. Dalam banyak kasus, pengamatan dan pengukuran juga diwajibkan untuk memenuhi berbagai standar industri, untuk mengetahui salvage value, Research and Development, maupun sebagai tindakan preventif dan manajemen kualitas.

Inspeksi visual mikroskop dan pengukuran profile berdasarkan teknologi optik

Uji non-destruktif mengukur ketebalan coating dan jenis material. 

Standard blok untuk referensi, kalibrasi dan perbandingan jenis material

Metode NDT bergantung pada penggunaan radiasi elektromagnetik, suara dan konversi sinyal lainnya untuk memeriksa berbagai macam barang (logam dan non-logam, produk makanan, artefak dan barang antik, infrastruktur) untuk integritas, komposisi, atau kondisi tanpa perubahan artikel menjalani pemeriksaan.

Kontras dan probabilitas deteksi untuk pemeriksaan visual dengan mata telanjang sering kali ditingkatkan dengan menggunakan cairan untuk menembus permukaan benda uji, memungkinkan visualisasi kekurangan atau kondisi permukaan lainnya.

Inspeksi visual (VT), metode NDT yang paling umum diterapkan dengan menggunakan pembesaran, borescopes, kamera, atau pengaturan optik lainnya untuk tampilan langsung atau jarak jauh. Struktur internal sampel dapat diperiksa untuk inspeksi volumetrik dengan penetrasi radiasi (RT), seperti sinar-X, neutron, atau radiasi gamma. Gelombang suara digunakan dalam kasus pengujian ultrasonik (UT), metode NDT volumetrik lain – sinyal mekanis (suara) yang dipantulkan oleh kondisi dalam artikel pengujian dan dievaluasi untuk amplitudo dan jarak dari unit pencarian (transduser).

Metode NDT lain yang umum digunakan yang digunakan pada bahan besi melibatkan penerapan partikel besi halus (baik tersuspensi dalam bubuk cair atau kering – fluoresen atau berwarna) yang diaplikasikan pada suatu bagian saat dimagnetisasi, baik secara terus menerus atau residu.

Menganalisis dan mendokumentasikan mode kegagalan non-destructive juga dapat dilakukan dengan menggunakan perekaman kamera kecepatan tinggi secara terus menerus (movie-loop) hingga kegagalan terdeteksi. Mendeteksi kegagalan dapat dilakukan dengan menggunakan detektor suara atau pengukur tegangan yang menghasilkan sinyal untuk memicu kamera berkecepatan tinggi.

MITUTOYO Inspection & NDT Solution

UJI MATERIAL & TES NON-DESTRUKTIF

Mitutoyo menawarkan solusi pengukuran nilai toleransi dan pengujian material berupa; Hardness tester, Durometer, Shore Test Block dan alat uji lain untuk memastikan dan mengkategorikan jenis material dan fungsi agar sesuai karakter standar yang diinginkan. Uji material bisa dilakukan secara Non-Destruktif maupun Destruktif atas beberapa sampel.

Inovasi Mitutoyo berupa stand, probe penguji kekerasan portabel tipe rebound maupun tipe tusuk dan tekan yang menggunakan mata identer berbagai tipe. Anda bisa menguji material plastik, karet, keramik, logam dan lainnya dengan bodi yang ringkas dan pengoperasian yang tinggi. Ini memungkinkan siapa saja untuk melakukan pengujian kekerasan dengan mudah dengan satu sentuhan tombol, sehingga dapat digunakan secara luas pada berbagai komponen.

Dalam banyak kasus, uji material juga diwajibkan untuk memenuhi berbagai standar industri, untuk mengetahui salvage value, Research and Development, maupun sebagai tindakan preventif dan manajemen kualitas.

Hardness Tester berdasarkan teknologi destruktif dan pengamatan

Standard blok untuk referensi, kalibrasi dan perbandingan jenis material

Uji material disa dilakukan dengan serangkaian alat inspeksi berupa alat bantu visual optik seperti mikroskop dan boroscope maupun alat uji bersifat non-destruktif dan alat material tester destruktif yang memiliki kredibilitas dan standar yang diisyaratkan.

Uji Kekerasan material merupakan pengukuran ketahanan terhadap deformasi plastik lokal yang disebabkan oleh lekukan mekanis atau abrasi. Beberapa bahan (misalnya logam) lebih keras dari yang lain (misalnya plastik, kayu). Kekerasan makroskopis umumnya dicirikan oleh ikatan antarmolekul yang kuat, tetapi perilaku bahan padat yang terkena gaya rumit; Oleh karena itu, ada beberapa pengukuran kekerasan yang berbeda: kekerasan goresan, kekerasan lekukan, dan kekerasan pantul.

Kekerasan tergantung pada keuletan, kekakuan elastis, plastisitas, regangan, kekuatan, ketangguhan, viskoelastisitas, dan viskositas.

Contoh umum materi keras adalah keramik, beton, logam tertentu, dan bahan superhard, yang dapat dibandingkan dengan materi lunak.

MITUTOYO Weight & Scale Measurement

ALAT UKUR BERAT & AKSESORIS

Pengukuran material berdasarkan massa dan berat yang sesuai dengan berbagai standar industri. Pengukuran berdasarakan berat ini umum dilakukan pada material maupun benda kerja solid maupun dalam jumlah butiran maupun bijian seperti sekrup, komponen kecil seperti kapasitor, dan lainnya.

Aksesoris berupa DRO Scale

Stand, Scale kemiringan dan sudut angle

 VeeBlok dan Magnetic Stand

Timbangan (juga dikenal sebagai weighing scale, timbangan balok, dan timbangan laboratorium) merupakan alat ukur massa yang digunakan dalam bidang manajemen kualitas industri maupun perekonomian dan perdagangan. Denan pengukuran skala Metrik, nilai massa atau berat benda tersebut bisa disepakati.

Prinsip timbangan sederhana, Massa benda yang tidak diketahui ditempatkan dalam satu panci dan massa standar ditambahkan ke panci lainnya sampai balok sedekat mungkin dengan kesetimbangan. Dalam timbangan presisi, penentuan massa yang lebih akurat diberikan oleh posisi massa geser yang digerakkan sepanjang skala bertahap. Secara teknis, timbangan membandingkan berat daripada massa, tetapi, dalam medan gravitasi tertentu (seperti gravitasi bumi), berat suatu benda sebanding dengan massanya, sehingga massa standar yang digunakan dengan timbangan biasanya diberi label dalam satuan massa ( misalnya g atau kg).

Kumpulan Katalog Produk MITUTOYO

Referensi katalog ini merupakan daftar bibliografis dari beragam referensi produk Kennametal yang kami susun untuk mempermudah pencarian produk dan pemesanan saja!

A title

Image Box text

A title

Image Box text

A title

Image Box text

A title

Image Box text