Pilih Endmill untuk frais bagaimana caranya?

Mata end mill atau dikenal pisau frais merupakan jenis cutter potong milling dan pahat perkakas untuk aplikasi milling cnc maupun semi-auto beragam industri. Penggunaan Endmill secara bertahap pada proses pemotongan logam dapat menentukan kualitas hasil pengerjaan. Variasi Endmill yang digunakan mampu menghindari pemborosan waktu dan biaya produksi. Oleh karena itu untuk menghindari kesalahan dalam memilih Endmill yang sesuai terhadap material benda kerjanya, berikut kami berikan tips untuk menentukan Endmill berdasarkan jenis material yang akan di proses:

1. Material Inti Pisau ENDMILL

  • Tool Steel/ Carbon Steel: Biasa digunakan untuk material lunak seperti kayu dimesin router dan milling dengan 2-Axis

  • HSS (High Speed Steel): biasa digunakan untuk material dengan hardness hingga 30 HRC (contoh: steel).

  • HSS-Co (Cobalt): biasa digunakan untuk material dengan hardness hingga 35 HRC (contoh: stainless steel).

  • HSS-PM (Powdered Metal): biasa digunakan untuk material dengan hardness hingga 40 HRC.

  • Carbide: biasa digunakan untuk material dengan hardness hingga 65 HRC.

     

    Memotong slot T dalam perangkat yang memegang benda kerja adalah operasi penggilingan biasa. Ukuran slot T tergantung pada ukuran baut slot T yang akan digunakan.

     

2. Coating Pelapis & Pelindung Mata pisau END MILL

  • TiN (Titanium Nitride Coating): tingkat kekerasan yang tinggi disertai sifat “rendah getaran” menjamin ketahanan tool terhadap pemakaian. 

  • TiCN (Titanium Carbon Nitride Coating): TiCN lebih keras daripada TiN dan mempunyai koefisien gesekan yang lebih rendah.

  • TiAlN (Titanium Aluminium Nitride Coating): cocok untuk speed yang lebih tinggi. 

3. Jumlah ulir pisau atau Flutes:

Jumlah ulir dari endmil sangat bervariasi. Memahami jumlah seruling yang tepat untuk kebutuhan Anda sangat penting. Berikut ini pedoman singkat:

  • 2-Flutes:
    Dua ulir dapat menangani beban chip yang besar sambil membiarkan chip dikeluarkan dengan bebas. Cocok unutk mesin yang berputar pelan dan material yang lebih umum baik dimesin semi milling seperti Bridgeport maupun mesin router 2-Axis.

  • 3-Flutes:
    3 ulir ini cocok untuk meningkatkan laju umpan untuk gilingan akhir multi-flute untuk mencegah pahat tumpul atau terbakar. Dan jika Anda mengetahui jumlah chip/gigi, Anda dapat mengalikannya dengan jumlah gigi untuk mendapatkan pakan/putaran.

  • 4-Flutes atau lebih:
    Endmill untuk frais akhir multi seruling dengan 4 ulir atau lebih memang cocok untuk memberikan permukaan akhir yang jauh lebih baik. Endmill frais kecepatan tinggi ini memungkinkan Anda meningkatkan laju umpan. Aturan praktis di sini adalah, semakin banyak seruling yang Anda tambahkan, semakin baik hasil akhir Anda, dan semakin kuat kekuatan inti, tetapi semakin sulit untuk mengeluarkan chip. Jadi jika anda menggunakan mesin moderen berkecepatan tinggi pada bahan yang sangat keras, maka
    semakin keras material benda kerjanya, semakin banyak jumlah flute yang digunakan.

Secara tradisional, pisau frais tersedia dalam pilihan 2 ulir atau 4 seruling. Aturan praktis yang diterima secara luas adalah menggunakan 2 ulir untuk pemesinan aluminium dan bahan non-ferro, dan 4 atau lebih ulir pisau untuk pemesinan baja dan paduan yang lebih keras. Karena aluminium dan paduan non-ferrous biasanya jauh lebih lembut daripada baja, kekuatan pahat tidak terlalu menjadi perhatian, pahat dapat diumpankan lebih cepat, dan laju pemindahan material (MRR) yang lebih besar difasilitasi oleh lembah seruling besar dari 2 pahat seruling.

4. Bentuk kepala dan geomeri Inti Pisau ENDMILL

Mengapa perlu variasi pisau frais End mill? Karena untuk memahat material dengan beragam bentuk 3 dimensi membutuhkan beberapa jenis mesin, dudukan holder serta metode kerja yang dijual dalam ukuran diameter shank imperial dan metric dan diameter cutting. Metode permesinan Subtraktif atau pemahatan memang ada beberapa jenis, namun jika komponennya yang ingin dibuat secara praktis dan otomatis dengan satu atau beberapa mesin saja, tentunya membutuhkan mesin dengan teknologi tertinggi dan harga yang mahal sekali, seperti mesin machining center 5 axis yang harga barunya paling murah 2 hingga 5 miliar rupiah!.

End mills digunakan dalam aplikasi milling seperti milling profil, milling tracer, face milling, dan plunging. Ada beberapa kategori luas alat milling ujung atau shoulder milling atau sidemilling dan milling permukaan wajah atau face mill yang ada, seperti pemotongan tengah atau non-tengah (apakah endmil dapat melakukan pemotongan frais terjun); dan kategorisasi berdasarkan jumlah ulir seruling; oleh sudut helix; oleh material; dan dengan bahan pelapis. Setiap kategori dapat dibagi lebih lanjut dengan aplikasi spesifik dan geometri khusus.

KENALI KARAKTER MATERIAL YANG AKAN DIPAHAT

Mengetahui bahan yang Anda kerjakan dan propertinya akan sangat membantu mempersempit pilihan pisau frais Anda. Setiap material memiliki seperangkat sifat mekanik yang berbeda yang memberikan karakteristik unik saat pemesinan. Misalnya, aluminium dan material non-ferrous lainnya memerlukan strategi pemesinan yang berbeda – dan geometri perkakas yang berbeda – dibandingkan dengan baja. Memilih pahat dengan geometri yang disesuaikan dengan karakteristik unik tersebut akan membantu meningkatkan kinerja pahat dan penyelesaian benda kerja.

Metalextra menawarkan banyak varian Endmill berkualitas tinggi yang diandalkan oleh industri dari berbagai belahan dunia. Endmill Ini bisa dibedakan dari mata bor dalam aplikasi penerapan, geometri, dan cara pembuatannya. Hal ini menjadi semakin umum untuk pengerjaan khusus di pabrik bubut dan milling tradisional berpisau solid untuk digantikan oleh alat pemotong yang memiliki insert sisip dengan biaya lebih efektif (meskipun lebih mahal pada beli awalnya), mengurangi waktu penggantian pahat dan memungkinkan penggantian tepi potong yang aus atau rusak dengan mudah daripada keseluruhan alat perkakas.

PAHAMI FUNGSI & APLIKASI ENDMILL

Penggunaan Endmill terhadap material maupun holder pisau dan kecepatan mesin yang tidak sesuai dapat merusak Endmill tersebut serta mempengaruhi performa mesin Anda. Maka dari itu, pilihlah Endmill yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sementara mata bor hanya dapat memotong ke arah aksial, bit mata pisau endmill umumnya dapat memotong ke semua arah, meskipun beberapa tidak dapat memotong secara aksial. 

Pertimbangkan dimensi pahat yang diperlukan untuk operasi penggilingan khusus ini, termasuk diameter pemotong, panjang potong, dan profil pahat.

  • Diameter Pemotong:
    dimensi yang akan menentukan lebar slot, atau jumlah material yang akan dipindahkan dengan kedalaman radial potongan saat penggilingan samping. Memilih diameter pemotong dengan ukuran yang salah – terlalu besar atau kecil – dapat menyebabkan pekerjaan tidak berhasil diselesaikan atau bagian akhir tidak sesuai dengan spesifikasi.

  • Panjang Potong & Jangkauan:
    panjang pemotongan yang dibutuhkan untuk setiap pabrik akhir harus ditentukan oleh panjang kontak terpanjang selama operasi. Ini seharusnya hanya selama diperlukan, dan tidak lagi. Memilih alat sesingkat mungkin akan menghasilkan overhang yang diminimalkan, pengaturan yang lebih kaku, dan obrolan yang berkurang. Sebagai aturan praktis, jika aplikasi memerlukan pemotongan pada kedalaman yang lebih besar dari 5x diameter pahat, mungkin optimal untuk mengeksplorasi opsi jangkauan berleher sebagai pengganti panjang pemotongan yang panjang.

  • Profil pisau endmill:
    gaya paling umum untuk pabrik akhir adalah persegi, radius sudut, dan ujung bola. Profil persegi pada pabrik akhir memiliki seruling dengan sudut tajam yang dikuadratkan pada 90°. Profil radius sudut menggantikan sudut tajam yang rapuh dengan radius, menambah kekuatan dan membantu mencegah chipping sekaligus memperpanjang umur pahat. Terakhir, profil bola menampilkan seruling tanpa dasar datar dan dibulatkan di ujungnya menciptakan “hidung bola” di ujung alat. Profil bola adalah gaya pabrik akhir terkuat.

     

    Pisau frais Thread mill merupakan sejenis end mill yang dirancang untuk memotong dan membuat lubang ulir fastener dengan mesin frais penggilingan. Pisau frais Thread mill digunakan pada mesin machining center yang dikontrol secara numerik (NC) yang memiliki fungsi kontrol triaxle dan interpolasi heliks secara simultan. Dibandingkan dengan threading umum, penggilingan ulir lebih stabil dengan batasan kondisi pemotongan yang lebih sedikit dalam hal manajemen chip dan pelumasan cairan pendingin.

     

KESIMPULAN

Di Indonesia Pisau End mill frais pada umumnya digunakan yang tipe ukuran metrik dan standar ISO maupun JIS. Sedangkan di negeri AS, ukuran metrik memang sudah tersedia, tetapi hanya digunakan di beberapa aplikasi di Kanada, karena kedekatan negara itu dengan AS, banyak hal yang sama berlaku. Di Asia dan Eropa, diameter metrik menjadi standar.

Jika Anda berminat untuk membeli alat potong endmill profesional yang asli ataupun beragam alat kerja milling lainnya silahkan hubungi kami melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Juni 20, 2020 @ 2:41 am

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: