Beli Pisau frais cara pilihnya bagaimana?

Pisau frais dalam bahasa Inggris disebut juga dengan nama milling cutter, merupakan perkakas pemotong serbaguna yang digunakan pada mesin milling, bubut dan mesin CNC machining center. Tentu saja ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan saat mencari alat kerja dan perkakas yang optimal untuk pekerjaan bubut dan milling, tetapi pisau frais yang awet tipenya apa? Pertanyaan kunci berikut ini kami susun untuk membantu anda agar membuat keputusan pembelian yang tepat:

FRAIS UNTUK MEMAHAT MATERIAL APA?

Mata end mill atau dikenal pisau frais merupakan jenis cutter potong milling dan pahat perkakas untuk aplikasi milling cnc maupun semi-auto beragam industri. Penggunaan Endmill secara bertahap pada proses pemotongan logam dapat menentukan kualitas hasil pengerjaan. Variasi Endmill yang digunakan mampu menghindari pemborosan waktu dan biaya produksi.

Secara umum, kemampuan pisau frais untuk memotong beragam material berbeda memang tergantung pada elemen inti material paduan, perlakuan panas dan proses pembuatan (tempa, cor, dll.). Misalnya, aluminium dan material non-ferrous lainnya memerlukan strategi pemesinan yang berbeda – dan geometri perkakas yang berbeda – dibandingkan dengan baja. Memilih pahat dengan geometri yang disesuaikan dengan karakteristik unik tersebut akan membantu meningkatkan kinerja pahat dan penyelesaian benda kerja.

Mengetahui bahan yang Anda kerjakan dan propertinya akan sangat membantu mempersempit pilihan pisau frais Anda. Setiap material memiliki seperangkat sifat mekanik yang berbeda yang memberikan karakteristik unik saat pemesinan. Berikut ini panduan sederhananya:

  1. Material alloy maupun plastik keras cukup dikerjakan dengan pisau frais tipe HSS standar yang polos saja dengan variasi pendinginan

  2. Material Abrasif maupun komposit fiberglass dan material logam non-feroous super keras seperti keramik dan superalloy bisa dikerjakan dengan pisau frais tipe Cermaet (ceramic (cer) and metal (met) dan Diamond Carbide dan mata endmill bercoating tipe PCD dan PVD.

  3. Pada baja lunak, rendah karbon, pembentukan tepi dan duri pada benda kerja adalah masalah utama. Pada baja yang lebih keras, posisi pemotong menjadi lebih penting untuk menghindari chipping tepi. Pisau frais tipe Tool steel hingga HSS bisa digunakan dengan beragam pilihan coating.

  4. Penggilingan baja tahan karat feritik / martensit Klasifikasi Bahan: P5.x merupakan Baja tahan karat tipe ferrous yang memiliki kemampuan mesin yang sebanding dengan baja paduan rendah, dan oleh karena itu, rekomendasi untuk pisau frais penggilingan baja tipe HSS-Cobalt dengan ragam pilihan coating dapat digunakan.

  5. Pada material Titanium keras sperti Inconel, penggilingan hanya bisa dilakukan dengan mesin berkecepatan tinggi dan pisau frais dengan ulir flute lebih dari 4. Inconel® CNC Machining Sebagai superalloy, Inconel mengandung kandungan nikel yang tinggi dengan ketahanan yang luar biasa terhadap korosi dan oksidasi. Inconel® juga merupakan logam yang ideal untuk aplikasi suhu tinggi di mana ketahanan terhadap lingkungan ekstrem tidak dapat dinegosiasikan. Anda bisa menggunakan pisa frais material Solid Carbide dengan variasi coating, teknik frais gulung dan cairan pendinginan coolant yang sangat banyak

Pemegang alat collet (toolholder) merupakan adaptor antarmuka fisik antara perkakas pisau frais dan perkakas penggerak mesin. Holder ada beberapa gaya pemasangan mesin yang berbeda dari gaya R8 yang lebih lama hingga pemasangan HSK atau VDI yang lebih baru. Pemegang alat memiliki tiga bagian utama: lancip, flens, dan saku collet. Pastikan pisau frais yang akan anda beli cocok dengan holder yang sudah anda miliki.

PARAMETER KERJA & OPERASI MESIN & PISAU FRAIS HARUS SESUAI

Penggunaan Endmill terhadap material maupun holder pisau dan kecepatan mesin yang tidak sesuai dapat merusak Endmill tersebut serta mempengaruhi performa mesin Anda. Maka dari itu, pilihlah Endmill yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sementara mata bor hanya dapat memotong ke arah aksial, bit mata pisau endmill umumnya dapat memotong ke semua arah, meskipun beberapa tidak dapat memotong secara aksial. Oleh karena itu, pisau frais yang digunakan untuk operasi pengasawran awal tentu harus berbeda dengan proses konuting dan pemakanan akhir finishing. Berikut ini rekomendasi umum dari kami:

Rekomendasi untuk pemakanan awal atau roughing pengasaran

  • Gunakan kecepatan potong tinggi (vc = 150–250 m/mnt (492–820 ft/mnt)) untuk menghindari tepi yang menumpuk
  • Keringkan, tanpa memotong cairan, untuk meminimalkan masalah dengan retakan termal

Rekomendasi untuk pemakanan finishing

  • Gunakan cairan pemotongan coolant tipe pendingin kabut/pelumasan minimal, terkadang diperlukan untuk meningkatkan permukaan akhir. Ada lebih sedikit masalah dengan retakan termal saat menyelesaikan karena panas yang dihasilkan di zona pemotongan lebih rendah
  • Pilih pisau frais dengan grade tingkat cermet, permukaan akhir yang cukup dapat diperoleh tanpa memotong cairan
  • Umpan, fz, yang terlalu rendah dapat menyebabkan keausan sisipan yang lebih tinggi karena tepi memotong di zona pengerasan deformasi

FRAIS MODEL KEPALA PISAUNYA APA SAJA?

Mengapa perlu variasi pisau frais End mill? Karena untuk memahat material dengan beragam bentuk 3 dimensi membutuhkan beberapa jenis mesin, dudukan holder serta metode kerja yang dijual dalam ukuran diameter shank imperial dan metric dan diameter cutting. Metode permesinan Subtraktif atau pemahatan memang ada beberapa jenis, namun jika komponennya yang ingin dibuat secara praktis dan otomatis dengan satu atau beberapa mesin saja, tentunya membutuhkan mesin dengan teknologi tertinggi dan harga yang mahal sekali,  Namun dengan aplikasi dan operasi yang tepat, anda masih perlu mempertimbangkan dimensi pahat yang diperlukan untuk operasi penggilingan khusus ini, termasuk diameter pemotong, panjang potong, dan profil pahat.

  • Diameter Pemotong:
    dimensi yang akan menentukan lebar slot, atau jumlah material yang akan dipindahkan dengan kedalaman radial potongan saat penggilingan samping. Memilih diameter pemotong dengan ukuran yang salah – terlalu besar atau kecil – dapat menyebabkan pekerjaan tidak berhasil diselesaikan atau bagian akhir tidak sesuai dengan spesifikasi.

  • Panjang Potong & Jangkauan:
    panjang pemotongan yang dibutuhkan untuk setiap pabrik akhir harus ditentukan oleh panjang kontak terpanjang selama operasi. Ini seharusnya hanya selama diperlukan, dan tidak lagi. Memilih alat sesingkat mungkin akan menghasilkan overhang yang diminimalkan, pengaturan yang lebih kaku, dan obrolan yang berkurang. Sebagai aturan praktis, jika aplikasi memerlukan pemotongan pada kedalaman yang lebih besar dari 5x diameter pahat, mungkin optimal untuk mengeksplorasi opsi jangkauan berleher sebagai pengganti panjang pemotongan yang panjang.

  • Profil pisau endmill:
    gaya paling umum untuk pabrik akhir adalah persegi, radius sudut, dan ujung bola. Profil persegi pada pabrik akhir memiliki seruling dengan sudut tajam yang dikuadratkan pada 90°. Profil radius sudut menggantikan sudut tajam yang rapuh dengan radius, menambah kekuatan dan membantu mencegah chipping sekaligus memperpanjang umur pahat. Terakhir, profil bola menampilkan seruling tanpa dasar datar dan dibulatkan di ujungnya menciptakan “hidung bola” di ujung alat. Profil bola adalah gaya pabrik akhir terkuat.

End mills digunakan dalam aplikasi milling seperti milling profil, milling tracer, face milling, dan plunging. Ada beberapa kategori luas alat milling ujung atau shoulder milling atau sidemilling dan milling permukaan wajah atau face mill yang ada, seperti pemotongan tengah atau non-tengah (apakah endmil dapat melakukan pemotongan frais terjun); dan kategorisasi berdasarkan jumlah ulir seruling; oleh sudut helix; oleh material; dan dengan bahan pelapis. Setiap kategori dapat dibagi lebih lanjut dengan aplikasi spesifik dan geometri khusus.

SIAPKAN DANA UNTUK RAGUM MESIN & STRATEGI COOLANT YANG SESUAI

Penggilingan tanpa memperhatikan pekerjaan dalam cairan pendingin tentu mempengaruhi rutinitas kerja bubut terhadap mesin. Tidak seperti penggilingan pada sebagian besar bahan lainnya, cairan pendingin selalu disarankan untuk membantu dalam pembuangan serpihan, untuk mengontrol panas pada ujung tombak dan untuk mencegah pemotongan ulang keripik. Pendingin bertekanan tinggi (70 bar (1.015 psi)) yang diterapkan melalui spindel/perkakas selalu lebih disukai daripada suplai eksternal dan tekanan rendah.

Meski begitu, dalam banyak aplikasi dan teknik pemesinan kecepatan tinggi diterapkan pada material besi perkakas, permesinan kering dengan menghindari cairan pendingin justru akan memperpanjang umur pisau frais pahat. Baik operasi milling maupun grinding abrasif, melibatkan lebih banyak gesekan friksi dibagian pisau pahat daripada operasi pengeboran dan pembubutan dengan insert. Beberapa bahan yang sangat terisi dan berkinerja tinggi sifatnya sangat keras mendapat manfaat dari penggunaan pendingin, tetapi sebagian besar bahan untuk keperluan umum seperti UHMW, nilon, asetal, dan PTFE (Teflon) dapat dipahat milling kering dengan mesin. Sistem milling kering ini membuat pembersihan bagian dan penanganan lebih mudah. Oleh karena itu yang menjadi fokus utama setelah jenis cutting tool dan mesinnya adalah jenis ragum dan meja catok yang digunakan.

Ragum Vise Machinist yang baik dibuat dengan besi tuang dan mekanisme yang presisi. Ragum vice Ini akan terus terpapar coolant, beroperasi dengan gesekan serpiahan logam dengan mekanisme baja yang menarik rahang bergerak ke bawah ke meja milling sehingga bagian tidak terangkat karena defleksi saat rahang dikencangkan. Jangan terlalu pelit pada pembelian ragum catok mesin karena Solusi Workholding ini justru yang paling sering Anda gunakan.

KESIMPULAN

Metalextra menawarkan banyak varian Endmill berkualitas tinggi yang diandalkan oleh industri dari berbagai belahan dunia. Endmill Ini bisa dibedakan dari mata bor dalam aplikasi penerapan, geometri, dan cara pembuatannya. Hal ini menjadi semakin umum untuk pengerjaan khusus di pabrik bubut dan milling tradisional berpisau solid untuk digantikan oleh alat pemotong yang memiliki insert sisip dengan biaya lebih efektif (meskipun lebih mahal pada beli awalnya), mengurangi waktu penggantian pahat dan memungkinkan penggantian tepi potong yang aus atau rusak dengan mudah daripada keseluruhan alat perkakas.

Jika Anda berminat untuk membeli alat potong endmill profesional yang asli ataupun beragam alat kerja milling lainnya silahkan hubungi kami melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Juni 20, 2020 @ 2:41 am

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: