Apa Jenis Mata Bor Yang Tajam dan Tahan Lama?

Pisau bor atau Mata Bor merupakan alat pembuat dan pemotong lubang pada bahan material padat. Pisau bor bisa digunakan untuk mengebor material yang terbuat dari kayu, logam, plastik,batu, bahkan tulang tengkorak manusia saat operasi. Mata Bor pada umumnya digunakan untuk membuat lubang pada objek berbentuk beda padat dalam memproses bahan. Dalam artikel ini kita bahas ciri – ciri mata bor yang awet digunakan dan presisi

JENIS MATA BOR MENENTUKAN HARGA DAN CARA PEMAKAIANNYA

Tentu saat memilih mata bor maupun kombinasi mesin cutting tool untuk aplikasi industri, juga mempertimbangkan berbagai faktor seperti daya mesin, geometri, feed pemakanan, coolant, bahkan holder dan tipe materialnya. Berikut ini klasifikasi umum tentang bentuk geometri dari mata pisau bor yang sering dicantumkan dalam spek katalog: 

  • Bentuk pisau Spiral (atau tingkat derajat kemiringan sudut ulir dari twist drill) di mata bor mengontrol kecepatan pelepasan chip. Mata bor spiral cepat (tingkat putaran tinggi atau “seruling kompak”) digunakan dalam aplikasi kecepatan pemakanan tinggi di bawah kecepatan spindel rendah, di mana pelepasan volume besar chip diperlukan. Mata bor spiral tipe rendah (tingkat putaran rendah atau “seruling memanjang”) digunakan dalam aplikasi pemotongan di mana kecepatan pemotongan tinggi secara tradisional digunakan, dan di mana material memiliki kecenderungan untuk mengoyak atau menyumbat mata bor. lubang, seperti aluminium atau tembaga.

  • Bentuk ujung tombak pisau bersudut runcing, atau sudut yang terbentuk pada ujung mata bor, ditentukan oleh jenis material tempat mata bor akan dioperasikan. Material yang lebih keras memerlukan sudut titik yang lebih besar, dan material yang lebih lunak memerlukan sudut yang lebih tajam. Sudut titik yang tepat untuk kekerasan bahan mempengaruhi kemampuan pemakanan, akurasi bentuk lubang yang dihasilkan. vibrasi, bentuk lubang, dan tingkat keausan.

  • Sudut bibir atau sudut tepian pisau ulir bor menentukan jumlah dukungan daya pemakanan material yang diberikan ke ujung tombak pisau bor. Sudut bibir yang lebih besar akan menyebabkan mata bor terpotong lebih agresif di bawah jumlah tekanan titik yang sama dengan mata bor dengan sudut bibir yang lebih kecil. Kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan pengikatan, keausan, Sudut titik yang sangat lancip memiliki lebih banyak area permukaan web yang disajikan pada pekerjaan pada satu waktu, membutuhkan sudut bibir yang agresif, di mana bagian yang datar sangat sensitif terhadap perubahan kecil pada sudut bibir karena area permukaan kecil yang menopang tepi tajam.

  • Panjang fungsional mata bor menentukan seberapa dalam sebuah lubang dapat dibor, dan juga menentukan kekakuan mata bor dan akurasi lubang yang dihasilkan. Sementara mata bor yang lebih panjang dapat mengebor lubang yang lebih dalam, mereka lebih fleksibel yang berarti lubang yang mereka bor mungkin miliki. Mata bor putar tersedia dalam panjang standar, disebut sebagai Stub-length atau Screw-Machine-length (pendek), Jobber-length yang sangat umum (sedang), dan Taper-length atau Long-Series (panjang).

  • Standar fungsional diameter mata bor untuk keperluan pembuatan ulir sekrup atau fastener, umumnya berpasangan dengan jenis pisau pisau reamer atau pisau tapping yang cocok digunakan. Oleh karena ulir sekrup memiliki standar masing-masing, diperlukan standar kekakuan mata bor dan akurasi lubang yang dihasilkan.

CIRI – CIRI MATA BOR YANG BAGUS

Biasanya mata bor yang umum dipakai dalam pekerjaan industri berbentuk Pisau spiral dipasangkan atau dikaitkan pada holder jepit (chuck) sekitar 100mm yang bisa di setel kekencanganya lalu diputar untuk memproses benda padat sperti logam dan kayu. Oleh sebab itu mata bor yang bagus pasti harus sesuai bentuknya dengan holder jepit pada mesin bor. Berikut ini ciri-cirinya mata bor yang bagus:

1. Standar yang jelas jenisnya dan tertera.

Mata bor jika dilhat juga dari aplikasi kegunaan, standar ketajaman mata yang digunakan haruslah memiliki standar dimensi dan akurasi yang jelas. Tentu saja setiap merek bisa saja menggunakan standar industri yang berbeda, apakah Jepang JIS, atau Jerman DIN, atau standar Inggris UKAS atau ISO. Namun secara umum, mata bor tipe umum atau mata bor general purpose menggunakan standar DIN 330 hingga DIN 335.

Produk mata bor atau Bentuk Mata Bor juga memiliki banyak Jenis dan tipe sesuai dengan kegunaan dan tergantung pada aplikasinya, dan tergantung pada bagaimana pilihan anda, seperti bor untuk keperluan umum yang digunakan dalam berbagai situasi dan bor untuk baja dan stainless steel, kinerjanya akan lebih meningkat tergantung pada merk produk dan bahan pembuatan mata bor. Oleh Karena Itu Mata bor yang baik dan tajam yang sesuai untuk tujuan dan Kegunaan seperti variasi,lebar,ukuran dan panjang untuk pengeboran lubang pada objek berbentuk beda padat dalam memproses bahan.

2. Mata bor yang awet memiliki merek, asal pabrikan, tanggal produksi dan spesifikasi yang jelas ditulis dibungkusnya.

Standar yang jelas juga mempengaruhi beban kekencangan yang diterapkan pada pengikat chuck, kekakuan holder dalam menjepit tooling, alat centering dan jumlah sekrup torx pengencang yang dibutuhkan semua harus diperhitungkan.

Tentu saja produsen mata bor yang bagus pasti mengunakan standar yang jelas dan tertulis di bungkusnya maupun bisa terbaca digagang mata bor tersebut. Bor yang lebih mahal misalnya tipe solid Tungsten Carbide tertinggi, bahkan memiliki label peringatan akan bahaya dan resiko pengoperasian mata bor industri akan bahaya kanker jika terkena kulit terus menerus. Oleh sebab itu mata bor tipe ini sebaiknya dipegang dengan sarung tangan maupun kain lap.

Bor yang digunakan untuk mesin bubut tentu memiliki desain relief pisau dan standar yang sedikit berbeda dengan mesin bor untuk mesin Tapping dan keperluan ulir sekrup yang berdiameter lebih kecil.

3. Mata Bor sebagian besar terbuat dari bahan material dasar baja HSS (high speed steel). Kenapa demikian?

  • Baja HSS (high speed steel) terkenal akan ketahanannya terhadap gesekan pada suhu tinggi pada material logam umum yang nilai kekerasan hingga 30 HRC seperti besi standar, besi alloy, seng dan alumunium.

  • Material baja HSS (high speed steel) mempunyai sifat kekerasan yang bisa dikombinasikan baik dengan bahan pelapis coating pelindung agar lebih awet. Lapisan coating ini bisa terbuat dari alumunium, plastik, karbon, kapur semen bahkan berlian, tergantung dari tipe dan pembuatnya. Tambahan material ini memastikan bahwa bahan tersebut semakin awet tahan terhadap goresan, tidak mudah memuai, licin saat dipakai ngebor dan tahan keausan.

  • Untuk banyak aplikasi rekayasa ataupun kegunaan industri dan pertukangan, karakteristik penting dari mata bor baja HSS (high speed steel) yang baik pada sebagian besar perkakas bengkel tipe portable maupun tipe mesin bor duduk.

KENAPA MATA BOR YANG BAGUS LEBIH TINGGI HARGANYA?

Sebagian besar mata bor untuk penggunaan konsumen memiliki gagang shank lurus. Untuk pengeboran tugas berat di industri, mata bor dengan shank runcing terkadang digunakan. Jenis shank lain yang digunakan termasuk berbentuk hex, dan berbagai sistem holder penjepit yang unik dari pabrikan karena tipenya pelepasan cepat (quick release systems).

Rasio diameter-panjang mata bor biasanya antara 1: 1 dan 1:10. Rasio yang jauh lebih tinggi dimungkinkan (misalnya, mata bor “panjang pesawat”, mata bor senapan minyak bertekanan, dll.), tetapi semakin tinggi rasionya, semakin besar tantangan teknis untuk menghasilkan pekerjaan yang baik.

Geometri pisau bor yang terbaik untuk digunakan tergantung pada sifat material yang dibor.Tabel berikut mencantumkan geometri yang direkomendasikan untuk beberapa material yang biasa dibor. Tergantung dari material yang akan anda potong dan akurasi yang anda kejar, resiko patahnya mata bor tentu bisa dihindari dengan penerapan mata bor yang cocok dan spesifikasi mesin yang sesuai pula.

Misalnya; permintaan akan Industri Teknologi maupun Otomotif untuk pembuatan lubang sekrup pada blok mesin berbahan baja, tentu menyebabkan kebutuhan untuk bor tipe solid Carbide yang cocok untuk permesinan presisi tinggi. Mata bor yang sama tentu tidak cocok jika digunakan untuk melubangi material semen cor maupun untuk melubangi material fiberglass yang sifatnya berserat tinggi dan sangat berdebu.

Pemakaian Mata Bor Pada Mesin pertukangan Industri menyebabkan logam mata bor menghasilkan energi panas tinggi pada ujung ujung pisau selama pemotongan, bor juga memiliki ketahanan panas dan ketahanan aus sama hal dengan dan mesin bahkan manusia yang selalu bekerja dan bergerak pasti mengalami titik masa pakai dan kekuatan sehingga pergantian mata bor baru ataupun perawatan mata bor dalam dunia industri sangat diperlukan akan terhindar dari masalah dalam pertukangan maupun industri.

KESIMPULAN

Metalextra menawarkan rangkaian alat kerja cutting tool lengkap yang mencakup semua profil ulir dan grup bahan – dioptimalkan hingga proses pengujian akurasinya. Ada banyak pilihan solusi yang bisa dioptimalkan untuk fleksibilitas fastener yang anda kerjakan.

Jika Anda berminat untuk membeli perlengkapan alat countersink, deburring, cutting tool maupun hand tooling silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga menambah bahan referensi anda! Wassalam!


Sumber:
Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on April 29, 2020 @ 12:04 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: