fbpx

Gergaji Band Saw patah? pahami sebabnya!

Mesin Bensaw memang diakui merupakan mesin yang paling multifungsi dipasaran. Kemampuan penggergajiannya lebih ditentukan oleh pilihan mata pisau gergaji maupun proses perawatan dan operasi mesin. Namun, mesin Bandsaw sangatlah berbeda dengan Circular saw yang memilki sedikit sekali komponen yang bergerak dengan kualitas bervariasi. Pemasangan pisau gergaji bandsaw blade yang tak cocok juga sangat mempengaruhi umur ekonomisnya juga. Dalam artikel kali ini kita kan bahas secara praktis tentang penyebab gergaji pita bandsaw bisa patah atau matanya pecah.

PAHAMI TIPE PISAU GERGAJI BANDSAW SEUSAI TIPE MESINNYA

Efisiensi dan baliknya modal investasi pada dasarnya bermuara pada cara Anda menggunakan mesin gergaji tersebut. Mesin gergaji pita band saw lebih baik untuk membuat potongan tidak teratur dan melengkung di mana gergaji bundar lebih baik dengan potongan garis lurus. Persyaratan mobilitas pekerjaan juga memainkan peran besar dalam memilih jenis tipe mesin gergaji yang Anda gunakan.

Mesin gergaji pita atau bandsaw memang mesin yang serba guna karena dapat memotong hapir semua material. Dari membuat titik awal potong material hingga memotong lekukan yang rumit. Secara umum, dipasaran ada 2 tipe bandsaw yang bisa dibeli berdasarkan fungsi, yaitu; bandsaw material dan bandsaw Food grade. Dari kategori ini tentu desain, jenis material yang digunakan dan harganya tentu berbeda.

Mesin Bandsaw tipe Food Grade ditujukan untuk produksi massal dalam memotong daging ternak dan bahan makanan yang keras dan berdimensi besar seperti Kayu sagu, Keju, batu es dan lainnya. Dari segi rangka tentu saja bandsaw Food Grade terbuat dari material Stainless Steel dan tidak memiliki fitur cairan pendingin berupa ember/kotak tempat air coolant. Gergaji untuk memotong daging juga tahan karat dengan fitur yang mudah dibersihkan.

Kategori gergaji berdasarkan konstruksi desainnya ini juga terbagi lagi menjadi beberapa desain mesin bandsaw yaitu tipe; Gergaji Pita Vertikal (General Purpose Pivot Style), Gergaji Horizontal Gaya Pivot Serbaguna, Sistem Gergaji Kolom Ganda, Gergaji Struktur Horizontal, Gergaji Kolom Ganda Produksi, Gergaji Tipe Meja dan Portal, dan Gergaji Tabung (Tube Saws.).

Mesin Bandsaw vertikal disukai untuk memotong material tipis seperti pelat dan besi hollow atau tubes berukuran kecil dan presisi secara manual.

TIPE PISAU GERGAJI BANDSAW SESUAI TIPE MATERIALNYA

Mesin gergaji Bandsaw (juga tertulis gergaji pita atau bensaw) merupakan gergaji listrik dengan bilah pisau yang panjang mirip seperti sabuk belt. Mata gergaji bandsaw tajam itu memiliki gigi pita tersambung yang dilas mirip seperti belting mesin dari logam. Tiap merek memiliki keunikan tersendiri. Gergaji bensaw digunakan dalam pengerjaan kayu, pengerjaan logam, dan berbagai bahan lain tergantung dari spesifikasi maupun jenis blade pisau gergajinya.

Penyetelan mesin gergaji dengan jenis pisau dan kebersihan mesin juga mempengaruhi keawetan pisau gergaji. Panas berlebih yang dihasilkan dari gesekan gigi yang tidak mampu menghilangkan serbuk gergaji dengan cukup cepat dan menciptakan gesekan antara bilah pisau gergaji dan material. Panas berlebih juga dapat disebabkan oleh bagian belakang blade yang bergesekan dengan keras terhadap bantalan dorong atau terlalu banyak friksi dibantalan pemandu.

Tiap mesin tentu memiliki setelan kekencangan dan panduan galur penekan pisau bandsaw yang berbeda pula desainnya. Dengan mata gergaji bergigi yang terbentang di antara dua roda atau lebih, mesin bandsaw industri memotong bahan material lebih presisi dan beragam. Di Indonesia, pada umumnya satuan yang digunakan dalam mengukur mata bandsaw blade maupun dimensi kapasitas potong mesin bandsaw adalah satuan imperial atau Inch.

Umur ekonomis pisau gergaji tipe apapun juga sangatlah tergantung dari kualitas material pisaunya dan cara penggunaannya. Saat baru dipasang, Band Saw Blade giginya terlalu tajam dan berada disuhu yang masih dingin. Pemotongan dengan kecepatan penuh akan menyebabkan patahnya tepi bulu, yang akan menyebabkan kegagalan pisau prematur. Bilah gergaji pita yang putus membuat tepi ultra tajam ini hilang dan memungkinkan bilah mempertahankan kemampuan memotongnya lebih lama.

Beda material yang dipotong tentu saja berbeda jenis mata gergaji dan mesin bandsaw yang digunakan. Gergaji bandsaw horisontal lebih cocok untuk hampir 70% operasional pemotongan material logam, kayu maupun fiber dalam jumlah banyak.

BANDSAW BLADE PATAH SEBABNYA APA?

Kami seringkali mendapatkan pertanyaan mengenai aplikasi pisau gergaji bandsaw dari pelanggan. Umumnya pelanggan kami melakukan banyak pekerjaan dengan gergaji pita dan bisa mematahkan 3 bilah dalam seminggu. Mengapa bilah mata gergaji pita bisa patah?. Bilah gergaji pita akan pecah jika Anda memaksa kayu ke dalamnya, menerapkan terlalu banyak atau terlalu sedikit ketegangan, Anda menggunakan jenis bilah yang salah untuk memotong, pitch gigi bilah salah, bilah dipasang dengan tidak benar, bantalan dorong tidak disesuaikan, bilahnya tumpul, bilahnya memiliki las yang salah, Anda memotong kurva terlalu ketat atau Anda tidak menggunakan urutan yang benar.

Alasan penyebab utama mengapa mata pisau bandsaw akan patah tentu bervariasi. Kami berpendapat bahwa masalah ini bisa diperbaiki jika anda mau memahami dan mengakui kesalahan penggunaan maupun kesalahan pembelian gergaji. Berikut adalah daftar untuk referensi mudah.

  1. Sambungan las pada pisau gergaji yang salah atau pisau bandsaw memang berkualitas buruk

  2. Memaksa dan menekan pemakanan material ke dalam bilah secara berlebihan

  3. Roda bandsaw selip atau rusak karena karet galurnya sudah aus

  4. Roda atas dan roda bawah pada bandsaw tidak seimbang atau tidak center dan miring. Hal ini bisa mengakibatkan tekukan lagi pada pisau bandsaw saat direntangkan.

  5. Minimnya pendinginan coolant untuk membersihkan serpihan material yang menumpuk diujung galur penekan gergaji

  6. Untuk mengurangi kemungkinan patah saat jadwal kerja padat, kami sarankan Anda berencana untuk mengganti blade sebagai bagian dari perawatan rutin Anda. Gergaji bandsaw seiring waktu mengalami korosi dan perubahan suhu maupun pengembunan yang dapat membuat retakan kecil dan karat yang terlihat maupun tak disadari.

  7. Penggunaan ragum pengunci material yang tak tepat

  8. Terlalu banyak ketegangan pada bilah gergaji atau bahkan terlalu longgar

  9. Menggunakan jenis pisau yang salah untuk memotong material, maka mata pisau wajib diganti untuk material yang berbeda karakternya.

  10. Pisau memiliki pisau dengan gerigi pitch gigi yang salah. Bilah gergaji pita berbeda dari bilah gergaji besi tangan karena umumnya lebih berat, dibuat dalam ukuran yang lebih panjang, dan memiliki lebih sedikit gigi per inci. Biasanya pisau gergaji jumlah giginya berkisar antara 4 dan 14 gigi per inci (Tooth per Inch/TPI). Namun, aturan umumnya adalah setidaknya tiga gigi penuh harus ada pada benda kerja setiap saat masih berlaku dan jika kurang akan menyebabkan retakan dan kerusakan gigi.

  11. Pisau bensaw itu mengalami interval pemuaian panas yang terlalu tinggi dan tidak digunakan dengan benar karena spesifikasiya salah

  12. Bantalan dorong atau penekan pisau tidak disetel dengan benar

  13. Menggunakan pisau tumpul atau tumpul

  14. Memotong kurva yang terlalu ketat

  15. Tidak menggunakan run yang benar secara berurutan

Bandsaw Blade bisa memotong semua materia, namun itu semua tergantung kapasitas mesin dan jenis pisau bladenya.
Pisau Bandsaw blade Material standar HSS juga sudah lebih dari cukup untuk memotong kayu solid maupun besi umumnya. Namun untuk material alumunium, maupun Fiber Reinforced Plastic atau fiberglass, anda membutuhkan pisau gergaji Cemented Carbide.

CARA PAKAI MESIN BANDSAW DENGAN PADUAN PISAU GERGAJI BLADE YANG BENAR

Kesalahan terbesar yang dilakukan operator fabrikasi ketika memilih pisau mata gergaji umumnya karena pasrah saja pada bagian keuangan/budgetting yang memilih mesin yang paling murah dengan kapasitas spesifikasi power yang nampaknya terbesar di kertas. Hal ini lumrah terjadi karena mempertimbangkan jenis material disetiap proyek yang pernah mereka potong dan kemudian membeli gergaji yang serbabisa untuk menangani semua jenis material kerjanya. Tentu saja mesin gergaji dengan kualitas pas-pasan ini haruslah dikompensasi dengan mata pisau bensaw yang berkualitas maupun perawatan yang lebih rutin.  

Perhatikan pula spek dan tipe motor listrik serta rasio unit reduksi gigi yang kuat dirancang untuk mengurangi kecepatan blade tanpa mengurangi torsi. Mesin bandsaw Ini menciptakan beban chip yang tinggi per gigi dengan hasil potong konsistensi yang tinggi. Jika anda melihat perbandingan harga yang setaraf, mesin bandsaw sampai kapanpun tidak akan mampu bersaing dari sisi torsi dengan mesin gergaji serkel circular saw. Hal ini terjadi karena komponen gergaji serkel yang lebih sedikit dan lebih cocok dengan material yang membutuhkan torsi potong dan feed pemakanan tinggi. Namun dari sisi daya guna, mesin bandsaw lebih ekonomis untuk memotong beragam material.

Mirip seperti cutting tools untuk mesin milling maupun bubut lathe, berikut jenis mata gergaji yang kami tawarkan:

    • Gigi standard dari Baja Padat dari material HSS (High Speed Steel)

    • Gigi Segmental dan bercoating cemented carbide maupun ceramic

    • Gigi gergaji yang dibracing/dilas dari material Tungsten Carbide Tipped

    • PCD Polycristaline Diamond, atau Polycrystalline Diamond Tipped Teeth memberikan masa pakai yang lebih lama 15X lebih lama dibandingkan dengan pisau carbide standar. Lebih sedikit aus dan debu gergaji dibandingkan dengan bilah gergaji ber-coating karbida standar.

Gergaji bandsaw yang sudah dibracing dengan material Solid Carbide TCT

KESIMPULAN

Mata pisau gergaji bandsaw yang paling terawat pun akhirnya akan mengalami kegagalan karena bilahnya aus menumpul dan sudah tidak elastis lagi memuai. Pisau gergaji yang sudah tumpul pasti mengalami peningkatan kebisingan dan penurunan kemampuan pemakanan. Proses ini terjadi tanpa anda sadari. Lebih baik mengantisipasi dan ganti pisau gergaji itu sebelum benar-benar gagal dan patah saat pekerjaan anda padat.

Jika Anda berminat untuk membeli mesin gergaji pita band saw maupun mata pisau gergajinya saja ataupun cut-off wheel, silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 9, 2020 @ 11:09 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: