Kenapa Coating Thickness Eddy Current diperlukan?

Pengujian arus-eddy (juga umum dilihat sebagai pengujian arus eddy atau Eddy Current Testing) merupakan salah satu dari banyak metode pengujian elektromagnetik yang digunakan dalam pengujian nondestructive (NDT). Metode ini memanfaatkan induksi elektromagnetik untuk mendeteksi dan mengkarakterisasi kekurangan permukaan dan permukaan bawah pada bahan konduktif sekaligus menilai ketebalannya. Mengapa pengujian dan pengukuran ketebalan coating dengan eddy current tester tester diperlukan?

  1. Mengetahui ketebalan coating atau thickness dari material dasar logam

    Pengujian mekanisme arus lemah Eddy current merupakan metode pengujian non destruktif yang efisien dan tepat untuk mengevaluasi penukar panas dan bagian pada material logam maupun komponen yang sensitif terhadap panas.

    Aliran arus listrik periodik dalam konduktor, atau probe, menciptakan medan elektromagnetik yang bervariasi. Probe ini ditempatkan di dekat permukaan bahan uji dan dapat mendeteksi efek dari proses dan pembentukan operasi selama produksi, serta kerusakan korosi atau retak pada sebagian besar. logam dan paduan bukan magnetik.

    Pengujian arus Eddy current sangat penting untuk pengujian non destruktif dan pemantauan kondisi berbagai macam struktur logam, termasuk tabung penukar panas, badan pesawat, dan komponen struktural pesawat. Selain itu, coating thickness tester tipe NDT umumnya memiliki beragam metode uji termasuk ultrasonik, magnetik-partikel, penetran cair, radiografi, dan pengujian eddy current.

  2. Aplikasi pengukuran ketebalan lapisan untuk beragam jenis coating atau cat tertentu

    Ada beragam jenis material yang digunakan untuk melapisi benda kerja. Dari material karet, sintetik maupun coating yang berbahan dasar logam yang diterapkan dipermukaan material logam yang bisa menghantarkan arus listrik. Eddy current cocok untuk segala jenis material dasar logam.

    Pertimbangan utama untuk sebagian besar proses pelapisan adalah pelapisan diterapkan pada ketebalan yang terkontrol, dan sejumlah proses berbeda digunakan untuk mencapai kontrol ini, mulai dari sikat sederhana untuk mengecat dinding, hingga beberapa mesin yang sangat mahal yang mengaplikasikan pelapis dalam industri elektronik.

  3. Sebagai alat ukur pendeteksi korosi dan penilai umur ekonomis

    Beragam jenis benda kerja berbahan dasar logam haruslah memiliki lapisan perlindungan dari eleme lingkungannya. Sehingga aplikasi coating juga dibutuhkan sebagai cat pelapis terhadap tekanan, maupun penahan abrasif dari karat. Oleh sebab itulah, pengetesan ketebalan coating haruslah dilakukuan sebelum karat maupun gelembung korosif tidak terbentuk dibawah lapisan cat..

    Ada dua aplikasi utama pengujian arus eddy, yaitu inspeksi permukaan dan inspeksi tubing. Inspeksi permukaan digunakan secara luas dalam industri aerospace dirgantara, dan juga dalam industri petrokimia. Teknik ini sangat sensitif dan dapat mendeteksi retakan yang tipis. Inspeksi permukaan dapat dilakukan baik pada bahan material feromagnetik (Besi dan logam magnet) maupun non-feromagnetik (Alumunium dan logam non-magnetik)

  4. Mengetes tingkat konduktivitas listrik dari coating

    pengujian arus eddy, atau ECT juga berguna dalam membuat pengukuran konduktivitas listrik dan ketebalan lapisan, antara lain; Permukaan Peka cahaya seperti yang sebelumnya digunakan untuk membuat film fotografi

  5. Pengujian jenis material logam dasar benda yang di inspkesi

    Pengujian arus eddy digunakan untuk mendeteksi koin palsu, ataupun mengkonfirmasi kandungan material logam lain. Koin berguling melewati magnet yang tidak bergerak, dan aliran eddy current memperlambat kecepatannya. Kekuatan arus eddy, dan dengan demikian keterbelakangan, tergantung pada konduktivitas logam koin. Aksi ini kemudian melambat ke tingkat yang berbeda dari koin asli, dan ini digunakan untuk mengirim mereka ke slot penolakan.

  6. Menguji dan mensertifikasi benda kerja metalworking

    Pengujian arus eddy atau ECA dalam las baja karbon diatur oleh standar ASTM E3052.  Standar terebut ditetapkan untuk memastikan penggunaaan standar yang sama pada mobil yang lainnya. Pelapis fungsional dapat diterapkan untuk mengubah sifat permukaan substrat, seperti adhesi, keterbasahan, ketahanan jug bisa korosi, atau ketahanan aus.

    Dalam kasus lain, mis. pembuatan perangkat semikonduktor (di mana substrat adalah wafer), lapisan menambahkan properti yang sama sekali baru, seperti respons magnetik atau konduktivitas listrik, dan membentuk bagian penting dari produk jadi. Pelapisan coating dapat diterapkan sebagai cairan, gas atau padatan.

Pengujian eddy current biasa digunakan untuk mengukur ketebalan cat dan pelapisan coating serta mengevaluasi produk untuk berbagai komponen dan bahan material logam. Jika Anda berminat untuk membeli alat uji coating tester inspeksi NDT ataupun beragam alat ukur coating tester destructive lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 10, 2020 @ 9:35 am

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!