Pisau untuk kayu apa saja?

Material kayu memiliki banyak sekali aplikasinya. Dari pembuatan mould untuk industri fiberglass pada pembuatan pipa dan interior eskterior kapal hingga sebagai furniture dan alat musik, ada beragam jenis kayu yang digunakan. Awalnya material besi cast iron dan carbon steel sudah cukup digunakan sebagai pisau parang untuk mengupas dan menebang pohon. Namun, dengan kemajuan pemahaman dan teknologi manusia dalam ilmu metalurgi, tentu dibutuhkan efisiensi kerja pemotongan yang lebih baik.

Dalam penggunaan material, pisau logam untuk pengolahan kayu pun semakin beragam. Setiap logam memiliki sifat masing-masing dan bila digabung dan diproses, justru mampu berfungsi berbeda. Misalnya pisau router vertikal tentu membutuhkan ketahanan saat memotong kayu keras seperti jati. Selain itu tingkat kekeringan dan kekerasan kayu yang akan dipotong dengan mesin bobok dan korter tentu berbeda. Oleh sebab itu dibutuhkan cutting tool dan proses machining yang bervariasi pula.

JENIS ALAT KERJA UMUM PADA MATERIAL KAYU

Machine tool untuk mengerjakan material kayu dan material sintetis seperti plastik dan logam alumunium memang hampir tidak ada bedanya. Tetapi jenis material pisau telah diciptakan untuk fungsiyang berbeda. Dengan serangkaian alat pemotong atau cutter yang digunakan untuk menghilangkan beberapa bahan dari benda kerja dengan deformasi atau pahatan dan dengan cara goresan friksi atau biasanya kita kenal dengan penggergajian.

Pemotongan dapat dilakukan dengan alat titik tunggal atau banyak titik. Alat titik tunggal digunakan dalam memutar, membentuk, merencanakan dan operasi serupa, dan menghilangkan material dengan menggunakan satu ujung tombak.

Alat-alat penggilingan dan pengeboran seringkali merupakan alat multipoint. Ini adalah pisau dengan tubuh yang memiliki gigi atau memotong ujungnya. Alat gerinda juga merupakan alat multi titik. Setiap butiran fungsi abrasif sebagai ujung tombak mikroskopis tunggal (meskipun sudut rake negatif tinggi), dan menggunting chip kecil.

Beberapa jenis mata potong high speed steel yang biasanya untuk memotong beragam logam juga bisa digunakan untuk memotong material kayu keras. Tetapi untuk kayu yang jenisnya lunak, material carbon steel saja sudah cukup.
Hole saw dengan mata potong pisau berlapis carbide lebih awet untuk memotong meranti dan kayu keras lainnya yang memiliki serbuk kayu yang kasar dan abrasif.

Material pahat harus lebih keras dari material yang akan dipotong, dan pahat harus mampu menahan panas yang dihasilkan dalam proses pemotongan logam. Selain itu, pahat harus memiliki geometri tertentu, dengan sudut jarak bebas yang dirancang sedemikian rupa sehingga ujung tombak dapat menyentuh benda kerja tanpa pahat yang menyeret permukaan benda kerja. Sudut permukaan potongan juga penting, seperti lebar ulir, jumlah ulir atau gigi, dan ukuran margin. Agar memiliki masa kerja yang panjang, semua hal di atas harus dioptimalkan, ditambah kecepatan dan umpan saat alat dijalankan.

Salah satu jenis kayu yang paling sering digunakan dalam industri manufaktur yaitu kayu keras seperti jati dan meranti. Meranti merupakan kayu serbaguna dengan banyak subspesies, sumber dan tujuan. Mahoni Filipina atau Lauan adalah istilah lain yang agak umum untuk meranti yang dipanen dan tersedia berlimpah di seluruh dunia. Mayoritas meranti untuk keperluan rumah tangga diimpor ke Amerika Serikat dari Asia Tenggara.

JENIS MATERIAL KAYU
Meranti punya banyak naman, antara lain; lauan, luan, lawaan, meranti, seraya, balau, bangkirai, dan mahoni Filipina. Meranti mungkin terlihat lunak; ia memiliki urat kayu beralur lurus dengan beberapa variasi. Berwarna abu-abu atau kuning, bercampur menjadi kemerahan tergantung pada tempat dipanen, umur meranti menjadi cokelat keemasan dengan paparan cahaya yang berkelanjutan.

Meranti merupakan golongan material kayu keras. Pada skala Janka – skala yang memberi peringkat kayu untuk kekerasan – varietas meranti memiliki peringkat kekerasan material antara 800 dan 825. Demi perbandingan, kayu red oak peringkat 1.290. sedangkan kayu pinus Douglas fir, kayu lunak, berada di peringkat 660.

Shorea spp. atau pohon Meranti merupakan pohon berbatang keras asli Asia Tenggara, dari India utara ke Malaysia, Indonesia, dan Filipina. Di Malesia barat dan Filipina, genus ini mendominasi cakrawala hutan tropis.

CARA PENGERJAAN PEMOTONGAN
Meranti adalah salah satu kayu keras yang lebih mudah digunakan untuk berbagai jenis karya seperti kayu kusen, furnitur dan bahkan alat musik. Dengan mudah, mesin bisa memotong dengan beragam jenis mata pisau maupun gergaji tipe High Speed Steel biasa. Namun, berbeda dengan kayu lain seperti kayu jati, kayu meranti memilki serbuk kasara abrasif seperti pasir. Karena sejumlah silika dalam kayu, material meranti memiliki efek tumpul pada peralatan pertukangan. Bilah baja, mata pisau potongan dan pisau memotong meranti dengan mudah tumpul jika dipotong dengan pisau besi karbon biasa. Akan tetapi bilah dan alat oisau potong berlapis Carbide lebih direkomendasikan untuk proyek yang padat pada tingkat produksi.

Kayu Meranti memiliki tekstur kasar dan berserat dengan pori-pori terbuka. Komposisi biji-bijian lurus dari meranti berarti ramah terhadap planer dan peselancar, tetapi sejumlah gandum yang saling mengunci dapat menyebabkan meranti meledak atau pecah. Pola butiran yang saling terkait terjadi ketika pola butir paralel berubah pada 90 derajat. Saat pisau atau pemotong memotong butiran tegak lurus, hal itu dapat menyebabkan butiran terangkat atau keluar.

CARA PENGERAAN FINISHING
Meranti memiliki sedikit atau tidak ada perlawanan terhadap serangga atau pembusukan. Kayunya stabil secara dimensional dan tahan terhadap bengkok atau terpuntir. Pengamplasan dengan amplas 100 grit biasanya adalah semua yang diperlukan sebelum selesai. Pengamplasan selanjutnya dengan hasil grits yang lebih halus semakin halus.

Pengamplasan tentu akan menghasilkan serbuk kayu yang sangat halus atau debu kayu yang dapat menyebabkan iritasi; perlindungan mata dan pernapasan dianjurkan saat bekerja dengan material kayu meranti. Setelah penggilingan dan pengamplasan, kayu meranti siap menerima proses pewarnaan noda dan lapisan coating seerti vernis maupun lacquer atas berikutnya bahkan tanpa perlu wood filler.

Penggunaan alat potong seperti mata router maupun mata gerinda ampalas pada kayu dengan konsistensi galur urat kayu yang lurus seperti kayu pohon meranti, sebaiknya menghasilkan potongan kayu yang panjang dan lurus. Ini digunakan untuk cetakan, struktur, furnitur, lemari, trim jendela dan pintu, dan veneer untuk kayu lapis. Meranti adalah salah satu kayu keras yang lebih terjangkau karena sebagian subspesies, karakteristik dan ketersediaan yang berkembang pesat.

Mata gergaji bandasaw bi-metal juga sangat cocok untuk memotong kayu keras karena memilki elastisitas dan pitch gigi gergaji yang tidak seagresif TPI pisau kayu baja karbon yang digunakan pada material kayu lunak..

Namun, tergantung dari manfaat dan desain yang diinginkan dari mata potong tersebut, ada cara yang lebih cepat dan lebih mudah untuk memotong material kayu. Dengan penerapan alat potong dan gaya yang diarahkan secara akut, hasil potong kayu akan sangat bak. Pemotongan melibatkan benda tajam yang cukup mampu memotong jika memiliki kekerasan yang cukup besar dari benda yang dipotong, dan jika diterapkan dengan kekuatan yang cukup.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Desember 15, 2019 @ 12:22 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!