fbpx

Uninterruptible power supply fungsinya apa?

Dalam merawat dan menjaga komponen elektronik, ada 3 hal yang umum diperhatikan yaitu; Besaran dan jaminan konsumsi input listrik, Keamanan operasional agar terjamin kestabilan fungsi dari alat elektronik tersebut dan yang terakhir yaitu nilai ekonomis (Break-even / balik modal) dari mesin tersebut. Dalam artikel kali ini kita membahas tentang point pertama yaitu keterjaminan konsumsi listrik input dari suplai arus uninterruptible power supply atau uninterruptible power source (UPS). 

APA ITU UPS? 

Unit uninterruptible power supply atau uninterruptible power source (UPS) merupakan peralatan listrik yang memberikan kestabilan suplai listrik dalam keadaan darurat ke suatu beban ketika sumber daya input atau daya listrik utama mati secara tiba-tiba atau tidak stabil naik-turun. UPS ini secara prinsip berbeda dari sistem tenaga tambahan atau darurat atau generator siaga. UPS akan memberikan perlindungan konstan yang hampir seketika dari gangguan daya input, dengan memasok energi yang disimpan dalam baterai, superkapasitor, atau roda kinetik flywheels. Waktu kerja dengan baterai dari sebagian besar sumber daya yang tidak pernah terputus relatif singkat (hanya beberapa menit) tetapi cukup untuk memulai sumber daya siaga atau mematikan peralatan yang dilindungi dengan benar. Ini adalah jenis sistem tenaga berkelanjutan.

Perangkat Catu daya tak terputus atau sumber daya tak terputus (UPS) biasanya digunakan untuk melindungi perangkat keras seperti komputer, pusat data, peralatan telekomunikasi, alat ukur dan inspeksi presisi seperti coordinate measuring machine CMM atau peralatan listrik lainnya di mana gangguan daya yang tidak terduga dapat menyebabkan cedera, kematian, gangguan bisnis yang serius, kehilangan data atau bahkan kerusakan akurasi karena mesin ukur yang mati saat penggunaan.

Ukuran unit UPS beragam, mulai dari unit yang dirancang untuk melindungi satu komputer tanpa monitor video (sekitar 200 volt-ampere) hingga unit besar yang memberi daya pada seluruh pusat data atau gedung. UPS terbesar di dunia, Battery Electric Storage System (BESS) 46-megawatt, di Fairbanks, Alaska, menggerakkan seluruh kota dan komunitas pedesaan terdekat selama pemadaman.

Tampilan internal inverter tenaga surya (Solar panel). Perhatikan banyak kapasitor besar (silinder biru), digunakan untuk menyimpan energi secara singkat dan memperbaiki serta meningkatkan bentuk gelombang keluaran.

FUNGSI DAN PERAN UPS 

Peran utama setiap catu daya tak terputus atau sumber daya tak terputus (UPS) memang untuk memastikan dan menyediakan daya jangka pendek ketika sumber daya listrik yang menjadi input utama gagal. Namun, sebagian besar unit UPS juga mampu dalam berbagai tingkat untuk memperbaiki masalah listrik umum:

  1. Lonjakan tegangan atau tegangan berlebih yang berkelanjutan

  2. Penurunan tegangan input sesaat atau berkelanjutan

  3. Tegangan melorot karena unit penghasil listrik tidak stabil, misalnya; Solar panel disaat mendung.

  4. Kebisingan, didefinisikan sebagai transien atau osilasi frekuensi tinggi, biasanya disuntikkan ke dalam saluran oleh peralatan di dekatnya

  5. Ketidakstabilan frekuensi listrik karena pengaruh dari penggunaan dan jaringan listrik yang tidak rapi.

  6. Distorsi harmonik, didefinisikan sebagai penyimpangan dari bentuk gelombang sinusoidal ideal yang diharapkan pada telepon

  7. Beberapa produsen unit UPS mengkategorikan produk mereka sesuai dengan jumlah masalah terkait daya yang mereka atasi.

Mesin CMM jika tidak dirawat kestabilan dan suplai arus listriknya bisa mengalami kerusakan motor maupun kerusakaan akurasinya.

TEKNOLOGI UPS

Tiga kategori umum dari sistem UPS modern adalah on-line, line-interactive, dan standby: 

  • UPS on-line menggunakan metode “konversi ganda” untuk menerima masukan AC, memperbaiki ke DC untuk melewati baterai isi ulang (atau rangkaian baterai), kemudian membalikkan kembali ke 120 V / 230 V AC untuk menyalakan peralatan yang dilindungi.

  • UPS interaktif-jalur menjaga inverter tetap dalam jalur dan mengalihkan jalur arus DC baterai dari mode pengisian normal ke memasok arus ketika daya hilang.

  • Dalam sistem siaga (“off-line”), beban diberi daya secara langsung oleh daya input dan sirkuit daya cadangan hanya dipanggil ketika daya utilitas mati.

Kebanyakan UPS di bawah satu kilovolt-ampere (1 kVA) adalah jenis line-interactive atau standby yang biasanya lebih murah. Untuk unit daya besar, kadang-kadang digunakan catu daya dinamis yang tidak pernah terputus atau dynamic uninterruptible power supplies (DUPS). Motor / alternator sinkron dihubungkan ke sumber listrik melalui choke. Energi disimpan di roda gila. Ketika daya listrik mati, pengaturan arus-pusar mempertahankan daya pada beban selama energi roda gila tidak habis. DUPS terkadang digabungkan atau diintegrasikan dengan generator diesel yang dihidupkan setelah penundaan singkat, membentuk catu daya tak terputus putar tenaga genset Diesel atau diesel rotary uninterruptible power supply (DRUPS).

UPS Line-interactive: Garis hijau menggambarkan aliran tenaga listrik. Waktu perlindungan umum: 5–30 menit. Perluasan kapasitas: beberapa jam.

TIPE UMUM DARI UPS

UPS sel bahan bakar dikembangkan oleh perusahaan Hydrogenics menggunakan hidrogen dan sel bahan bakar sebagai sumber listrik, berpotensi menyediakan waktu kerja yang lama di ruang kecil Fungsi Topologi UPS yang berbeda memberikan tingkat perlindungan daya yang spesifik.  

  1. Offline/standby
    Standby adalah tipe UPS paling dasar. UPS siaga menggunakan daya cadangan baterai jika terjadi masalah daya yang umum seperti pemadaman listrik, penurunan tegangan, atau lonjakan tegangan. Ketika daya listrik yang masuk turun di bawah atau melonjak di atas level tegangan yang aman, UPS beralih ke daya baterai DC dan kemudian membalikkannya ke daya AC untuk menjalankan peralatan yang terhubung. Model ini dirancang untuk elektronik konsumen, komputer level awal, sistem POS, sistem keamanan, dan peralatan elektronik dasar lainnya.

  2. Line-interactive
    UPS interaktif jalur menggabungkan teknologi yang memungkinkannya mengoreksi fluktuasi daya kecil (voltase di bawah dan voltase berlebih) tanpa beralih ke baterai. Jenis UPS ini memiliki autotransformer yang mengatur voltase rendah (mis., Penurunan tegangan) dan voltase berlebih (mis., Membengkak) tanpa harus beralih ke baterai. Model Line Interactive UPS biasanya digunakan untuk elektronik konsumen, PC, sistem permainan, elektronik home theater, peralatan jaringan, dan server entry-to-mid-range. Mereka menyediakan daya selama peristiwa seperti pemadaman listrik, penurunan tegangan, lonjakan tegangan, atau tegangan berlebih.

  3. Online/double-conversion
    UPS konversi ganda (online) memberikan daya yang konsisten, bersih, dan hampir sempurna terlepas dari kondisi daya yang masuk. UPS ini mengubah daya AC yang masuk ke DC, dan kemudian kembali ke AC. Sistem UPS dengan teknologi ini beroperasi dengan daya DC terisolasi 100 persen dari waktu dan memiliki waktu transfer nol karena tidak perlu beralih ke daya DC. Sistem UPS konversi ganda dirancang untuk melindungi peralatan TI yang sangat penting, instalasi pusat data, server kelas atas, instalasi telekomunikasi besar dan aplikasi penyimpanan, dan peralatan jaringan canggih dari kerusakan yang disebabkan oleh pemadaman listrik, penurunan tegangan, lonjakan tegangan, over tegangan, lonjakan tegangan, gangguan frekuensi, variasi frekuensi, atau distorsi harmonik.

Rangkaian baterai yang dihubungkan secara seri-paralel dapat mengembangkan mode kegagalan yang tidak biasa karena interaksi antara beberapa string paralel. Baterai yang rusak dalam satu string dapat berdampak buruk pada pengoperasian dan masa pakai baterai baru atau baru di string lain. Masalah ini juga berlaku untuk situasi lain di mana string seri-paralel digunakan, tidak hanya dalam sistem UPS tetapi juga dalam aplikasi permesinan seperti machining center maupun mesin alat ukur CMM.

KESIMPULAN

Jika anda berminat untuk membeli alat ukur Height Gauge profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 12, 2020 @ 9:05 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: