Shadow Graph itu apa?

Banyak engineer dari proses pembuatan Metalworking presisi komponen jam dan part injection moulding presisi membutuhkan mekanisme ukur dimensi yang sangat kecil. Seringkali pengecekan kualitas permukaan dan pengukuran jarak diantara titik pengamatan yang sangat kecil tidak cukup dilakukan dengan mata namun harus diukur agar bisa dicatat parameter dimensi dan toleransinya.

SHADOWGRAPH FUNGSINYA APA?

Shadowgraph digunakan untuk mengukur dimensi suatu objek dengan akurasi tinggi. Dengan memposisikan objek di antara sumber cahaya dan layar, bayangan objek akan terbentuk di layar. Operator dapat menggunakan skala pada layar untuk mengukur dimensi objek dengan melihat perbandingan ukuran bayangan dengan skala yang diketahui. 

Shadowgraph atau profile projector memang masih penting dalam inspeksi QC (Quality Control) karena memiliki beberapa keunggulan dan manfaat yang khusus dalam melakukan pengukuran dan inspeksi kualitas. Berikut ini alasan mengapa shadowgraph tetap penting:

  1. Shadow Graph bisa Deteksi Cacat dan Variasi:

    Shadowgraph memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mendeteksi cacat atau variasi pada suatu objek. Dengan melihat bayangan objek pada layar, perbedaan dalam kontur, permukaan, atau dimensi dapat dengan jelas terlihat. Hal ini membantu dalam mengidentifikasi masalah dan kecacatan yang mungkin tidak terlihat secara langsung.

  2. Shadow Graph cocok untuk Pengukuran Non-Kontak:

    Shadowgraph menawarkan metode pengukuran non-kontak, yang berarti tidak ada sentuhan langsung dengan objek yang diukur. Hal ini membantu dalam mencegah kontaminasi atau deformasi objek selama proses pengukuran, sehingga hasilnya lebih akurat dan konsisten. Dalam berbagai industri seperti manufaktur, otomotif, aerospace, elektronik, dan lainnya, shadowgraph tetap menjadi alat yang penting untuk pengukuran dan inspeksi yang akurat, evaluasi kualitas yang cepat dan efisien.

  3. Shadow Graph menawarkan Kecepatan dan Efisiensi:

    Penggunaan shadowgraph dapat memungkinkan inspeksi yang cepat dan efisien. Dengan memposisikan objek di bawah sumber cahaya dan melihat bayangan yang dihasilkan, operator dapat dengan cepat mengevaluasi kualitas dan dimensi objek tanpa perlu melakukan langkah-langkah pengukuran yang rumit.

  4. Shadow Graph Cocok untuk Objek Transparan:

    Shadowgraph juga sangat berguna untuk objek yang transparan atau memiliki permukaan reflektif. Bayangan yang dihasilkan oleh cahaya memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengukur karakteristik objek yang sulit terlihat dengan mata telanjang.

  5. Shadow Graph Cocok untuk Pengukuran Kasar:

    Meskipun teknologi pengukuran lainnya seperti sistem pengukuran berbasis vision VMS atau CMM (Coordinate Measuring Machine) lebih akurat untuk pengukuran yang lebih detail, shadowgraph tetap berguna untuk pengukuran kasar atau awal. Ini dapat membantu dalam mengeliminasi objek yang jelas tidak memenuhi persyaratan, sehingga menghemat waktu dan upaya dalam pengukuran lanjutan.

Mikroskop digital itu apa?

CARA KALIBRASI SHADOWGRAPH / KOMPARATOR OPTIK

Dalam pembuatan komponen yang membutuhkan presisi geometri, shadowgraph digunakan untuk memverifikasi bentuk dan dimensi yang diinginkan. Objek ditempatkan pada layar shadowgraph, dan operator dapat membandingkan bayangan dengan standar geometri untuk memastikan keakuratan bentuk dan dimensi objek.Penggunaan proyektor shadowgraph berulang dari waktu ke waktu dapat membuat sistem keluar dari kalibrasi. Oleh karena itu diperlukan kalibrasi ulang setiap tahun. Sebuah rutinitas kalibrasi khas melibatkan berikut ini:

  • Persegi fokus sejajar dengan sumbu optik.

  • Kuadrat tabel tegak lurus terhadap sumbu optik

  • Tegak lurus sumbu X ke Y.

  • Akurasi pembesaran dan distorsi untuk semua lensa

  • Akurasi sumbu sumbu XY untuk panjang lengkap.

  • Akurasi deteksi tepi

KESIMPULAN

Dalam QC inspection, shadowgraph tetap menjadi alat yang penting karena keunggulannya dalam mendeteksi cacat, pengukuran non-kontak, kecepatan, dan kesesuaian dengan berbagai jenis objek. Namun, dengan kemajuan teknologi, seringkali digunakan bersama dengan teknologi pengukuran lainnya untuk memastikan keakuratan dan efisiensi dalam inspeksi kualitas.

Jika Anda berminat untuk membeli Mikroskop maupun alat inspeksi visual silakan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : sales@metalextra.com

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada9 January 2020 @ 11:36 AM

Leave a Reply