Menampilkan semua 2 hasil

Impact testing merupakan uji material untuk menentukan jumlah energi yang diserap oleh material saat mengalami tumbukan hingga patah. Energi yang diserap ini adalah ukuran ketangguhan material tertentu dan bertindak sebagai parameter untuk mempelajari transisi getas-ulet yang bergantung pada suhu. Impact testing ini juga untuk menentukan apakah bahan tersebut bersifat getas/Brittle atau Ulet/Ductile.

Ketangguhan material ini berasal dari sifat dan faktor kemampuannya untuk menyerap energi selama deformasi plastis yang relatif lambat, meskipun tingkat terjadinya regangan juga penting. Bahan rapuh atau getas tentu memiliki ketangguhan yang rendah sebagai akibat dari sedikit deformasi plastis yang dapat mereka tahan pada tingkat apa pun. Namun, bahan ulet dapat berperilaku seperti bahan rapuh di bawah dampak energi tinggi, oleh karena itu perlunya pengujian semacam ini agar diketahui dan terukur rata-rata batas daya tahannya.

Kondisi pengujian diatur oleh banyak variabel, yang paling penting:

  • dimensi penampang yang biasanya persegi panjang dari sampel di bawah takik;

  • ketinggian palu pada posisi awal, menentukan kecepatannya saat tumbukan;

  • massa palu yang bersama-sama dengan kecepatan menentukan energi kinetiknya saat tumbukan;

  • ketajaman, atau kelengkungan ujung, takik;

  • suhu sampel.

HARGA ALAT UJI IMPACT TESTING BERAPA?

Metalextra menjual beragam alat ukur, Gauge beserta jig aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : sales@metalextra.com