PT Waskita Karya (Persero) Tbk lunasi utang obligasi Perseroan 2021

PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah berhasil melakukan pelunasan pokok dan bunga atas obligasi-obligasi yang jatuh tempo pada tanggal 28 September 2021 yaitu:

1. Obligasi Berkelanjutan II Tahap II 2016 dengan pokok Rp900,00 Miliar dan bunga Rp19,12 Miliar

2. Obligasi Berkelanjutan III Tahap III 2018 seri A dengan pokok Rp761,00 Miliar dan bunga Rp22,95 Miliar

Pembayaran obligasi ini merupakan salah satu bentuk komitmen Perseroan dalam melaksanakan kewajibannya kepada investor obligasi dan merupakan bagian dari strategi 8 Stream Penyehatan Keuangan Waskita dalam hal restrukturisasi.

Sumber dana atas pelunasan obligasi tersebut berasal dari penerbitan baru Obligasi III Waskita Karya Tahun 2021 yang ditujukan untuk proses refinancing dan tambahan modal kerja Perseroan. Penerbitan atas obligasi baru tersebut juga mendapatkan penjaminan penuh dari Pemerintah. Perseroan berhasil menerima dana sejumlah Rp1,77 Triliun melalui penerbitan obligasi baru tersebut.

Direktur Utama Perseroan, Destiawan Soewardjono mengatakan, penerbitan Obligasi III Waskita Karya Tahun 2021 juga merupakan bagian dari 8 Stream Penyehatan Keuangan Waskita yang saat ini sedang dijalankan oleh Perseroan. Kedepannya Perseroan akan terus fokus menjalankan strategi tersebut dalam rangka menjamin going concern Perseroan.

Dampak positif dari implementasi 8 Stream Penyehatan Keuangan Waskita ini juga mulai tercermin pada kinerja konsolidasian Perseroan pada semester pertama tahun 2021. Berdasarkan laporan keuangan audited per 30 Juni 2021, Perseroan mampu mencatatkan laba bersih sebesar Rp291,99 Miliar pada kuartal kedua tahun ini atau meningkat signifikan dibandingkan kinerja pada kuartal pertama tahun ini dengan kerugian bersih sebesar Rp136,93 Miliar. Secara total Perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp155,06 Miliar untuk periode semester pertama tahun 2021 atau tumbuh hingga 111,73% YoY jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Kedepannya Perseroan akan senantiasa menjaga komitmennya untuk menyelesaikan kewajiban-kewajibannya kepada para investor dan kreditur. Selanjutnya, Perseroan berencana akan menerbitan obligasi dengan penjaminan pemerintah pada tahun 2022 dengan tujuan refinancing dan tambahan modal kerja Perseroan.

TENTANG WASKITA KARYA

PT Waskita Karya Tbk atau Waskita Karya adalah perusahaan konstruksi milik negara Indonesia yang berlokasi di Cawang, Jakarta. Itu adalah hasil dari nasionalisasi Volker Aannemings Maatschappij NV pada 1 Januari 1961, cabang Indonesia dari apa yang akan menjadi VolkerWessels. Waskita mengkhususkan diri dalam kontrak bangunan komersial dan residensial

KESIMPULAN

Di Metalextra, rencana kerja kami terlaksana karena kami mendengarkan, mengulas, dan menganalisis tantangan dari pelanggan kami. Spesialis kami akan memulai dengan menghabiskan waktu di lantai workshop Anda dan di laboratorium Anda. Kemudian, kami mencari solusi dan menemukan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:  Siaran Pers Kementrian BUMN SEPTEMBER 2021

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Februari 27, 2020 @ 3:01 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: