Bagaimana Cara Memaku Dinding yang Baik ?

Dalam pertukangan dan konstruksi kayu, paku adalah benda kecil yang terbuat dari logam (atau kayu, disebut paku pohon atau “batang tiang”) yang digunakan sebagai pengikat, sebagai pasak untuk menggantung sesuatu, atau terkadang sebagai hiasan dan penyambung dua material yang berbeda.

Umumnya, paku memiliki ujung yang tajam di satu ujung dan kepala rata di ujung lainnya, tetapi tersedia paku tanpa kepala. paku dibuat dalam berbagai macam bentuk untuk tujuan khusus. Yang paling umum adalah paku kawat. Jenis paku lainnya termasuk peniti, paku payung, brads, paku, dan cleat.

PAKU DAN FASTENER

Mata paku juga masuk kedalam kategori “Fastener”. Fastener merupakan keluarga besar alat kerja pertukangan yang fungsinya sebagai pengikat material menjadi lebih kokoh dan semi-permanen. Sekrup dan baut juga termasuk dari keluarga fastener. Paku kemudian dikembangkan agar memiliki ulir dan drat yang bisa mengikat lebih kuat dengan material benda yang dikerjakan.

Paku ini biasanya didorong ke benda kerja dengan palu atau pistol paku pneumatik. Sebuah paku menyatukan material dengan gesekan ke arah aksial dan kekuatan geser secara lateral. Ujung paku juga terkadang bengkok atau terjepit setelah mengemudi untuk mencegah pencabutan.

PALU ATAU MARTIL

Palu genggam tradisional terdiri dari kepala dan pegangan yang terpisah, yang dapat diikat dengan irisan khusus yang dibuat untuk tujuan tersebut, atau dengan lem, atau keduanya. Desain dua bagian ini sering digunakan untuk menggabungkan kepala mencolok metalik yang padat dengan pegangan penyerap guncangan mekanis non-logam (untuk mengurangi kelelahan pengguna akibat serangan berulang). Jika kayu digunakan untuk gagang, biasanya kayu tersebut adalah hickory atau abu, yang merupakan bahan keras dan tahan lama yang dapat menghilangkan gelombang kejut dari kepala palu. Resin fiberglass yang kaku dapat digunakan untuk pegangannya; bahan ini tidak menyerap air atau pembusukan tetapi tidak menghilangkan guncangan serta kayu.

Kepala palu yang longgar berbahaya karena benar-benar dapat “lepas kendali” saat digunakan, menjadi rudal berbahaya yang tidak terkontrol. Pegangan kayu sering kali dapat diganti saat aus atau rusak; kit khusus tersedia yang mencakup berbagai ukuran dan desain pegangan, ditambah irisan khusus untuk pemasangan.

Beberapa palu adalah desain satu bagian yang sebagian besar terbuat dari satu bahan. Sebuah palu logam satu bagian secara opsional dapat memiliki pegangannya dilapisi atau dibungkus dengan bahan yang tahan banting seperti karet, untuk meningkatkan cengkeraman dan untuk mengurangi kelelahan pengguna.

Kepala palu dapat diberi permukaan dengan berbagai macam bahan termasuk kuningan, perunggu, kayu, plastik, karet, atau kulit. Beberapa palu memiliki permukaan mencolok yang dapat diganti, yang dapat dipilih sesuai kebutuhan atau diganti saat aus.

Palu atau umumnya juga dikenal dengan nama Martil, merupakan alat kerja yang terdiri dari “kepala” berbobot yang dipasang pada pegangan panjang yang diayunkan untuk memberikan dampak ke area kecil suatu objek. Misalnya, untuk mendorong paku ke kayu, membentuk logam (seperti menempa), atau menghancurkan batu.Palu digunakan untuk berbagai aplikasi mengemudi, membentuk, dan merusak.

Kepala palu modern biasanya terbuat dari baja yang telah dipanaskan karena kekerasan, dan pegangannya (juga disebut haft atau helve) biasanya terbuat dari kayu atau plastik.

Palu juga memiliki “cakar” untuk menarik paku dari kayu, dan umumnya ditemukan dalam inventaris alat rumah tangga di Amerika Utara. Jenis palu lainnya bervariasi dalam bentuk, ukuran, dan struktur, tergantung pada tujuannya. Palu yang digunakan dalam banyak perdagangan termasuk palu godam, palu, dan palu ball-peen.

CARA PENGGUNAAN MARTIL YANG AMAN

Meskipun sebagian besar palu berbentuk perkakas tangan atau Hand tools, ada pula palu industri yang bertenaga, seperti palu uap dan palu trip, digunakan untuk menghantamkan kekuatan di luar kapasitas lengan manusia. Ada lebih dari 40 jenis palu yang berbeda yang memiliki berbagai jenis kegunaan.

Ingin Memaku Dinding dengan tidak meningalkan bekas yang harus dirapikan oleh semen putih? kamu harus memaku dinding dengan cara yang benar.

Bagaimana memaku dinding yang benar?, berikut ini caranya :

  1. Pakailah paku beton bukan paku kayu. Biasanya Paku Beton Lebih tebal dan runcing

  2. Sebelum Memaku, Tandailah tempat yang ingin dipaku dengan pensil

  3. Ambil selotip bening, tempelkan membentuk tanda tambah atau silang di titik yang sudah ditandai sebelumnya. Gunanya mencegah tembok tidak retak ketika dipaku. Atau bisa juga dengan lakban yang dipasang menyilang, lalu dipaku pada bagian tengah persilangan.

  4. Pakailah penjepit seperti tang untuk memegang ujung paku. Gunanya menghindari salah pukul ke jari atau tangan. Tak ada salahnya pakai sarung tangan pelindung, untuk menghindari luka akibat pukulan palu yang salah.

  5. Posisikan paku ke dinding dengan sudut vertikal, tidak tegak lurus ke arah dinding. Gunanya, saat nanti Anda menggantungkan benda akan mengarah ke dinding dan tidak merosot lalu jatuh.

  6. Gunakan palu yang kokoh dan bergagang panjang, agar Anda cukup tenaga untuk mengayunkan palu.

  7. Lepaskan selotip secara perlahan agar dinding tidak rontok. Apabila dinding rumah terlalu rapuh saat dipaku, siramkan 2 – 3 sendok makan cuka ke dinding. Biarkan mengering, lalu ambil selotip atau lakban, tempel dengan posisi menyilang lalu dipaku. Langkah ini juga bisa diterapkan untuk pengeboran dengan diameter 6 – 10 milimeter.

    Jadi dengan Mengetahui cara Memaku yang baik, kalian bisa terhindar dari dinding yang compes dan tidak rapi.

KESIMPULAN
Di Metalextra, rencana kerja kami terlaksana karena kami mendengarkan, mengulas, dan menganalisis tantangan dari pelanggan kami. Spesialis kami akan memulai dengan menghabiskan waktu di lantai workshop Anda dan di laboratorium Anda. Kemudian, kami mencari solusi dan menemukan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: 

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Mei 16, 2020 @ 5:17 am

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!